Sukses

Makam Kaisar Pertama Romawi Bakal Dibuka Lagi Usai 13 Tahun Direstorasi

Mausoleum of Augustus, makam kaisar pertama Romawi siap kembali membuka pintu untuk publik.

Liputan6.com, Jakarta - Roma tersohor sebagai kota yang memiliki deretan destinasi memesona dari kejayaan di masa lalu. Kota ini juga akan membuka kembali makam kaisar pertama Romawi.

Dilansir dari laman CNN, Selasa 926/1/2021), Mausoleum of Augustus adalah makam Augustus, Kaisar pertama Romawi. Makam tersebut akan dibuka kembali untuk publik pada Maret 2021 setelah direstorasi selama 13 tahun.

Makam Augustus, mausoleum melingkar besar dan jadi yang terbesar di kota itu ketika dibangun dan telah ditinggalkan selama berabad-abad. Selama lebih dari 80 tahun terakhir, makam ditutup untuk umum.

Sebelumnya, Mausoleum of Augustus dibuka secara singkat pada 2000. Momen pembukaan makam itu untuk merayakan tahun Jubilee dan kembali ditutup pada 2007 untuk penelitian arkeologi.

Ada pula rencana pembukaan kembali makam pada 2014 untuk menandai 2.000 tahun sejak meninggalnya Augustus. Namun akhirnya, pengerjaan konservasi masih berjalan hingga usai 13 tahun restorasi, makam ini siap dibuka untuk publik.

Restorasi ini rampung dalam dua tahap dengan biaya lebih dari 10 juta Euro atau sekitar Rp171 miliar. Tahap pertama, sebagian didanai oleh Kementerian Warisan dan Kegiatan Budaya Italia, dan otoritas Romawi, selesai pada 2019. Tahap ini mengawasi restorasi monumen.

Tahap kedua makam Kaisar pertama Romawi, didanai oleh Fondazione TIM, senilai 6 juta Euro atau setara Rp102 miliar. Restorasi makam ini terkonsentrasi pada ruang internal, dan disiapkan untuk menerima tur kunjungan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Pembukaan Kembali

Sementara, pengerjaan struktural besar-besaran untuk melindungi mausoleum telah dilakukan dan tangga spiral yang mengarah ke atap monumen, telah direkonstruksi. Fondazione TIM juga mendanai restorasi ruang pemakaman dan lanskap di sekitar mausoleum.

Alun-alun di luar, Piazza Augusto Imperatore, sedang direnovasi. Hingga kini, mausoleum yang tampak seperti bundaran ini pengerjaannya akan selesai pada Desember 2021.

Situs ini akan dibuka 1 Maret 2021 dan mulai 22 April 2021, kunjungan akan menyertakan elemen realitas virtual dan augmented. Tiket untuk kunjungan 50 menit, tidak dipungut biaya sebelum 21 April 2021. Tiket masuk itu yang harus dipesan dahulu di situs resmi Mausoleum of Augustus.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi