Sukses

Mau Lihat Panda, Datang Saja ke Malaysia

Jika Anda ingin melihat hewan lucu Panda, kini tidak perlu datang jauh-jauh ke Tiongkok. Pemerintah Malaysia telah mendatangkan dua panda.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda ingin melihat hewan lucu Panda, kini tidak perlu datang jauh-jauh ke Tiongkok. Kebun BInatang Nasional Malaysia di Kuala Lumpur baru saja mendatangkan dua ekor Panda asal Sichuan, Tiongkok.

Sepasang panda yang masing-masing bernama Fuwa dan Fengyi ini akan tinggal di Taman Tanah Basah Putrajaya untuk selanjutnya dipindahkan ke Kebun Binatang Nasional di Kuala Lumpur di akhir bulan Juni ini. Sepasang panda ini berjenis kelamin Jantan (Fuwa) dan betina (Fengyi).

Tempat tinggal kedua panda jenis gergasi ini pun dirancang dan dibangun secara khusus. Iklim didalam ruangannya dirancang antara 15 hingga 25 derajat Celsius. Sementara, untuk merawat dan menjaga keduanya, disiapkan lima orang pakar hewan dari Tiongkok dan Malaysia yang akan siaga selama 24 jam.

Kedua panda ini dipinjamkan oleh pemerintah Tiongkok kepada pemerintah Malaysia mulai tahun ini hingga sepuluh tahun mendatang, sebagai simbol jalinan hubungan diplomatik 40 tahun kedua negara.

Hingga kini, kedua panda tersebut masih dalam masa penyesuaian di Putrajaya. Masa penyesuaian ini sangat diperlukan mengingat Panda adalah jenis hewan yang paling mudah stres. Tingkat kepunahan mereka juga tertinggi akibat stres terhadap perubahan ekosistem yang terjadi di sekitar mereka.

Untuk meminimalisir kepunahan panda, pemerintah Tiongkok bahkan telah memindahkan sejumlah Panda dari kebun binatang di sejumlah kota ke tempat reservasi khusus. Masyarakat yang ingin melihat Panda bahkan juga dibatasi jumlah kunjungannya agar panda-panda tersebut tidak merasa terganggu.

Dilansir melalui Beijing Morning Post akhir pekan lalu, hingga kini tercatat hanya ada sekitar 1.600 ekor panda yang tersebar di seluruh daratan Tiongkok. Apabila kondisi stres ini terus meningkat, diperkirakan panda akn punah lebih cepat dari satu dekade.