Sukses

Tips Ampuh Agar Warna Pakaian Nggak Cepat Pudar

Pakaian dengan bahan linen yang lebih sering menempel pada pakaian berwarna gelap, sehingga nantinya dapat menciptakan kesan pudar lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta Nggak bisa dipungkiri bahwa pakaian sangat menunjang penampilan. Agar nggak bosan, saat berpenampilan pun kita pasti selalu berusaha mix and match, biar nggak terkesan pakaian kita itu-itu saja.

Namun sekarang masalahnya, nggak jarang pakaian yang kita punya sering mengalami penurunan warna alias pudar. Apalagi buat kamu yang menyukai warna-warna gelap, pemudaran warna pakaian pasti membuat kita enggan menggunakannya lagi.

Nah sebelum memudar dengan cepat, ada tips yang mencuci pakaian yang membantumu untuk mempertahankan warna agar nggak cepat pudar, dan warnanya jadi lebih awet dan tahan lama. Simak tips berikut ini seperti dikutip laman The Spurce:

 

2 dari 4 halaman

1. Sortir Pakaian

Ini yang harus kamu lakukan pisahkan dulu pakaian yang dicuci berdasarkan bahan dan warna pakaian. Ada baiknya nggak mencapurkan bahan rajut dengan bahan denim atau katun. Ini tujuannya agar serat bahan rajut nggan menempel di bahan pakaian lain.

Lalu pisahkan warna pakaian yang berwarna gelap atau hitam. Ini dilakukan untuk mencegah perpindahan atau transfer warna ke serat pakaian lain. Misalnya, pakaian dengan bahan linen yang lebih sering menempel pada pakaian berwarna gelap, sehingga nantinya dapat menciptakan kesan pudar lebih cepat.

 

3 dari 4 halaman

2. Suhu Air

Pastikan kamu selalu menggunakan suhu air paling dingin saat mencuci pakaian gelap. Ya, air panas akan selalu memudarkan pakaian dan menyebabkan lebih banyak pewarna yang keluar lebih cepat daripada air dingin.

Ini juga berlaku saat kamu mencuci dengan mesin cuci. Pastikan nggak menggunakan air bersuhu panas untuk saat mencuci pakaian berwarna.

 

4 dari 4 halaman

3. Pemilihan Detergen

Pemilihan detergen bukan hanya berpengaruh pada warna pakaian saja, tapi juga aroma pakaian. Kamu pasti nggak mau kan, pakaianmu yang sudah dicuci justru mengeluarkan aroma nggak sedap alias apek.

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, kita harus rajin mengganti pakaian setelah pulang dari rumah, untuk menghindari bakteri dan virus yang menempel di serat pakaian.

Oleh karena itu, pilihlah detergen yang memiliki Teknologi O2 Active Power sebagai disinfektan. Detergen ini efektif membunuh virus, bakteri dan kuman yang menempel di pakaianmu.

Selain detergen yang mempu memberikan perlindungan anti kuman selama 48 jam, pilih juga detergen yang mampu menghilangkan segala jenis noda, bebas bau apek, dan efektif untuk semua warna pakaian.

 

(*)