Sukses

4 Hal yang Perlu Diketahui soal Kebersihan Tangan

Menjaga kebersihan tangan menjadi salah satu hal yang terpenting, terlebih di masa pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kebersihan menjadi salah satu poin utama dalam kehidupan sehari-hari, terlebih di masa pandemi Covid-19. Begitu pula dengan kebersihan tangan yang perlu menjadi perhatian banyak pihak guna mencegah penyakit.

Selain memakai masker dan menjaga jarak, di masa pandemi Covid-19 juga sangat disarankan untuk menjaga kebersihan dengan mencuci tangan. Upaya untuk terus menyuarakan kebersihan tangan juga digaungkan melalui Hari Cuci Tangan Sedunia yang jatuh setiap 15 Oktober.

Lantas, apa saya hal-hal terkait kebersihan tangan yang perlu diketahui? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari PinkVilla, Minggu, 17 Oktober 2021, berikut ini.

1. Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir

Kebersihan tangan adalah tentang membuat tangan Anda bersih baik dari lapisan luar maupun dalam. Sabun memiliki peran penting.

Anda tidak ingin tangan Anda terlihat bersih, tetapi bersih dalam arti sebenarnya. Maka, setiap kali Anda selesai dari toilet, atau akan menyentuh makanan apa pun, ingatlah untuk mencuci tangan dengan sabun dan air.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mencegah Risiko Penyakit

Bukan hanya Covid-19 yang tidak tahan sabun dan air, ada beberapa kuman penyebab penyakit lain yang juga dapat dibasmi dengan mencuci tangan. Kesehatan Anda ada di tangan Anda. Jadi, jika Anda sering mengalami diare, mual, dan muntah, ada yang salah dengan praktik kebersihan tangan Anda.

3. Lakukan dengan Benar

Sudah berbulan-bulan sejak melihat iklan mengajari cara mencuci tangan. Tetapi mungkin masih ada sebagian orang yang melewatkannya. Mencuci tangan bukan hanya tentang menggosok telapak tangan.

Pastikan untuk membersihkan celah di antara jari-jari Anda, bagian atas tangan Anda, dan kuku Anda dengan menggosokkannya ke telapak tangan Anda. Penting juga untuk menjaga kebersihan kuku, karena dapat menjadi gudang bakteri.

3 dari 4 halaman

4. Tak Perlu Berlebihan

Meskipun menjaga kebersihan tangan adalah kunci untuk menjaga kesehatan yang baik, ini sama sekali tidak berarti bahwa seseorang harus berada terus di depan wastafel. Segala sesuatu yang berlebihan lebih banyak merugikan daripada kebaikan.

Jaga kebersihan tangan dengan baik, tetapi jangan terlalu berlebihan, terutama jika Anda menggunakan pembersih tangan. Jika tidak, Anda dapat menjadi korban penyakit kulit.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Atasi Tangan Kering Akibat Sering Cuci Tangan Cegah Covid-

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.