Sukses

6 Cara Memotivasi Diri Sendiri Menurut Pakar Sains

Bagaimana Anda memulai aktivitas di pagi hari jadi salah satu yang memengaruhi kadar motivasi diri.

Liputan6.com, Jakarta Ada satu hari di mana Anda terbangun dengan motivasi penuh dan siap pergi hadapi dunia. Namun, terdapat juga hari lain ketika justru dorongan motivasi itu sama sekali absen.

Terlepas dari segala upaya terbaik, hasrat, kebiasaan, dan lingkungan, sebagai manusia, wajar mengalami naik-turun motivasi. Di waktu-waktu itulah Anda harus menemukan dorongan emosional untuk mencapai target yang baru.

Tujuannya bisa bermacam-macam, entah memulai bisnis, mencoba menurunkan berat badan, atau menghentikan kebiasaan buruk. Berikut cara memotivasi diri sendiri dengan berbagai teknik yang dikutip dari beragam sumber, Senin (1/11/2021).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Mulai Aktivitas di Pagi Hari

Menurut sebuah studi, lapor Health Psychology, lebih mudah membentuk kebiasaan di pagi hari saat kadar kortisol berada di puncaknya. Jadi, alih-alih mencoba menyesuaikan waktu olahraga setelah bekerja, lebih baik tingkatkan detak jantung dan sesuaikan waktu olahraga sebelum berangkat kerja.

3 dari 8 halaman

2. Ceritakan Tujuan Anda ke Teman

Dalam sebuah studi di Universitas Dominika, California, para peneliti menemukan bahwa lebih dari 35 persen responden mencapai tujuan mereka jika menuliskan atau membaginya dengan orang lain. Mereka kemudian bersama-sama memeriksa kemajuan di setiap minggunya.

Ide tersebut dapat menjalin kerja sama dengan teman yang juga bisa memberikan dorongan motivasi dan berbagi capaian.

4 dari 8 halaman

3. Atur Jadwal Harian

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Psychological Science, menetapkan tenggat waktu per hari akan memudahkan menghubungkan diri Anda di masa dengan dengan diri anda saat ini. Kebiasaan ini dipercaya bisa menginspirasi Anda untuk memulai pekerjaan.

5 dari 8 halaman

4. Berikan Afirmasi Positif pada Diri Sendiri

Apa yang sejalan dengan perasaan tidak termotivasi? Pikiran negatif. Cara mengembalikan keadaan ini adalah dengan mengatakan pada diri sendiri betapa hebatnya apa yang telah Anda lakukan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Medicine & Science in Sports & Exercise, pengendara sepeda yang mengulai afirmasi positif selama proses latihan yang sulit sebenarnya bisa bersepeda lebih lama daripada mereka yang tidak melakukan hal tersebut.

6 dari 8 halaman

5. Tetapkan Tujuan Khusus

Menurut American Psychological Association, orang-orang yang membuat jadwal dari beberapa hal kecil yang spesifik cenderung 90 persen lebih berhasil mencapainya. Jadi, saat Anda merasa kewalahan, bagilah tujuan Anda jadi tugas-tugas kecil.

7 dari 8 halaman

6. Percaya pada Diri Sendiri

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology, peneliti mengikuti 153 mahasiswa selama lima minggu. Pihaknya menemukan, mereka yang percaya bahwa kemauan merupakan sumber daya yang melimpah, cenderung tidak suka menunda-nunda waktu, dan menghabiskan sesuatu yang bersifat impulsif, memiliki nilai cenderung lebih baik.

Penulis : Azarine Natazia

8 dari 8 halaman

Infografis Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.