Sukses

Buntut Surat Keberatan Eiger, Unggahan Ridwan Kamil Ikut Disinggung Warganet

Bukan kritikan biasa, kata-kata yang digunakan warganet saat menanggapi cuitan Ridwan Kamil serupa dengan kata yang digunakan Eiger untuk mengkritik para youtuber.

Liputan6.com, Jakarta - Produsen perlengkapan outdoor dan mendaki gunung, Eiger menjadi bahan pembicaraan di media sosial karena mengkritik konten review yang dibuat para Youtuber. Meski pihak Eiger sudah mengirimkan surat permintaan maaf secara terbuka, tapi tetap masih ramai dibahas di media sosial.

Tanpa diduga, persoalan tersebut ikut menyeret nama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Unggahan pria yang akrab disapa Kang Emil itu menjadi bulan-bulanan warganet.

Di Twitter, Ridwan Kamil mencuit program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau CSR yang bekerjasama dengan Eiger pada 28 Januari 2021. Unggahan itu beredar tak lama sebelum cuitan Youtuber yang mengungkapkan dikirim surat keberatan oleh Eiger.

Namun bukannya mendapat dukungan, warganet malah mengkritik unggahan foto yang dibagikan Kang Emil. Bukan kritikan biasa, namun kata-kata yang digunakan warganet serupa dengan kata yang digunakan Eiger untuk mengkritik para youtuber. Kritikan itu justru terkesan lucu dan menyindir pihak Eiger. 

"Ada baiknya dihapus saja foto ini Pak, daripada dikirim surat keberatan dari eiger karena: 1. Ada bapak-bapak gondrong nggak pakai helm dan nggak pakai masker. 2. Ada anak kecil nggak pakai celana, malah celananya ditaruh di pindah ibunya," cuit akun @injodotid pada cuitan Ridwan Kamil.

"Pak Ridwan lebih baik dihapus saja postingannya, itu kualitas foto yang pegang tas kurang jelas logo eiger-nya, lightingnya kurang proper, daripada nanti dikomplain sama tim legal-nya eiger," timpal akun @ndrandri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Jadi Trending Topic

Sebelumnya Eiger tiba-tiba menjadi trending topic di Twitter, menyusul beredarnya surat keberatan Eiger karena produknya direview seorang Youtuber.

Surat itu dibagikan Dian Widiyanarko dengan nama akun @duniadian pada 28 Januari 2021 yang mengaku kaget mendapat surat keberatan dari pihak Eiger atas video review salah satu produk Eiger di kanal YouTube miliknya.

Dalam surat bernomor 19/Legal-Eigerindo/I/2021 itu, Eiger mengaku keberatan dengan video unggahan Dian yang berjudul 'Review Kacamata EIGER Kerato I Cocok Jadi Kacamata Sepeda'.  Padahal Dian mengaku tidak diendorse saat membuat video tersebut. Tak lama kemudian, pihak Eiger pun merilis pernyataan resmi.

"Atas nama perusahaan PT Eigerindo Multi Produk Industri (MPI), sebagai perusahaan yang menaungi merk EIGER Adventure, dengan rendah hati kami menyampaikan permintaan maaf sebeasr-besarnya kepada masyarakat atas masalah yang terjadi," demikian bunyi awal pernyataan pihak Eiger.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.