Sukses

Membuat Screen Time Anak Jadi Positif dengan Teknologi Artificial Inteligence

Dengan menggabungkan dunia digital dengan realitas, anak-anak mendapatkan stimulasi otak yang aktif.

Liputan6.com, Jakarta -  Kita kerap melihat anak-anak kita yang terlalu fokus dengan gadgets mereka, seakan mengisolasikan diri dari dunia dan anggota keluarga sekitarnya. Fenomena ini tentu bertambah buruk pada masa pandemik dimana kebanyakan keluarga memilih untuk tidak keluar rumah. Ditambah juga dengan peraturan pemerintah agar anak-anak untuk school-from-home melalui peranti gadget di rumah.

Salah satu Top 3 Cutting-Edge Tech Gifts 2020 untuk anak-anak di dunia internasional, Osmo akhirnya resmi hadir di Indonesia. Tahun ini, Osmo juga menjadi salah satu Best Tech Toys of 2021. Osmo adalah suatu revolusi di dunia pendidikan anak-anak usia 3-12 tahun, yang mengintegrasikan teknologi artificial intelligence (AI) dengan perangkat permainan fisik untuk dimainkan menggunakan tangan.

Teknologi AI dari Osmo ini mendapatkan pembuktian secara nyata ketika Osmo memenangkan the Best AI-based Solution for Education Award di Amerika. Melalui penyampaian yang sederhana dan menyenangkan, Osmo menghadirkan edukasi kepada anak-anak dengan metode yang interaktif dan terbukti menjadi solusi teknologi yang bersahabat bagi anak-anak dan juga orang tua.

Dian Asa Sinaga, selaku representatif dan exclusive distributor resmi Osmo di Indonesia, mengatakan “Osmo menjawab kekhawatiran kita sebagai orang tua mengenai screen time, karena Osmo memberikan materi pelajaran bermutu tinggi dan rand.

Dengan menggabungkan dunia digital dengan realitas, anak-anak mendapatkan stimulasi otak yang aktif, sekaligus mengasah otak kanan mereka untuk membangun critical thinking dan problem-solving skills. Yang sangat berharga adalah, Osmo justru menghadirkan materi untuk STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Math) namun dikemas secara interactive dan menarik untuk anak-anak kita.”

Dian menambahkan, “Osmo di desain oleh expert team dibawah pimpinan ex-Google engineers, Pramod Sharma dan Jerome Scholler, di Palo Alto, California dan telah mendapatkan berbagai penghargaan dari Time Magazine sebagai Best Invention, terpilih menjadi Parents’ Choice Magazine’s Gold Award, penghargaan bergengsi dari Oppenheim Best Toy Platinum Award, dan Toy of the Year Award Finalist di Amerika Serikat.

Toko mainan paling terkenal di Inggris, Hamleys, juga menobatkan Osmo sebagai salah satu Top Toys for Christmas 2020.” Osmo juga mengadakan kolaborasi dengan perusahaan mainan terkemuka seperti Disney dan Mattel. Sebagai informasi, Osmo juga telah dijual di lebih dari 40 negara dan di implementasi di lebih dari 31.000 kelas sedunia, serta digunakan oleh lebih dari 2.5 juta keluarga di seluruh dunia.

Pada situs e-commerce Amazon.com dan Amazon.co.uk, Osmo telah menarik puluhan ribu customer reviews, semua dengan rating 4-5 bintang.  Pada tanggal 18 Februari 2021, Osmo mengadakan grand launching event resmi di Indonesia yang ditandai dengan diadakannya sebuah talkshow yang dihadiri oleh beberapa narasumber yang memang punya passion di dunia pendidikan serta tumbuh kembang anak-anak: Dian Asa Sinaga,

Lukas Kailimang, seorang ahli psikologi, pendidikan dan kebijakan dan lulusan Ed.M. Harvard Graduate School of Education, Nucha Bachri, Co-Founder dan Chief of Content dari Parentalk.id dan Podcaster di @curhatbapakibu serta influencer dalam dunia parenting, serta Michelle Hadipranoto, seorang model dan influencer cilik yang sarat prestasi.

“Selain menghadirkan aktifitas STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Math), Osmo membantu anak-anak untuk belajar membaca, mengenal suara (phonics), matematika, komunikasi, kewiraswastaan, kreatifitas, koordinasi motorik antara mata dan tangan, serta berbagai aspek edukasi lainnya. Anak-anak kita tidak akan menatap layar gadget tanpa interaksi seperti menonton TV, ataupun bermain online games biasa.

Sebaliknya, mereka akan belajar berpikir kreatif untuk menemukan solusi dalam sebuah permainan. Satu hal lain yang tidak kalah penting, Osmo memperkuat bonding antara anak dengan orang tua karena interaksi dan komunikasi selama bermain dan belajar bersama. Osmo membawa sembilan jenis permainan ke Indonesia dan dua jenis aksesoris. Kami juga akan membawa beberapa Osmo games baru yang sangat menarik di tahun ini.“ jelas Dian.

Sebagai langkah awal, Osmo Indonesia telah membuka akun official store di beberapa e-commerce besar di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, dan JD.id – demi memberikan akses secara cepat kepada pelanggan Indonesia. Sejak masa pre-order di Desember 2020 sampai hari ini, Osmo telah menjual kepada pelanggan dari Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Bali, Tarakan, Balikpapan, Pekanbaru, hingga kota Mataram di Nusa Tenggara Barat.

Osmo saat ini sedang berdiskusi dengan beberapa peritel offline untuk memperkenalkan konsep Osmo secara langsung. Saat ini, Osmo telah hadir di Books & Beyond di Lippo Mall Puri.

David Kartono selaku AVP of Business Tokopedia, menyampaikan, “Kini masyarakat Indonesia, terutama orang tua dan keluarga, bisa mendapatkan produk Osmo secara lebih mudah dan pasti lewat Official Store di Tokopedia tanpa harus keluar rumah.” David melanjutkan, “Kolaborasi ini sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam mempermudah kehidupan masyarakat, termasuk membantu lebih banyak keluarga dalam mendukung proses tumbuh kembang anak, terutama di tengah keadaan seperti ini.”

Lukas Kailimang, Managing Partner dari Kartika Strategic Education Solutions (“K-SES”), sebuah badan konsultasi strategi dan manajemen pendidikan yang berfokus untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia, menekankan “Bermain (play) memiliki peran penting dalam proses tumbuh kembang dan pendidikan anak, sedangkan pemahaman budaya kita sering kali memisahkan antara bermain dan belajar.

Osmo memberikan solusi yang inovatif bagi anak-anak kita dengan memadukan learning dan play secara interaktif dan positif. Sangat disayangkan bahwa di era digital ini, banyak media maupun alat permainan yang digunakan anak-anak hanya bersifat pasif dan menghibur, maka tidak mengherankan jika malah kebiasaan buruk atau gadget dependency / addiction-lah yang muncul.

Oleh karena itu, saya sangat senang dengan kehadiran OSMO di Indonesia. Sebagi alat permainan dan educational technology tool, OSMO adalah alat edutainment yang terbaik yang saya pernah jumpai di Indonesia sampai saat ini.