Sukses

Inspirasi Mode 40an untuk Gaya Busana Wanita Urban Kekinian

Bukan kesan jadul yang terpancar, gaya mode perempuan Prancis pada era 40an justru tampil manis untuk wanita urban masa kini.

 

Liputan6.com, Jakarta - Tren mode selalu berulang, begitu pula dengan koleksi terbaru Soe yang terinspirasi busana ala perempuan Prancis di 1940an. Label pakaian yang berbasis di Jakarta itu memamerkan 23 looks bagi para wanita urban yang ingin tampil lebih romantis.

Dora Maar adalah inspirasi utama dari penciptaan rangkaian busana yang mengaplikasikan teknik manipulasi kain tersebut. Perempuan Prancis yang bernama asli Henriette Theodora Markovitch dikenal sebagai fotografer, muse, sekaligus kekasih pelukis ternama, Pablo Picasso.

Menurut Monique Soeriaatmadja, Creative Director SOE Jakarta, Dora termasuk perempuan dengan hasil karya avant garde. Ia terbilang progresif pada zamannya lantaran menggunakan teknik menumpuk film untuk menghasilkan karya berbeda.

"She was quite advance, pakai film ditumpuk, saya terinspirasi dari itu. Dia termasuk progresif pada zaman seperti itu," tutur Monique saat ditemui di area Jakarta Fashion Week 2020 di Jakarta, pekan lalu.

Monique lalu menerapkan teknik serupa pada kain organza, disebut pula teknik overlay. Manipulasi kain dilakukan untuk menghasilkan detail yang cukup rumit. Seluruhnya dibuat menggunakan tangan.

"Kami juga menggunakan kontradiksi yang transparan," ujarnya.

Siluet loose sekaligus pas badan tercipta dari beragam busana yang dihadirkan di runway JFW 2020. Salah satunya kemeja potongan dengan detail ruffle pada lengan yang dipadukan dengan celana palazzo dengan bahan melayang. Perpaduan itu cocok untuk dikenakan wanita urban ke kantor atau saat menghadiri meeting penting.

Ada pula atasan dengan lengan kelelawar dan belahan rendah yang dipadukan dengan rok lipit A-line dengan pinggang pas badan, cukup menarik perhatian. Simpel tetapi aura romantis dan elegannya tetap terpancar.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pewarna Alam

Soe memilih warna-warna putih gading, cokelat tembaga, dan keemasan sebagai warna dominan untuk kebanyakan looks yang ditampilkan. Namun, ia juga bermain dengan warna cerah seperti oranye yang hadir lewat penggunaan kain tenun tangan dengan benang katun.

Monique menyebut pewarna kain yang digunakan berbahan alami, yakni daun mangga. "Memang lebih lama prosesnya dan hasilnya enggak selalu sesuai harapan," ujarnya.

Natural menjadi caranya untuk menyisipkan alam ke dalam karya terbarunya. Apalagi, show kali ini merupakan karya kolaborasi dengan produsen minuman fermentasi berbahan apel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.