Sukses

Mau Pembeli Repeat Order? Lakukan 4 Hal Ini Sekarang!

Selain sosial media, kamu juga bisa melakukan penjualan lewat e-commerce. Dengan begitu, peluang untuk mencapai target pasar yang diinginkan bisa lebih luas lagi.

Liputan6.com, Jakarta Menjalankan bisnis atau usaha online memang susah gampang. Butuh sejumlah trik agar pembeli bisa melirik toko online kita dan membeli produk yang ditawarkan. 

Ketika sudah membeli, kita sebagai penjual nggak berhenti disitu saja. Perlu hal lain, agar pembeli repeat order alias datang lagi dan membeli lagi. 

Nah, buat kamu yang sedang menjalankan bisnis online, ada baiknya melakukan lima langkah berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Brand Image

Ingat tentang branding image? Ya, branding image atau citra merek adalah persepsi calon pembeli yang melekat diingatannya.

Untuk menciptakan brand image, kamu perlu melakukan beberapa cara. Mulai dari memberi nama atau label, logo, warna yang digunakan, hingga produk itu sendiri. 

Jika kamu menjual produkmu di sosial media, perlu dilakukan langkah efektif untuk meningkatkan traffic pelanggan. Misalnya mengunggah produk dengan konten video, artikel, dan jika perlu gunakan influencer untuk menarik pembeli. 

 

3 dari 5 halaman

2. Responsif

Kalimat pembeli adalah raja, memang sering didengar dalam dunia bisnis. Dan biasanya, pembeli enggan menunggu. Oleh karena itu, kamu harus responsif dan cepat tanggap untuk memberi jawaban atas kebutuhan mereka. 

 

4 dari 5 halaman

3. Pastikan Produkmu Berkualitas

Setiap pelaku usaha, pasti memiliki kesamaan terkait produk dengan pebisnis lain. Maka dari itu, lakukan diferensiasi. 

Misalnya dengan menghadirkan bahwa produk yang kamu jual benar-benar berkualitas dan layak dibeli. Jika produk yang kamu jual adalah makanan atau minuman, deskripsikan secara informatif tentang keunggulan produkmu. 

Lalu, lakukan pengecekan sebelum barang dikirim. Misalnya apakah produk sudah sesuai dengan pemesanannya, pengemasannya sudah benar, hingga pastikan juga alamat yang dituju nggak salah. 

 

5 dari 5 halaman

4. Survei Kepuasan Pembeli

Mungkin kamu menganggap ini adalah hal sederhana. Namun setiap pembeli sebenarnya memiliki keinginan dan persepsi yang berbeda. Oleh karena itu, setelah barang sampai, jangan lupa tanyakan pendapatnya terhadap tingkat kepuasannya terkait produk yang dipesan. 

Oh ya, selain sosial media, kamu juga bisa melakukan penjualan lewat e-commerce. Dengan begitu, peluang untuk mencapai target pasar yang diinginkan bisa lebih luas lagi. 

Jangan ragu untuk memulainya, apalagi kamu khawatir karena kehabisan kuota, lantaran harus update setiap hari. Tepis kekhawatiranmu sekarang! Kamu bisa memilih bahkan mengatur sendiri kuota internet, sesuai dengan kebutuhanmu. 

Dengan kuota internet suka-suka, kamu nggak perlu khawatir juga dengan masa aktif kartu dan kuota yang masih banyak. Yup, kamu tinggal atur sendiri kebutuhan internetnya. #YukSukaSukaYuk

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.