Sukses

Kuliner, Komedi, dan Edukasi Jadi Konten Paling Digemari di TikTok Indonesia

Salah satu bukti konten kuliner banyak digemari adalah popularitas dalgona coffee yang dinobatkan sebagai kopi TikTok.

Liputan6.com, Jakarta -  Platform video singkat TikTok memang makin digemari di Indonesia, terutama di masa pandemi corona yang mengharuskan kita lebih banyak berada di rumah. Lalu, konten bertema apa yang paling digemari di negeri ini?

Tiga tema yang terpopuler di tahun ini ternyata komedi, edukasi, dan kuliner. Menurut Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations, TikTok Indonesia, orang Indonesia memang terkenal sebagai bangsa yang humoris, dan itu terlihat dari munculnya berbagai jenis konten komedi yang ada di TikTok -mulai dari sketsa, parodi, sampai stand-up comedy.

"Diam di rumah juga sepertinya membuat para kreator senang berbagai pengetahuan dan skill-nya, menjadikan konten edukasi sebagai salah satu konten yang paling banyak diunggah di TikTok," ungkap Angga dalam webinar peluncuran program #SamaSamaDariTikTok dalam rangka ulang tahun ke-3 TikTok, Kamis, 17 September 2020.

"Siapa juga yang tidak kenal kopi dalgona? Berawal dari unggahan resep kreator, kopi ini pun ramai dicoba oleh banyak orang dan dinobatkan sebagai kopi TikTok," sambungnya.

Di masa pandemi, konten kuliner terutama memasak memang banyak digemari karena banyak orang memilih memasak sendiri di rumah karena banyak restoran maupun tempat makan yang tutup sementara.

Bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-3 yang masih dalam masa pandemi di Indonesia, TikTok meluncurkan kampanye #SamaSamaDariTikTok. Kampanye ini sebagai bentuk penghargaan terhadap kreator, pelaku industri dan penikmat TikTok yang selama ini yang telah menjadikan TikTok tidak hanya wadah kreativitas tetapi juga memberikan dampak pada tren.

"Tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Kreativitas pengguna TikTok tidak hanya untuk menghibur, tetapi juga memberikan rasa saling terhubung, dan saling menyemangati selama masa pandemi Covid-19 ini," terang Angga.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Duet Bareng Chef Arnold

Semangat "sama-sama beda, sama-sama di TikTok" terlihat dari berbagai kreator yang naik daun tahun ini. Ada Jharna Bhagwani yang tawarkan konten beauty, Fadlan Holao dari konten komedi yang berhasil memulai kariernya di industri hiburan.

Lalu ada Christina Lie dengan berbagai tips soal bisnis, Jebungg yang berhasil memukau kreator di seluruh dunia dengan suara merdunya sampai Stacey Hokagay dari konten kuliner.  Hokagay mengakui awal dirinya menggunakan TikTok sebenarnya lebih karena minatnya pada kuliner.

"Tapi sekarang TikTok telah menjadi landasan untuk mencapai mimpi-mimpi saya. Dengan fitur editing yang lengkap serta komunitas TikTok yang erat, saya bisa mewujudkan kreativitas saya di bidang kuliner," ucap Hokagaya dalam kesempatan yang sama.

Selain itu, Hokagay juga bias mewujudkan mimpinya untuk berduet dengan idolanya, Chef Arnold. Stacey sendiri merupakan sarjana lulusan psikologi dan sempat lama berkarier di sektor sosial. Kreator yang kerap dipanggil Bunda ini, berkesempatan duet dengan Chef Arnold yang videonya akan segera tayang di akun koki ternama tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.