Sukses

Makna Bunga Poppy yang Tersemat di Gaun Kate Middleton

Memperingati hari mengingat korban perang dunia pertama, Kate Middleton menyematkan bunga poppy. Apa artinya?

Liputan6.com, Jakarta - Pesan tersembunyi acap kali tersimpan di balik pakaian modis Kate Middleton. Bersama dengan Pangeran William, Pangeran Harry, dan Meghan Markle, belum lama ini Kate mengikuti tradisi mengenakan gaun hitam yang dihiasi bunga poppy merah di bagian dada kiri atas sebagai simbol peringatan untuk Perang Dunia I dan veteran.

Melansir dari People, Senin (12/11/2018), Kate Middleton terlihat mengenakan gaun hitam bergaris leher asimetris dan memadukan pakaiannya dengan sepasang stiletto hitam. Ibu tiga anak itu mengarahkan rambutnya ke bahu sebelah kiri.

Juga, tampak bunga poppy menghiasi bagian dada sebelah kiri atas The Duchess of Cambridge. Mengutip dari berbagai sumber, Senin (12/11/2018), bunga poppy digunakan sebagai simbol kematian atau tidur panjang.

Ekstrak opium dari bunga poppy dan warnanya yang merah darah sering dikaitkan dengan dua hal tersebut. Dalam budaya Romawi, misalnya. Bunga ini dipakai sebagai persembahan untuk orang yang meninggal dan dipahat di batu-batu nisan sebagai lambang tidur abadi. Versi lain menyebutkan, bunga ini dianggap sebagai pertanda reinkarnasi setelah kematian.

Selain perannya sebagai lambang kedamaian dan kematian, bunga poppy berwarna merah ini biasa digunakan dalam budaya Inggris dan beberapa negara lain seperti Selandia Baru dan Australia sebagai simbol memperingati korban-korban Perang Dunia I.

Bunga poppy pun memiliki makna yang melambangkan Returned Services Association dalam peringatan ANZAC Day setiap 25 April. Kelebihan dari bunga poppy ini berupa morfin dan kodein, di mana bahan baku tersebut mengandung narkotika. Untuk itu, produksi bibit bunga poppy dilarang masuk ke Singapura.

Meskipun begitu, biji poppy dikonsumsi di banyak tempat di Eropa. Biji poppy sering dimakan bersama pasta atau direbus bersama susu. Poppy seed atau maanzaad dalam Bahasa Belanda ini kerap digunakan sebagai isi atau topping produk roti. Selain itu, biji poppy pun sering digunakan dalam masakan Bengali di India.

Di kehidupan modern, poppy sering dipakai sebagai bunga hias selain bunga-bunga dominan lain seperti mawar, tulip, lili, anggrek atau bunga matahari. Kelopak bunga seperti yang dikenakan Kate Middleton dikeringkan untuk dijadikan dekorasi yang bersih dan bagus. (Mariany)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Â