Sukses

Indonesia Menari 2021 Digelar dengan Format Baru, Simak Cara Daftarnya

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Indonesia Menari 2021 hanya bisa diikuti peserta secara individu.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah membatalkan pergelarannya tahun lalu akibat pandemi, Indonesia Menari 2021 digelar dengan format baru. Seperti sejumlah agenda IndonesiaKaya.com selama tahun ini, acara tersebut juga hijrah ke ranah digital dengan ragam adaptasi.

Program Director IndonesiaKaya.com Renitasari Adrian mengatakan, dengan mengadopsi format virtual, artinya semua orang dari seluruh daerah di Indonesia bisa ikut serta dari rumah mereka masing-masing. "Semula (Indonesia Menari) hanya diikuti peserta dari kota-kota besar saja," katanya dalam jumpa pers daring, Kamis (12/8/2021).

Renita menjelaskan, acara tahunan yang sudah berlangsung sejak 2012 ini merupakan upaya Indonesia Kaya melestarikan tari daerah, sekaligus mendekatkan budaya dengan generasi muda melalui kemasan modern. Penyelenggaraan tahun ini melibatkan tiga koreografer lintas generasi yang juga sekaligus jadi juri utama.

Mereka adalah Didik Nini Thowok, Eko Supriyanto, dan Ufa Sofura. Ketiganya memadukan tiga genre tarian, yaitu tradisional, kontemporer, dan modern selama satu menit.

Dalam babak penyisihan, tarian ini akan dilengkapi gubahan lima lagu daerah, yaitu Suwe Ora Jamu (Jawa Tengah), Apuse (Papua), Indung-Indung (Kalimantan Timur), Rambadia (Sumatera Utara), dan Pakarena (Sulawesi Selatan) karya Eka Gustiwana.

"Sesuai anjuran pemerintah untuk di rumah saja, tahun ini kami meniadakan kategori grup. Jadi, hanya dapat diikuti peserta individu," ucap Rieka Nur Asy Syam, Program Director IndonesiaKaya.com. Namun, penyelenggaraannya masih terdiri dari tiga babak, yaitu babak penyisihan, semi final, dan final. 

Kategori peserta individu dan periode waktu untuk ikut berpartisipasi dalam babak penyisihan Indonesia Menari Virtual 2021, yakni: 

Kategori A: Usia 19 tahun ke atas (1--5 September 2021)

Kategori B: Usia 13 tahun sampai 18 tahun (8--12 September 2021)

Kategori C: Usia 6 tahun sampai 12 tahun (15--19 September 2021)

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Daftar

Lebih lanjut Rieka menjelaskan cara mendaftar Indonesia Menari 2021. "Video koreografi (babak penyisihan) sudah ada di YouTube Indonesia Kaya," katanya.

Koreografi ini bisa ditarikan dan diunggah sesuai periode waktu dari masing-masing kategori ke akun Instagram pribadi dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

Ketentuan Akun Instagram:

1. Satu akun Instagram hanya untuk satu peserta. Peserta yang tidak memiliki akun Instagram pribadi dapat memakai akun milik orang/institusi lainnya, dengan tetap mengacu peraturan yang sama.

2. Video harus tetap berada di feed Instagram peserta selama proses Indonesia Menari Virtual 2021.

3. Tidak mengunci atau memprivate akun Instagram selama proses acara Indonesia Menari 2021. Akun yang terkunci akan otomatis didiskualifikasi.

4. Follow @indonesia_kaya.

 Ketentuan Video:

1. Wajib menggunakan framing dan musik Indonesia Menari Virtual 2021 Penyisihan yang sudah disediakan pada link https://tinyurl.com/FrameIMV2021

2. Pengambilan gambar dilakukan secara utuh dengan musik yang sudah disediakan sesuai durasi musik yang ada dan dalam lingkungan yang kondusif. Diharapkan tidak ada suara lain yang mengganggu.

3. Memastikan koreografi dan musik tersinkronisasi dengan baik.

4. Pengambilan video dilakukan dengan satu arah dari depan dan tanpa pergerakan (dapat menggunakan tripod atau sejenisnya).

5. Pengambilan video dapat dilakukan dengan menggunakan semua jenis perangkat, baik telepon genggam ataupun kamera digital.

6. Video menangkap semua gerakan dengan jelas tanpa ada bagian tubuh yang terlewat dari batas video.

7. Hasil kualitas video tidak mempengaruhi penilaian, namun diharapkan dengan kualitas yang baik dan jelas untuk membantu proses penjurian.

8. Video dapat diambil pada lokasi indoor atau outdoor dengan pencahayaan yang cukup.

9. Diharapkan video tidak mengandung watermark dari aplikasi penyunting video.

"Jangan lupa mendaftar di IndonesiaKaya.com dengan memasukkan link video Instagram. Setelah itu peserta akan menerima konfirmasi dari panitia," katanya, menambahkan bahwa target peserta tahun ini adalah 10 ribu.

Dalam babak penyisihan ini para peserta juga diwajibkan mencantumkan tagar #MenariDiRumahAja, #IndonesiaMenariVirtual2021 dan tagar sesuai kategori; #IMVKatA (kategori A) atau  #IMVKatB (kategori B) atau #IMVKatC (kategori C). Untuk kostum, peserta dapat mengenakan pakaian bertema "Etnik Modern," kolaborasi baju berunsur etnik dengan sentuhan modern yang nyaman dipakai, tanpa mengganggu gerak dan tanpa properti tari. 

3 dari 4 halaman

Kategori Penilaian

Eko mengatakan ada tiga unsur utama penilaian yang akan dilakukan tim juri. Pertama, teknik penarian. Ini termasuk keluwesan dan hafalan gerak para peserta. Kemudian, kompleksitas koreografinya.

"Jadi, bagaimana koreografi ini bisa diimplementasi, menyemangati gerakan itu untuk jadi milik mereka sendiri," ucapnya.

Terakhir, penjiwaan. "Ini yang paling penting karena tentang rasa," imbuh Eko.

Ufa mengatakan, dalam mencapainya, penting untuk menguasai materi koreografi. "Setelah paham, semuanya baru akan bisa keluar. Rasa, gerak, dan pesan yang mau disampaikan," katanya.

Sementara, Didik mengatakan, karena contoh gerakan disajikan secara virtual, ia berpesan untuk lebih teliti dalam mengamati detailnya. "Kalau sudah benar, penjiwaan itu akan jadi penilaian paling spesial," sambungnya.

Setelah mengikuti babak penyisihan, 100 peserta dari masing-masing kategori akan melaju ke babak semifinal pada 25--29 September 2021. Dari 100 peserta, akan dipilih lagi 20 peserta terbaik dari tiap kategori untuk mengikuti babak final pada Minggu, 10 Oktober 2021, dan dapat disaksikan secara virtual di YouTube IndonesiaKaya pukul 13.00 WIB.

4 dari 4 halaman

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan COVID-19