Sukses

3 Makanan yang Bikin Kenyang Lebih Lama

Ada beberapa makanan yang bisa bikin kenyang lebih lama dan sangat direkomendasikan untuk menu sahur.

Liputan6.com, Jakarta - Berpuasa saat Ramadan merupakan ibadah wajib bagi setiap muslim. Demi kelancaran ibadah yang penuh berkah ini, Anda harus pintar-pintar memilih menu makanan sehat yang bikin kenyang lebih lama.

Tentunya asupan itu diperlukan agar tubuh tetap fit dan bisa tetap beraktivitas secara optimal saat berpuasa. Ada beberapa asupan dan menu yang sangat direkomendasikan untuk menu sahur.

Ada makanan yang kaya nutrisi, vitamin, dan tentunya protein yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh dan membuat perut jadi lebih tahan lapar. Dilansir dari dream.co.id, 22 Mei 2019, berikut tiga makanan yang bisa bikin kenyang lebih lama.

1. Telur

Ada alasan khusus kenapa banyak orang memilih telur untuk sarapan mulai dari telur rebus, dadar, sampai telur setengah matang. Apa penyebabnya?

Telur ternyata dapat mengenyangkan dalam waktu yang cukup lama. Berdasarkan penelitian Pennington Biomedical Research Center, telur bisa menekan ghrelin, hormon yang merangsang otak untuk merasa lapar dan memiliki keinginan makan.

Kandungan telur yang terdiri dari protein dan lemak bikin kita punya tenaga untuk beraktivitas sepanjang hari, terutama saat berpuasa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Sup Daging/Ayam

Sup jadi salah satu menu sahur yang bisa menahan rasa lapar. Sup mengandung air dan serat dari sayuran yang memiliki pengaruh besar pada sistem pencernaan dan dapat menahan lapar.

Selain itu, menghirup kuah sup dengan suhu yang masih panas ternyata dapat mengurangi nafsu makan berlebih. Jadi sangat bermanfaat mengonsumsi makanan ini untuk Anda yang sedang mengontrol pola makan berlebih saat sahur.

3. Alpukat

Buah alpukat mau dimakan langsung atau di jus selalu enak. Kandungan protein dan lemak nabati pada buah ini sangat tinggi. Hal itulah yang membuat perut jadi kenyang lebih lama jika kita memakannya saat sahur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.