Sukses

Teko dari Cokelat yang Tahan Panas

Teko dari cokelat buatan John Costello berhasil menahan panas.

Liputan6.com, Inggris Teko dari cokelat buatan John Costello, seorang ahli cokelat Nestle berhasil tahan panas. Hal tersebut telah dibuktikan lewat program TV BBC 'The One Show'.

Seperti yang dilansir dari BBC, Rabu (17/9/2014), John dan timnya ditantang untuk membuktikan bahwa teko yang seluruhnya terbuat dari cokelat itu tak berguna dan ternyata mereka berhasil mematahkan tantangan tersebut.

Agar berhasil mematahkan tantangan tersebut, John dan timnya menghabiskan waktu 6 minggu untuk merencanakan serta melakukan percobaan dengan berbagai cokelat hingga menghasilkan paduan sempurna.

The chocolate teapot

 

John membuat teko tersebut dengan bahan permen dark chocolate yang mengandung 65 persen cocoa. Karena kandungannya yang rendah lemak membuat teko lebih panas nantinya. Saat dicoba, teh yang dihasilkan teko ini memiliki sedikit aroma cokelat.

"Kami mencoba dari poin soal ketebalan cokleat yang akan bertahan dari air panas," terang John. "Jika ketebalannya tepat maka ketika suhu air menurun sedikit maka akan menahan panas di dalam agar tak keluar sehingga tak meleleh."

Mereka mencoba eksperimen dengan menggunakan balon yang dicelupkan cokelat lalu ditunggu mengering. Lalu tantangan berikutnya adalah menentukan besarnya lubang tutup teko. Pasalnya, lubang kecil akan menghasilkan banyak uap air sehingga tim John membuatnya lebih besar dibanding teko biasa.

Selanjutnya mereka membuat cetakan bentuk teko sungguhan dari silikon dan mengisinya dengan cokelat cair. Mereka mengulang terus pelapisannya hingga mendapatkan ketebalan yang sesuai kemudian terakhir cetakannya dilepas. John mengatakan butuh 2,5 jam untuk membuat teko cokelat dari awal hingga selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini