Sukses

Menguak Sisi Lain Walt Disney

Pendiri Walt Disney ternyata adalah informan FBI. Apa lagi rahasia yang disimpan mereka?

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak kenal The Walt Disney Company? Bagi orang tua, itu adalah hiburan keluarga yang terpercaya. Sedangkan bagi anak-anak, Disney tidak lain adalah kegembiraan. Saat ini sendiri, Walt Disney telah menjadi salah satu perusahaan media terbesar di dunia.

Meskipun begitu, tahukah Anda bahwa di balik kebesarannya, Walt Disney menyimpan beberapa rahasia yang tidak ingin diketahui semua orang? Berikut beberapa rahasia Walt Disney seperti yang dilansir The Richest, Minggu (9/11/2014)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Walt Disney Adalah Informan FBI

Walt Disney Adalah Informan FBI

">Rahasia Walt Disney (1)

Walter Elias Disney, atau yang dikenal dengan Walt Disney merupakan orang yang berada di balik kesuksesan korporasi ini. Walt Disney merupakan orang yang sangat mencintai negaranya dan memiliki keyakinan politik yang kuat terhadap liberalisme.

Pada saat perang dingin, Walt Disney adalah salah satu informan FBI yang cukup terpercaya untuk mencari informasi tentang Uni Soviet dan komunisme melalui bisnis yang dijalankannya.

3 dari 7 halaman

Parasit Pemakan Otak di Disneyland

Parasit Pemakan Otak di Disneyland

">Rahasia Walt Disney (1)

Disneyland yang pertama ada bernama Disney's River Country adalah tempat yang sangat menakutkan. Pada salah satu wahana bermana Discovery Island, ditemukan jenis parasit yang dapat memakan otak. Parasit ini bernama Naegleria fowleri.

Untungnya, kasus ini cepat diketahui dan membuat Disneyland pertama ini ditutup. Meskipun begitu, pernah ada 1 korban jiwa yang meninggal karena parasit ini.

 

4 dari 7 halaman

Kematian Lainnya

Kematian Lainnya

">Rahasia Walt Disney (3)

Bukan hanya Disneyland pertama saja yang pernah memakan korban jiwa. Beberapa insiden lain juga pernah terjadi. Salah satu insiden yang paling terkenal terjadi di Disneyland di California pada malam Natal tahun 1998. Saat itu, sebuah besi berat yang berada di wahana Sailing Ship Columbia lepas dan menghantam beberapa tamu persis di bagian kepala. Satu diantaranya meninggal dunia.

5 dari 7 halaman

Kaum Hippies Menduduki Disneyland

Kaum Hippies Menduduki Disneyland

">Rahasia Walt Disney (4)

Pada tanggal 6 Agustus 1970, kaum hippies menduduki Disneyland di California sebagai bentuk kampanye terhadap kebebasan berbicara dan protes anti-perang di seluruh negeri. Aparat keamanan akhirnya membubarkan pendudukan ini karena dianggap mengganggu pengunjung lain.

6 dari 7 halaman

Disney dan Propaganda Anti Nazi

Disney dan Propaganda Anti Nazi

">Rahasia Walt Disney (5)

Dalam Perang Dunia II, selain berperang secara fisik, Amerika dan Jerman pun berperang untuk urusan propaganda. Keduanya menjelek-jelekkan musuhnya melalui semua media yang ada. Saat itu, Walt Disney menggunakan media film, khususnya kartun Disney untuk menyerang Nazi.

Dalam salah satu film berjudul "Der Fuehrer Face" misalnya, diceritakan bagaimana tokoh Donal Duck mengalami mimpi buruk karena berurusan dengan suplay makanan Nazi dan bekerja satu hari di sebuah pabrik artileri.

7 dari 7 halaman

Disneyland Menjadi Kuburan

Disneyland Menjadi Kuburan

">Rahasia Walt Disney (6)

Banyak yang mengidolakan semua hal tentang Disney. Bahkan, ada beberapa yang menjadi fanatik. Salah satu contoh fanatisme penggemar Disney bahkan melampaui kehidupan mereka. Contohnya, dalam beberapa kasus para penggemar fanatik berwasiat agar abu hasil kremasi jenazah mereka ditaburkan di Disneyland, terutama di Disneyland California, Magic Kingdom Florida, dan Haunted Mansion agar arwah mereka selalu dekat dengan Disney. 

Baca Juga: 

Cara Bos Walt Disney Hadapi Steve Jobs yang Keras Kepala

Disney Jatuh Melarat, Lalu Bangun Lagi Berkat Mickey Mouse

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini