Sukses

Semangat Belajar Siswa yang Datang ke Sekolah Berbekal Kantong Plastik, Warganet Jatuh Hati

Siswa ini begitu semangat menuntut ilmu, meski tak memiliki ponsel dan tas sekolah.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat para pelajar harus menjalani sekolah daring atau online. Namun, tak semua pelajar punya ponsel, laptop atau gawai lainnya untuk bisa mengikuti sekolah online.

Cerita seorang siswa yang tidak bisa sekolah daring sempat viral di media sosial. Kali ini datang dari seorang siswa yang sangat inspiratif. Ia begitu semangat menuntut ilmu, meski tak memiliki ponsel dan tas sekolah.

Situasi itu membuatnya rela datang ke sekolah demi mendapatkan materi dari gurunya karena tak punya ponsel untuk menerima materi secara daring. Ia bahkan tak memiliki tas sekolah yang layak.

Ia lalu menggunakan kantong plastik atau kresek. Video yang dibagikan kembali oleh akun Instagram @insta_nyinyir pada 27 September 2021 itu memperlihatkan seorang siswa mengenakan kaus hitam sedang memperhatikan penjelasan dari gurunya.

"Ini adalah Putra, siswa saya di kelas VII. Dia tidak memiliki HP Android untuk belajar online, dia datang ke sekolah untuk mengambil tugas mata pelajaran termasuk tugas dari saya, dia siswa yang rajin juga sangat antusias dalam belajar," tulis keterangan dalam video tersebut.

Setelah mendapatkan penjelasan seputar materi dan tugas dari sekolah, Putra pun beranjak pergi. Namun, gurunya melihat siswanya itu hanya menggunakan kantong plastik. "Saya bertanya itu kenapa pakai tas kresek? Putra menjawab saya belum beli tas pak," tulis unggahan tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memahami Materi Pelajaran

Gurunya itu pun begitu salut dengan ketekunan Putra. Meski punya keterbatasan, ia tak pernah patah semangat untuk menuntut ilmu.

Putra juga bisa menangkap dan memahami materi pelajaran yang diberikan gurunya dengan cukup baik.  "Saya salut sama siswa ini, dengan berbagai keterbatasan dia tetap terus berusaha dan belajar dengan baik dan giat," lanjutnya.

Di akhir video, gurunya juga memberikan doa untuk kesuksesan siswanya di masa depan. "Semoga kelak kamu sukses, Pak yakin semua kesulitan yang kau hadapi hari ini akan mengkristalkan dirimu menjadi lebih baik juga kuat dalam menggapai cita-citamu," tutupnya.

3 dari 4 halaman

Menggalang Donasi

Unggahan itu langsung menarik perhatian warganet. Tak sedikit yang turut mendoakan kesuksesan Putra di masa depan. Warganet bahkan berharap ada yang berniat membantu Putra agar mendapatkan kebutuhan sekolahnya.

"Jadi pengen benerin hp lamaku biar dia pake,dia g patah semangat buat belajar wlopun harus kesekolah pake tas kresek," komentar seorang warganet.  "Semoga sukses d masa depan ya de aamiin," komentar warganet lainnya.

Sejumlah warganet bahkan ada yang menanyakan alamat dan menyarankan untuk menggalang donasi bagi Putra. "Min, open donasi yuk buat si bocah beli hp, tas, buku, sepatu dll. Serius nih min" tulis seorang warganet. Beberapa warganet lainnya turut mendukung dan berencana untuk menggalang donasi.

4 dari 4 halaman

10 Jurus Cegah Klaster Sekolah Tatap Muka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.