Sukses

Manfaat Ngemil Bagi Tubuh, Kental Manis Bikin Makin Nikmat

Kental manis bikin camilan semakin bercita rasa dan tak banyak orang tahu ternyata aktivitas ngemil memiliki manfaat penting bagi tubuh lho, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Susu kental manis sebagai bahan campuran di camilan favorit memang semakin menambah cita rasa dan memanjakan lidah. Jenis camilan yang harus dikonsumsi juga perlu menjadi perhatian. Dari berbagai jenis camilan yang dijual di pasaran, selalu usahakan memilih camilan yang higienis, mudah cara membuatnya, dan terbuat hanya dari bahan yang segar.

Beberapa manfaat ngemil bagi tubuh tersebut antara lain, dapat memberikan energi di tengah hari saat beraktivitas, atau ketika berolahraga. Selain itu, manfaat ngemil bagi tubuh di antara waktu makan, juga mampu mengurangi rasa lapar dan mencegah dari makan berlebihan.

 

Baca juga:

 

 

Mungkin Anda cukup penasaran dengan apa saja manfaat ngemil bagi tubuh yang bisa didapatkan lebih jauh. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut berikut berbagai macam manfaat ngemil bagi tubuh dan beberapa resep camilan lezat dengan kental manis yang mudah dibuat untuk menemani Anda dan keluarga di rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Mengendalikan Napsu Makan (Binge Eating)

Kebiasaan ngemil akan mencegah perut menjadi terlampau lapar. Sebab, ketika perut dalam kondisi yang terlalu lapar atau yang biasa dikenal dengan istilah ‘binge eating’ ini, pada akhirnya hanya akan membuat Anda ingin mengonsumsi makanan secara berlebihan dan hal tersebut hanya akan berujung pada kenaikan berat badan.

 

Baca juga:

 

 

Untuk mencegah hal tersebut, maka diperlukan kebiasaan mengonsumsi camilan agar perut senantiasa terasa penuh. Ketika perut sudah mulai terasa penuh, maka napsu makan Anda dapat lebih terkendali. Jenis camilan yang berserat akan sangat membantu untuk mencegah rasa lapar berlebih antara lain seperti buah, pudding, dan berbagai jenis makanan berserat.

Resep Puding Kental Manis Frisian Flag Leci

Bahan-bahan:

● 150 gr gula

● 180 gr leci

● 11 gr jelly bubuk

● 11 gr jelly leci

● 50 ml Kental Manis Frisian Flag

● 700 ml air

●  200 ml sari leci

Cara membuat:

  1. Tuang air 700 ml, sari leci 200 ml, gula 150 ml, jelly bubuk rasa leci 11 gr dan Frisian Flag Kental Manis 70 ml lalu aduk secara merata.
  2. Masak dengan api kecil sambil diaduk agar merata.
  3. Simpan beberapa leci sesuai selera ke dalam cetakan puding dan tuangkan sedikit adonan tadi ke dalamnya lalu diamkan selama 10 menit. Tuangkan kembali sampai leci tertutup dan masukkan ke dalam kulkas lalu diamkan hingga beku.
  4. Potong puding lalu hidangkan.
3 dari 5 halaman

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat ngemil bagi tubuh selanjutnya yaitu mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Meningkatnya metabolisme tubuh ini menjadi sangat penting, sebab tubuh dengan metabolisme yang baik akan lebih optimal dalam memproses makanan menjadi energi, serta akan meningkatakan pembakaran lemak pada tubuh.

 

Baca juga:

  • Susu Kental Manis Frisian Flag Gold Lezatkan Sarapan Harian
  • Fakta Susu Kental Manis yang Sering Jadi Menu Sarapan Sehat
  • 5 Kreasi Susu Kental Manis Frisian Flag untuk Sarapan Pagi

 

 

Akan tetapi yang perlu diperhatikan, manfaat ngemil bagi tubuh ini hanya bisa diperoleh apabila jenis camilan yang dikonsumsi merupakan camilan kaya akan serat seperti buah-buahan. Untuk menikmati buah-buahan dengan cara berbeda coba deh resep es khas Manado dengan susu kental manis untuk menambah cita rasa berikut ini.

Resep Es Manado Exotica Khas Sulawesi Utara

Bahan Kuah:

● 500 gr Buah sirsak matang tanpa biji

● 300 ml Air

● ½ klg Susu kental manis putih Frisian Flag Gold

Bahan Isi:

● 50 gr Kiwi, potong kotak

● 50 gr Anggur merah, potong kotak

● 50 gr Strawberry, potong kotak

● 2 sdt Selasih

● Secukupnya Es batu

Cara membuat:

  1. Kuah: Blender bahan kuah hingga halus, saring.
  2. Siapkan mangkuk saji, atur es batu, kiwi, anggur, strawberry, biji selasih, kemudian siram dengan bahan kuah, siram kembali dengan susu kental manis putih Frisian Flag Gold. Sajikan dingin.
4 dari 5 halaman

3. Meningkatkan Konsentrasi

Supaya segala tugas dan aktivitas dapat berjalan lancar, maka tubuh perlu asupan makanan sebagai sumber energi agar meningkatnya konsentrasi. Dengan mengonsumsi camilan secara rutin dan teratut, dapat membantu dalam meningkatkan konsentrasi tersebut.

Jenis camilan yang cocok untuk meningkatkan konsentrasi ini bisa didapatkan dari jenis camilan seperti dark chocolate, alpukat, pisang, mangga, bluberi, serta berbagai jenis makanan sehat lainnya. Tapi ingat, tetap konsumsi sewajarnya dan hindari makan berlebihan. Camilan yang dapat Anda coba salah satunya mango sticky rice yaitu camilan ala Thailand yang dikreasikan dengan susu kental manis untuk memberikan cita rasa lezat yang berbeda.

Resep Mango Sticky Rice

Bahan:

● 300 gr beras ketan

● 2 lembar daun pandan

● 40 gr gula

● 80 ml Frisian Flag Susu Kental Manis Full Cream Gold

● 200 ml santan

Bahan Saus:

● 300 ml santan

● 1 lembar pandan

● ½ sdt garam

● 2 buah mangga

Cara Membuat:

  1. Siapkan beras ketan 300 gr dan simpan daun pandan diatasnya sebanyak 2 lembar lalu kukus hingga matang.
  2. Panaskan wajan, masukan ketan, santan cair 200 ml, gula pasir 40 gr, Frisian Flag Susu Kental Manis Full Cream Gold 80 ml lalu aduk secara merata.
  3. Masukkan santan kental 300 ml ke dalam panci, daun pandan, garam 1/2 sdt lalu aduk.
  4. Siapkan ketan di atas piring, mangga sesuai selera lalu tuang santan tadi di atas ketan.
  5. Mango Sticky Rice siap untuk dihidangkan.
5 dari 5 halaman

4. Mengendalikan Emosi

Mengonsumsi camilan mampu mengendalikan perubahan suasana hati atau mood. Dengan mengonsumsi camilan, maka nutrisi dapat tersebar merata dan mampu menstabilkan level insulin serta energi dalam tubuh. Keseimbangan ini yang akan membuat mood atau emosi menjadi lebih stabil.

Memang manfaat ngemil bagi tubuh ini bisa didapatkan dari jenis makanan yang mungkin menjadi favorit Anda, seperti camilan di bawah ini.

Resep Rujak Es Krim Khas Yogyakarta

Bahan :

● 200 g nanas, iris korek api

● 200 g pepaya mengkal, iris korek api

● 200 g mangga muda, iris korek api

● 200 g mentimun, buang biji, iris korek api

● 400 g gula pasir

● 1 ½ l air

● 600 g es krim

● 200 ml Susu Kental Manis Frisian Flag Cokelat 

Bumbu Rujak:

● 5 bh cabai rawit merah

● ½ sdt terasi goreng

● 1 sdm asam jawa

● ¾ sdt garam

● 2 sdm air jeruk nipis

Cara membuat:

  1. Didihkan air. Masukkan bumbu rujak. Rebus sampai harum.
  2. Masukkan gula pasir, aduk rata. Masak sampai larut. Angkat.
  3. Tambahkan nanas, pepaya, mangga, dan mentimun, aduk rata.
  4. Masukkan air jeruk nipis. Dinginkan.
  5. Sajikan dengan es krim dan siraman Susu Kental Manis Frisian Flag Cokelat.

Itulah empat manfaat camilan bagi tubuh plus resep camilan bermanfaat bagi tubuh yang dikreasikan dengan kental manis. Temukan inspirasi resep makanan lain di website www.frisianflag.com.

Kini, selain praktis dan ekonomis susu kental manis Frisian Flag dapat dibeli di mana saja dari warung, minimarket, supermarket, hypermart, hingga market place favorit. Untuk penggunaan Anda tak perlu khawatir karena tersedia dengan kemasan beragam pilihan, mulai dari ukuran sachet, kaleng, hingga pouch yang mudah disimpan kembali dengan harga cukup terjangkau.

 

 (*)

 

 

Baca juga:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini