Sukses

Tempat-Tempat Paling Bercahaya untuk Menyaksikan Aurora Borealis

Mulai dari Norwegia, sampai Kanada, yuk berburu aurora borealis!

Liputan6.com, Jakarta - Berburu aurora adalah salah satu bucket list yang diniatkan bakal segera terealisasi? Mengingat 'pertunjukan' itu merupakan fenomena alam, Anda tentu harus memperhitungkan waktu dan di mana bisa bersua northern light.

Sebagai agen perjalanan online lewat siaran pers yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini, Agoda memberi rekomendasi sejumlah destinasi melihat aurora dengan waktu kunjungan terbaik pada  akhir Agustus hingga awal April.

Islandia

Berada di lingkaran Arktik di Atlantik Utara, Islandia telah dikenal sebagai salah satu destinasi terbaik untuk melihat aurora borealis. Meski cahaya yang seolah menari-nari di langit itu bisa dilihat di Reykjavik, Anda mungkin mendapatkan peluang lebih baik di luar kota.

Berkendaralah ke salah satu laguna gletser paling terkenal di Islandia, yakni Jökulsárlón, di mana aurora akan seakan-akan berada di ujung gunung es.

Tempat Menginap:

Kurang dari 15 menit berkendara dari laguna, Hali Country Hotel adalah pilihan cocok untuk pelancong yang berpergian dalam grup kecil dengan pilihan apartemen dua kamar.

Norwegia

Tromsø adalah pilihan populer bagi wisatawan yang bermaksud mengejar aurora. Tidak hanya karena koneksi penerbangan yang sangat baik, posisi di tengah oval aurora membuat kesempatan melihat fenomena langit itu terbuka lebih lebar.

Pencinta kuliner dan pengunjung konser memiliki satu alasan lagi untuk mengunjungi Tromsø, mengingat kota ini juga diramaikan festival makanan dan musik di sepanjang tahun.

Tempat Menginap:

Bagi yang menginginkan tempat menginap anti-repot, Radisson Blu Hotel Tromso merupakan titik keberangkatan yang ideal untuk perjalanan Anda di Tromsø. Hotel ini berada dalam jarak berjalan kaki ke tempat-tempat terkenal di kota, termasuk Nordnorsk Kunstmuseum, Katedral Tromsø, dan Galeri Seni Krane.

Finlandia

Selama musim aurora, fenomena ini dapat dilihat hampir setiap malam di Finnish Lapland, Finlandia. Dengan kondisi cuaca yang tepat, Anda mungkin dapat melihat aurora dari mana saja di Finlandia.

Tempat Menginap:

Karena aurora dapat muncul dan menghilang secara tak terduga, Anda mungkin perlu tinggal di luar untuk sementara waktu. Berbaringlah di kehangatan Santa's Hotel Aurora & Igloos di jantung Desa Luosto dan saksikan aurora dari iglo kaca di kamar Anda.

Hotel ini bahkan memiliki sistem peringatan aurora. Jadi, Anda memiliki kesempatan besar untuk tidak melewatkan pengalaman mungkin sekali seumur hidup ini.

Swedia

Saat berada di Swedia, Anda dapat mulai dengan Stockholm sebagai titik awal, sebelum melakukan perjalanan ke arah utara ke Swedish Lapland untuk menangkap aurora di Taman Nasional Abisko. Terletak jauh dari lampu-lampu kota, langit yang gelap membuat cahaya-cahaya hijau aurora tampak lebih cerah di sini.

Tempat Menginap:

Jika Anda beruntung, Anda dapat melihat aurora borealis langsung dari kamar Anda di Mattarahkka Northern Light Lodge. Sebelum langit jadi gelap, jangan lupa menikmati fika atau kopi ala Swedia.

Amerika Utara

Alaska, Amerika Serikat Fairbanks bisa dibilang tempat terbaik untuk melihat langit aurora di Amerika karena kota ini terletak tepat di bawah oval aurora. Ada banyak hal lain yang dapat dilakukan di Fairbanks selain menunggu keindahan langit.

Sebut saja bersantai di Aurora Ice Museum dan menikmati koktail di icebar, atau menghangatkan badan dan merasakan keindahan Alaska di Chena Hot Springs yang terkenal.

Tempat Menginap:

Menawarkan kamar dan suite yang luas, Fairbanks Moose Manor B&B menghadirkan keramahan Alaska dan sarapan rumahan hanya beberapa menit dari kota. Dengan sedikit polusi cahaya di daerah tersebut, Anda memiliki peluang bagus untuk menangkap keindahan aurora dari kamar Anda sendiri.

Kanada

Anda dapat melihat aurora dari berbagai tempat di Kanada, terutama di wilayah paling utara. Sejauh 400 kilometer ke arah selatan dari Lingkaran Arktik, aurora borealis adalah pemandangan umum di Yellowknife.

Anda juga dapat berkemah di Desa Aurora, di mana Anda akan menikmati kursi menonton outdoor yang dilengkapi pemanas dan bisa berputar 360 derajat demi mendapatkan tampilan langit tak terhalang.

Tempat Menginap:

Bersantailah di Aurora Deluxe Guest House yang modern. Anda dapat berkenalan dengan sesama tamu di dapur dan ruang makan yang dipakai bersama-sama sambil menunggu pertunjukan aurora.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini