Sukses

Cara Mudah Membuat Masker Kain dari Sarung Bantal

Dari pada harus mengeluarkan uang untuk membeli masker, lebih baik buat sendiri. Caranya pun sangat mudah dengan bahan kain sarung bantal.

Liputan6.com, Jakarta - Saat pandemi, masker jadi aksesori yang banyak dipakai orang untuk mencegah penyebaran Covid-19. Di seluruh dunia memakai masker menjadi sesuatu yang wajib.

Banyak orang bahkan memiliki beberapa masker. Sebuah komunitas kerajinan dan rajut global, LoveCraft, membuat tutorial masker tanpa jahitan yang terbuat dari bahan kain sarung bantal.

Berikut cara membuat masker sederhana dari sarung bantal yang dilansir dari laman House Beautiful, Selasa, 21 Juli 2020. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan di antaranya sarung bantal katun, dua karet gelang elastis seperti karet rambut atau gelang, dan gunting.

Pertama, letakkan sarung bantal secara rata dan potong di sepanjang sisi melalui ujungnya, untuk membuat satu potong kain persegi panjang.

Kedua, selanjutnya, lipat kain menjadi dua. Kemudian letakkan kembali kain, dan lipat bagian atas ke dalam untuk memenuhi lipatan tengah. Lakukan hal yang sama ke bagian bawah.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ketiga

Lanjutkan sekali lagi melipat bagian atas ke arah tengah, serta juga bagian bawah. Ukuran persegi panjang harus semakin kecil, tapi lebih tebal, dengan masing-masing lipatan.

Keempat, tempatkan pita elastis di setiap ujung masker. Pita elastis harus diletakkan kira-kira empat sampai lima inci dari masing-masing ujung.

Kelima, lipat kedua ujungnya, dengan karet gelang di atas, ke dalam ke arah tengah.

Keenam, lihat ujungnya yang tumpang tindih. Sekarang, selipkan salah satu ujung masker ke ujung lainnya.

Ketujuh, tarik pita elastis dari samping dan masker kain siap dipakai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.