Sukses

Entin Gartini Raih The Best Designer dari Ottawa Award 2021

Ottawa Award digelar setiap tahunnya oleh majalah Faces Magazine Ottawa, salah satu media terpopuler di Kanada.

Liputan6.com, Jakarta -  Nama fashion desainer Entin Gartini kian populer di negeri Kanada. Perancang asal Indonesia itu, baru saja mendapat penghargaan dari Ottawa Award 2021 sebagai 'The Best Designer'.

Sebuah anugerah tinggi buat para kreator di kota Ottawa, Kanada. Ottawa Award digelar setiap tahunnya oleh majalah Faces Magazine Ottawa, salah satu media terpopuler di Kanada.

Entin Gartini bersaing ketat dengan 20 karya finalis asal Kanada, ia mendapatkan 100% People's Choice by Voting For The Best Designer. Entin mengikutsertakan satu karya terbaiknya, Batik Ombak yang dikombinasikan dengan motif batik Truntum. Batik Ombak hadir dalam sketsa gagasan Entin, yang diaplikasikan dalam pola batik tulis.

Dalam pengerjaannya, ia berkolaborasi dengan pembatik asal Yogyakarta. Visinya hendak mengangkat produk kreatif asli Indonesia ke ajang fashion kelas dunia Batik Ombak terinspirasi dari keindahan alam pantai dan laut Indonesia, terutama pantai Bali dan Lombok. Nuansa pantai bagi Entin menjadi tempat favorit travelling, sekaligus mewartakan keindahan destinasi pantai di Indonesia.

"Sketsa batik Ombak menarasikan keindahan pantai, yang saya olah dengan kombinasi warna warna terang, hingga terpola batik abstrak modern. Berharap motif ombak karyaku bisa lebih dikenal dunia," terang Entin dalam surat elektronik.

Batik Ombak karya perancang kelahiran Semarang, Jawa Tengah, itupun pernah di populerkan Selebgram asal Amerika berakun 'panthere_instyle'. Dalam salah satu postingannya, Batik Ombak diselaraskan dengan sepatu Louboutine dan tas merk Channel.

 

 

Entin Gartini memang menetap di Montreal Kanada. Kariernya sebagai desainer ia publish dengan mengikuti berbagai ajang fashion show di kota Ottawa dan Montreal sejak 2017. Hingga akhirnya, Februari 2021 ini, ia menyabet gelar The Best Designer dari Ottawa Award 2021.

"Saya tak menyangka, tahun lalu sempat masuk nominasi. Sayangnya informasi masuk nominasi justru dari seorang teman. Dan di 2021 ini, karya saya kembali direspon positif oleh fashion jurnalis dan fashion blogger Ottawa, hingga membuat karyaku bisa menang," kata Entin.

Kedepannya Entin Ingin mengenalkan Batik Ombak ke wilayah Amerika bagian Utara, Amerika Serikat, Eropa serta Asia. Ia berharap karyanya bisa dikenal publik lebih luas, sekaligus persiapan mengikuti ajang fashion show kelas dunia.

Ia juga ingin berbagi ilmu dengan start up fashion designer dari Indonesia, yang akan mengembangkan karyanya di luar negeri, terutama di Amerika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini