Sukses

Mengenal Bunga Tabebuya yang Bikin Cantik Kota Surabaya

Tak hanya cantik, bunga tabebuya juga dipercaya bisa menyembuhkan sederet penyakit. Apa saja?di

Liputan6.com, Jakarta - Bunga Tabebuya yang bermekaran membuat sepanjang jalan protokol Kota Surabaya, Jawa Timur, kian cantik. Pemandangan ini seketika membuat kehadiran bunga Tabebuya menjadi sorotan banyak pasang mata.

Seperti dilansir dari gardeningknowhow, Rabu, 28 November 2018, akrab disapa trumpet tree, Tabebuya adalah pohon berbunga sedang hingga kecil yang berasal dari Hindia Barat serta Amerika Selatan dan Tengah, khususnya Brazil.

Ada lebih dari 100 jenis trumpet tree di genus Tabebuya. Beberapa di antaranya dapat mencapai hingga 160 kaki, namun kebanyakan pohonnya lebih kecil hanya sekitar 25 kaki atau kurang.

Bunga Tabebuya menjadi pemandangan yang cantik ketika bermekaran. Lebar mekarnya sekitar 1-4 inci yang menggantung dalam beberapa kelompok. Bunga ini berbentuk tabung dan ringan di atas dengan banyak benang sari.

Kebanyakan varietasnya memiliki bunga keemasan, tetapi ada pula yang berwana merah muda dan ungu. Ada pula bunga Tabebuya yang mekar berwarna putih, magenta, atau merah yang lebih sulit ditemukan.

Selain itu, kondisi pertumbuhan Tabebuya harus di lokasi yang hangat, meski toleran terhadap jenis tanah. Tanaman ini mempunyai toleransi kekeringan yang cukup tinggi.

Tabebuya juga dapat beradaptasi di lokasi dengan matahari yang terik. Tanaman ini cukup tahan akan hama atau penyakit.

Dikutip dari laman sciencedirect.com, Tabebuya pernah digunakan kaum Amazon untuk mengobati sederet penyakit, termasuk sifilis, demam, malaria, infeksi kulit, dan gangguan perut. Mulai 1960, tanaman ini diklaim secara klinis bisa mengobati kanker, khususnya di Brazil.

Hal itu berdampak pada melonjaknya penjualan batang dan kayu Tabebuya, khususnya Tabebuia impetiginosa (Mart. ex DC.) Standl. (sinonim Tabebuia avellanedae Lorentz ex Griseb.), Tabebuia rosea (Bertol.), dan Tabebuia serratifolia (Vahl) Nichols.

Lantas, bunga Tabebuya mana saja yang sudah Anda lihat keindahannya?

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.