Sukses

Para Yachter Festival Bahari Kepri 2016 Pecahkan Rekor Nasional

Tercatat, ada 113 perahu yacht yang bersandar di sejumlah lokasi di Kepulauan Riau, jumlah ini memecahkan rekor nasional.

Liputan6.com, Jakarta Festival Bahari Kepri 2016 yang diadakan di Kepulauan Riau berhasil menarik antusiasme para yachter nasional. Kegiatan yang merupakan rangkaian Sail Karimata 2016 ini juga mengadakan berbagai kegiatan yang menampilkan kebudayaan dari Kepulauan Riau yang menyenangkan. Bahkan wisatawan asing yang hadir juga lebih banyak daripada biasanya.

Tercatat, ada 113 perahu yacht yang bersandar di sejumlah lokasi di Kepulauan Riau, jumlah ini lebih banyak dibanding dengan pagelaran sebelumnya, yaitu Sail Bunaken. Pada Sail Bunaken 2009, hanya 56 kapal yacht atau perahu pesiar yang hadir dalam kegiatan ini. Kepada Dinas Pariwisata Pemprov Kepri, Guntur Sakti menyatakan bahwa Festival Bahari Kepri yang berlangsung sejak 20 hingga 30 Oktober 2016 ini berhasil menyedot atensi pengunjung.

Guntur juga menceritakan bahwa para peserta sudah berdatangan sejak awal pekan acara dimulai, sehingga mereka dapat menikmati berbagai sensasi di perairan Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan pada festival ini antara lain seminar ekowisata bahari, pameran budaya, dan pawai budaya Kepri. Acara ini juga dimeriahkan dengan atraksi terjun payung dari korps TNI Angkatan Laut Lantamal Tanjung Pinang.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menjelaskan ia bangga bahwa jumlah yacht yang hadir dapat melampaui rekor sebelumnya. Hal ini disebabkan karena ada the real tourist yang membelanjakan uangnya lebih banyak, karena berada di perairan Indonesia lebih lama. Melalui yacht pula mereka diharapkan bisa menikmati keindahan bahari di kepulauan Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.