Sukses

Minum Kopi di Pagi Hari Bisa Tingkatkan Kreativitas?

Hasil studi menunjukkan, minum kopi dapat meningkatkan pemikiran konvergen atau berhubungan dengan pemecahan masalah.

Jakarta -  Minum kopi di pagi hari jadi kebiasaan banyak orang di dunia, termasuk di Indonesia. Bukan hanya soal kebiasaan, tapi ada beberapa manfaat minum kopi saat fajar menyingsing, seperti membuat Anda lebih fokus dan kreatif dalam melakukan pekerjaan. Benarkah?

Secangkir kopi di pagi hari memang bisa membantu Anda fokus, terampil memecahkan masalah, tetapi tidak berpengaruh untuk kreativitas Anda, menurut sebuah studi dalam jurnal Consciousness and Cognition edisi Maret 2020.

Untuk sampai pada temuan ini, Darya Zabelina, asisten profesor psikologi di University of Arkansas dan tim mempelajari efek kafein pada 80 orang sukarelawan.

Dilansir dai Antara, Rabu, 11 Maret 2020, mereka memberi para sukarelawan ini pil kafein 200 miligram (mg) - setara dengan satu cangkir kopi kental - atau plasebo.

Hasil studi menunjukkan, kafein meningkatkan pemikiran konvergen atau berhubungan dengan pemecahan masalah, namun tidak berdampak nyata pada pemikiran divergen yaitu berhubungan dengan kreativitas.

Para peneliti juga menemukan, kafein tidak secara signifikan memengaruhi memori kerja, tetapi tampaknya memengaruhi suasana hati - mereka yang meminumnya melaporkan lebih sedikit merasa sedih.

"200 mg kafein meningkatkan pemecahan masalah secara signifikan, tetapi tidak berpengaruh pada pemikiran kreatif," terang Zabelina seperti dilansir WebMD tentang manfaat minum kopi di pagi hari.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.