Sukses

Perhiasan Cincin dari Polusi Udara Kota Beijing

Untuk mewujudkan kota yang bersih, pemerintah Kota Beijing bekerja dengan seorang seniman membuat cincin dari udara tercermar di sana.

Liputan6.com, Beijing Kemajuan dari kecanggihan teknologi memang sepatutnya digunakan bagi perbaikan kehidupan manusia. Termasuk di dalamnya adalah lingkungan tempat manusia hidup. Hal inilah yang dihadirkan oleh teknologi terbaru yang idenya dicetuskan oleh seniman Daan Roosegaarde.

 

Seperti dilansir dari dailymail.co.uk Kamis (29/5/2014), dengan teknologi canggih, polusi udara di kota Beijing kini dapat diubah menjadi sebuah perhiasan. Dengan sebuah alat, udara yang tercemar di ibu kota China itu akan disedot. Alat itu kemudian akan memadatkan udara itu sehingga menjadi sebuah batu.

 

Batu ini yang akan dijadikan perhiasan cincin. Batu tersebut terbuat dari 1 Km kubik udara tercemar. Membuat batu itu sama dengan menghilangkan 1 Km kubik udara tercemar dari atmosfer.

 

Cincin ini adalah produk dari fase pertama dari proyek bernama SMOG Project. Seniman Daan Roosegard kini tengah berada di Beijing untuk berbicara dengan otoritas setempat mengenai rencana tata kota Beijing.

 

Sebanyak satu juta cincin dari proyek ini akan dijual secara global pada akhir tahun ini. Harganya berkisar antara 8 poundsterling hingga 80 poundsterling. Keuntungan penjualan cincin itu akan digunakan untuk mendanai proyek taman bebas udara tercemar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.