Sukses

Buah Mungil dan Lembut untuk Penderita Sakit Pinggang, Yuk Konsumsi Sekarang!

Selain mengandung vitamin dan mineral lengkap, buah-buahan ini juga bermanfaat sebagai asupan yang bisa meredakan dan mengobati sakit pinggang.

Liputan6.com, Jakarta Sakit pinggang menjadi keluhan yang paling umum terjadi pada orang dewasa saat ini. Terlalu lama duduk di posisi yang sama, mengangkat beban berat dan berkendara dalam waktu yang lama disinyalir menjadi penyebab umum munculnya sakit pinggang. Meski bisa hilang dengan sendirinya, namun rasa nyeri yang muncul itu mengganggu aktivitas kerja dan saat berkendara. Bahkan bisa jadi tanda dari suatu penyakit berbahaya.

Sakit pinggang umumnya terjadi karena cedera pada sendi, otot, dan tulang bagian belakang. Namun tak jarang, sakit atau nyeri pinggang juga dapat terjadi akibat peradangan atau inflamasi di area tersebut.

Mengatasi sakit pinggang tidak harus selalu dengan minum obat pereda nyeri. Setelah sejenak beristirahat dan melakukan peregangan, Anda juga bisa menangani sakit pinggang dengan makan buah-buah tertentu. Selain mengandung vitamin dan mineral lengkap, buah juga bermanfaat sebagai asupan yang bisa meredakan dan mengobati sakit pinggang. 

Dikutip dari KlikDokter, mengonsumsi buah dan sayuran berwarna gelap dapat membantu atasi sakit pinggang. Sebab buah dan sayuran tersebut umumnya mengandung zat anti inflamasi yang dapat meredakan peradangan pada sendi serta otot manusia.

Berikut berbagai jenis buah yang bisa Anda konsumsi seperti dikutip dari KlikDokter.

1. Ceri

Buah merah berukuran kecil dan mungkin ini mengandung zat antioksidan yang mampu memperlambat proses peradangan di dalam tubuh. Sehingga, sakit pinggang yang disebabkan karena peradangan bisa diatasi dengan mengonsumsi buah ceri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Delima

Selain ceri, buah delima juga mengandung antioksidan tinggi. Menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, buah berdaging merah ini mampu mengurangi rheumatoid arthritis secara keseluruhan.

“Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang menyerang dan menyebabkan peradangan pada sendi. Tidak hanya itu, rheumatoid arthritis juga bisa merusak jaringan lainnya di sekitar sendi, seperti kulit dan paru-paru,” kata dr. Devia.

3. Anggur Merah

Anggur merah diketahui memiliki kandungan zat anti inflamasi yang disebut dengan resveratrol. Zat ini dipercaya dapat mengurangi nyeri pada sendi maupun otot. Sehingga bisa dikonsumsi untuk meredakan nyeri kronis di pinggang.

3 dari 3 halaman

4. Pisang

Buah pisang mengandung kalium tinggi yang baik dikonsumsi untuk penderita sakit pinggang. Bukan hanya menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh tapi kalium yang terkandung pada pisang juga berkhasiat menjaga fungsi otot, saraf, serta mengurangi pembengkakkan pada otot pinggang.

5. Nanas

Buah nanas mengandung enzim bromelain yang berperan sebagai agen antiinflamasi untuk meredakan kondisi peradangan serta penyakit lainnya.

Selain lima buah di atas, ada beberapa asupan lain yang dipercaya bisa membantu mengatasi rasa sakit pinggang. Diantaranya makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, magnesium dan kalsium tinggi. Kalsium dapat membantu menyehatkan tulang, otot, dan sendi dalam tubuh, sehingga kamu bisa rutin mengonsumsi susu, keju dan yoghurt dengan batas normal.

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.