Sukses

Bandara Soekarno Hatta Masuk Daftar Bandara dengan Layanan Staf Terbaik di Asia 2021

Mengungguli Bandara Soekarno Hatta dalam daftar Bandara dengan Layanan Staf Terbaik di Asia 2021, Bandara Changi Singapura keluar sebagai pemenang.

Liputan6.com, Jakarta - Skytrax kembali merilis daftar Bandara dengan Layanan Staf Terbaik 2021 dalam beberapa klasifikasi wilayah. Di kategori Asia, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten berhasil menduduki posisi ke-10, melansir World Airport Awards, Senin (9/8/2021).

Penghargaan untuk Layanan Staf Bandara ini dinilai berdasarkan kualitas layanan staf, mulai dari sikap, keramahan, sampai efisiensi di seluruh posisi garis depan di bandara. Ini termasuk staf yang bekerja untuk konter bantuan atau informasi pelanggan, staf imigrasi dan keamanan, toko, serta gerai makanan dan minuman.

Mengungguli Bandara Soekarno Hatta, ada Bandara Taiwan Taoyuan; Chubu Centrair Nagoya, Jepang; Hong Kong; Tokyo Narita, Jepang; dan Kansai, Osaka, Jepang. Sementara, posisi tiga teratas ditempati Bandara Incheon, Korea Selatan; Handea, Jepang; dan, pemenangnya, Changi Singapura.

Soal masuknya Bandara Soekarno Hatta dalam daftar ini, Presiden Direktur PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, sebagaimana dilansir Antara, "Kami sangat bangga dan berterima kasih pada seluruh staf frontliner di Bandara Soekarno-Hatta, baik staf dari AP II maupun stakeholder lain atas dedikasi menjalankan tugas."

Di saat pandemi, sejumlah inovasi layanan pelanggan dihadirkan di Bandara Soekarno-Hatta, meliputi personel digital officer with digital device, Video Customer Assistant (VICA), dan concierge express. Awaluddin mengatakan, layanan bantuan pelanggan di Bandara Soekarno-Hatta juga didukung aplikasi iPerform yang digunakan internal AP II.

Melalui iPerform, berbagai layanan yang berdampak pada kepuasan pelanggan dapat dipantau. Masuk dalam daftarnya adalah layanan bagasi, utilisasi konter check-in, dan penggunaan parking stand untuk memperlancar kedatangan dan keberangkatan penumpang pesawat di Bandara Soekarno Hatta.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

Daftar Bandara dengan Layanan Staf Terbaik di Dunia 2021

1. Bandara Changi Singapura

2. Bandara Tokyo Haneda, Jepang

3. Bandara Incheon, Korea Selatan

4. Bandara Kansai, Osaka, Jepang

5. Bandara Tokyo Narita, Jepang

6. Bandara Hong Kong

7. Bandara Centrair Nagoya, Jepang

8. Bandara Doha Hamad, Qatar

9. Bandara Copenhagen, Denmark

10. Bandara Schiphol, Belanda

3 dari 4 halaman

Peringkat Bandara Soekarno Hatta di Dunia

Masih dari data yang dirilis Skytrax, Bandara Soekarno Hatta juga tercatat menempati peringkat ke-34 Bandara Terbaik di Dunia tahun ini. Itu artinya naik satu peringkat dari posisi 35 pada 2020, berdasarkan World Airport Survey 2020/2021.

Melansir kanal Bisnis Liputan6.com, kenaikan peringkat di dalam daftar World’s Best Airport ini melanjutkan tren positif sejak lima tahun lalu. Ini sejalan dengan transformasi digital yang dijalankan perseroan sejak 2016.

Pada 2017, Bandara Soekarno Hatta berada di peringkat 44, lalu pada 2018 sempat turun ke peringkat 45. Namun, pada 2019 naik ke peringkat 40, duduk di posisi ke-35 tahun lalu, dan naik peringkat ke 34 pada 2021.

4 dari 4 halaman

Infografis 6 Cara Hindari COVID-19 Saat Bepergian dengan Pesawat