Sukses

Antisipasi Covid-19, Tamu Hotel dan Residence Atria Serpong Kini Wajib Tes GeNose C-19

Tes GeNose C-19 ini menggantikan kewajiban menyertakan tes swab antigen untuk setiap tamu hotel dan residence Atria Serpog.

Liputan6.com, Jakarta - Pengelola Atria Hotel and Residences Gading Serpong kini mewajibkan para tamu menjalani tes Covid-19 dengan alat GeNose. Hal tersebut untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung yang datang dari Covid-19.

Pantauan di lokasi, Jumat, 16 April 2021, sebelum masuk pintu utama hotel dan residences yang berada di kawasan Gading Serpong, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang itu, para pengunjung akan dicek suhu serta wajib memakai hand sanitizer dan masker. Lalu, petugas keamanan akan melihat bukti booking hotel atau residences. Setelahnya, petugas resepsionis akan keluar menemui calon tamu tersebut.

Petugas lalu akan memberikan alat berupa kantong plastik khusus untuk meniupkan udara dari mulut ke dalam kantong tersebut. Petugas akan membimbing calon tamu untuk mengambil nafas dua kali. Tarikan napas ketiga dibuang melalui mulut ke dalam kantong platik yang sudah disediakan.

Kantong tersebut akan dimasukan ke dalam alat Genose, buatan Universitas Gadjah Mada (UGM). Calon tamu hanya harus menunggu 3--5 menit untuk mengetahui hasilnya..

General Manager Atria Hotel and Residences Gading Serpong, Wahyono mengatakan, tes tersebut telah diterapkan sejak akhir Maret 2021. "Kita sudah terapkan ini sejak 25 Maret 2021 lalu. Jadi, seluruh pengunjung wajib melalui tes GeNose C19 sebelum masuk ke area lobi hotel dan residences," ujar Wahyono.

Ia menerangkan tes GeNose dimaksudkan sebagai bentuk perlindungan dan kenyamanan manajemen terhadap tamu yang akan menginap. Sebelum pemberlakuan aturan itu, manajemen Atria mewajibkan para tamu menyerahkan hasil tes swab antigen.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 3 halaman

Berapa Biayanya?

Wahyono menjelaskan, para tamu bisa menggunakan fasilitas tersebut secara gratis. Syaratnya, mereka menginap di Atria sesuai kapasitasnya.

"Misalnya untuk kamar yang kapasitas tamu dua orang, maka harga sudah termasuk GeNose untuk dua orang. Sementara yang menyewa kamar dengan tiga bedroom atau empat tamu, maka seluruhnya gratis, kecuali terdapat tambahan anggota keluarga," jelas Wahyono.

Biaya juga dibebankan kepada tamu yang datang tanpa menginap. Biayanya Rp50 ribu per orang.

Para tamu sebaiknya tidak makan dan minum 30 menit sebelum tes GeNose C19. Hal tersebut lantaran tes GeNose ini memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi terhadap bau. Bila ada pengunjung yang terdeteksi positif, pihak hotel akan meminta untuk mengulang tes sebanyak tiga kali. 

"Kalau sampai tiga kali tes masih positif, maka kita tidak perkenankan masuk ke area lobi dan kami akan melakukan pengembalian dana secara penuh," tuturnya.  (Pramita Tristiawati)

3 dari 3 halaman

GeNose Karya Anak Bangsa