Sukses

8 Makanan Alternatif untuk Jaga Tulang Sehat

Tulang berperan dalam menyediakan struktur, melindungi organ-organ, menahan otot, dan menyimpan kalsium.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu bagian tubuh yang sering diabaikan kesehatannya adalah tulang. Ya, bagian tubuh ini bukan sekadar menjadi struktur yang membentuk tubuh kita saja. Lebih dari itu. 

Tulang berfungsi untuk melindungi organ-organ, menahan otot, mensistesis darah, dan menyimpan mineral seperti kalsium dan fosfor.

Nah, seiring bertambah usia, keadaan tulang juga akan terus berubah. Oleh karena itu, agar tulang tetap kuat, olahraga rutin penting untuk dilakukan. Kamu bisa melakukan joging, lompat tali, tenis, bola basket, dan sepak bola, atau sesuaikan jenis olahraga dengan kondisi fisikmu. 

Selain aktivitas fisik, kamu juga perlu memperhatikan makanan untuk tulang. Tidak hanya dari susu, kesehatan tulang juga dapat didukung oleh beragam makanan dan minuman lainnya seperti dikutip dari KlikDokter.

1. Yoghurt

Yoghurt kaya vitamin D yang dibutuhkan tulang. Rajin mengonsumsi yoghurt tiap hari dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium. Agar lebih sehat, pilih yoghurt yang plain dan tidak mengandung banyak gula.

2. Keju 

Keju termasuk salah satu makanan yang mengandung kalsium. Tidak perlu mengonsumsi terlalu banyak, cukup beberapa potong saja. Kamu dapat memilih keju cheddar sebagai opsi yang lezat.

3. Ikan Salmon

Salmon adalah salah satu makanan untuk tulang yang sehat. Ikan lezat ini diketahui mengandung asam lemak Omega-3 dan vitamin D. Pastikan kamu memilih ikan salmon yang segar agar tidak tercemar berbagai bakteri dan menyebabkan penyakit. Selain ikan salmon ada pilihan lainnya, yaitu ikan sarden dan tuna.

4. Bayam

Salah satu makanan untuk tulang yang baik adalah bayam. Tidak hanya kandungan kalsiumnya, sayur bayam juga sangat menyehatkan dengan serat, zat besi, dan vitamin A.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Ubi Jalar

Dikenal dengan istilah sweet potato dalam bahasa Inggris, ubi jalar menyimpan berbagai nutrisi untuk kesehatan tulang. Makanan ini juga mengandung magnesium dan potasium yang juga memegang peranan penting dalam menjaga kepadatan tulang.  

6. Tahu Putih

Bahan makanan yang sering kali disantap bersama sup dan tumisan ini ternyata baik untuk melindungi kesehatan tulang. Tahu putih memiliki kandungan kalsium dan isoflavon. Disebutkan dalam Research Gate, sifat estrogenik isoflavon memiliki efek sebagai antiosteoporosis, sehingga dapat membantu memperkuat tulang.

7. Walnut 

Ini sangat kaya akan omega-3 yang sangat bermanfaat untuk tulang. Menurut penelitian, asam lemak omega-3 dapat mencegah kehilangan massa otot dan tulang keropos selama proses penuaan. Selain Walnut, ada Chia Seed dan Flaxseed.

8. Buah Jeruk

Tambahkan variasi buah jeruk ke dalam makanan kamu. Selain menambahkan selera makan, buah jeruk juga mengandung vitamin C yang terbukti membantu mencegah keropos tulang. Satu buah jeruk mengandung sampai sekitar 88 mg vitamin C.

Konsultasikan juga pada dokter bila kamu memiliki riwayat alergi makanan tertentu atau keluhan seputar tulang.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini