Sukses

Cerita Seram di 6 Hotel, dari Hantu Belanda sampai Artis Bunuh Diri

Apa saja enam hotel yang menyimpan cerita seram itu?

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi yang belum usai menyebabkan rencana liburan menjadi terbatas, sehingga banyak orang yang memilih untuk berlibur di dalam kota atau staycation, terutama di hotel. Sebelum menentukan pilihan tempat menginap, biasanya kita mencari informasi seputar hotel tersebut.

Tentu ada berbagai pertimbangan dalam menentukan pilihan. Ada yang lebih menyukai menginap di hotel mewah, ada juga yang lebih dengan tarifnya yang murah, dan berbagai alasan lainnya. Tapi apakah Anda juga akan memilih hotel yang terkesan seram atau bahkan menyimpan cerita mistis dan banyak orang mendapatkan pengalaman seram saat menginap di hotel tersebut?

Dilansir dari berbagai sumber, ada enam hotel di Indonesia dan di Amerika Serikat yang menyimpan cerita seram atau mistis. Apa saja?

1. Hotel Niagara, Malang

Hotel ini termasuk sangat tua karena dibangun pada zaman penjajahan Belanda, tepatnya pada 1918. Karena dibangun pada zaman Belanda, di hotel ini konon kerap kali muncul penampakan tiga hantu noni Belanda. Para karyawan hotel ini mengatakan bahwa hantu ini kerap muncul di lantai tiga hotel tersebut.

Menurut sebuah cerita, serombongan turis menginap di hotel tersebut selama lima hari. Pada malam hari, salah seorang dari mereka berjalan di lorong hotel dan tak sengaja mendengar suara seorang perempuan dari sebuah kamar.

Saat didekati, suara tersebut semakin menghilang. Tiba-tiba muncul sesosok perempuan dengan wajah yang sangat pucat dan menyeramkan di depannya.

Akibat insiden ini, mereka yang seharusnya menginap selama lima malam, memutuskan untuk segera meninggalkan hotel. Kabarnya sudah banyak masyarakat yang melihat langsung penampakan hantu noni Belanda yang dijuluki "Three Beautiful Ghosts". Para karyawan juga biasanya mengosongkan kamar-kamar khusus pada hari tertentu karena disewakan kepada makhluk tak kasat mata.

Banyak yang percaya bahwa hotel ini memiliki ruang bawah tanah yang dijadikan tempat untuk menyimpan mayat pada zaman Belanda sehingga menjadi alasan hotel ini terkesan angker.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Hotel Majapahit, Surabaya

Hotel Majapahit juga merupakan peninggalan zaman Belanda, dibangun khusus untuk tempat peristirahatan para pejabat Belanda. Gaya arsitekturnya pun khas negeri Kincir Angin tersebut.

Konon, para pegawai hotel ini melarang pengunjung untuk berjalan di koridor pada malam hari, karena sering terlihat penampakan hantu orang-orang Belanda yang sedang berpesta.

Cerita lain mengatakan bahwa di lobi hotel ini terdapat penampakan hantu anak kecil Belanda di teras atas ruangan tersebut. Sementara, di restoran kerap muncul penampakan hantu wanita dengan gaun putih dengan kepala yang miring ke kiri. Di area kolam renang disebut sering muncul penampakan kepala hantu yang tidak memiliki badan.

3. Hotel Grand Inna Malioboro

Hotel yang juga berdiri pada zaman Belanda, tepatnya pada 1908 ini berlokasi di kawasan Malioboro, Yogyakarta. Konon, di hotel ini ada dua kamar angker dan dianggap keramat, yaitu kamar 911 dan kamar 912.

Menurut beberapa pengunjung, pintu kedua kamar itu kerap terbuka dan tertutup sendiri yang diikuti suara-suara aneh, padahal tidak ada orang di kamar tersebut. Pengunjung lain juga mengatakan bahwa mereka melihat kursi bergoyang sendiri diikuti suara aneh yang menyeramkan.

4. Hotel Cecil, Los Angeles

Hotel di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) yang dibangun pada 1927 ini terkenal sebagai hotel paling seram di dunia. Di hotel ini terdapat beberapa cerita yang sangat menyeramkan. Salah satunya adalah pada 2008 ditemukan tubuh seorang gadis tanpa busana di dalam sebuah tangki air.

Cerita lainnya adalah kematian seorang pria bernama George Gianinni. Pada 1962, seorang perempuan bernama Paulin saat itu sedang bertengkar dengan suaminya di dalam kamar.

Setelah bertengkar dengan suaminya, ia memutuskan untuk melompat dari jendela kamarnya. Pada usaha bunuh dirinya, Paulin jatuh tepat di atas George yang saat itu sedang berjalan-jalan di sekitar hotel. Keduanya meninggal di tempat.

Selain itu, banyak kejadian lain yang telah terjadi di Hotel Cecil. Banyaknya kasus pembunuhan dan bunuh diri membuat orang-orang menganggap bahwa hotel ini telah terkena kutukan.

3 dari 4 halaman

5. Omni Shoreham Hotel, Washington DC

Hotel yang juga berada di AS, tepatnya di Washington ini berdiri sejak 1930. Desainnya mengusung bentuk art deco yang mengagumkan.

Di balik arsitektur yang indah ini, terdapat kisah yang menyeramkan. Menurut sejumlah cerita, sering terlihat penampakan hantu perempuan yang diyakini merupakan putri pemilik asli bangunan hotel.

Tak hanya itu, dua pengurus hotel dikabarkan tewas di dalam kamar tanpa penyebab yang jelas. Para tamu kerap mendengar tangisan gadis di malam hari dan mendapati lampu yang padam dengan sendirinya.

6. Hotel Chelsea, New York City

Hotel di New York dengan nuansa megah ini telah ditutup sejak 2011 untuk kebutuhan renovasi. Kabarnya, terdapat dua hantu di aula hotel dan masih ada hingga kini.

Banyak orang percaya banyak roh seniman dan musisi yang berkeliaran di hotel ini. Hotel ini memang pernah disinggahi banyak selebritas.

Ada juga yang meninggal dunia di sana. Misalnya saja, penyair Dylan Thomas meninggal dunia saat sedang menginap di hotel ini. Beberapa tahun kemudian, Nancy Spungen juga meninggal akibat bunuh diri dengan menusuk dirinya saat menginap di kamar nomor 100.  (Dinda Rizky Amalia Siregar)

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.