Sukses

Merasa Dikerjai Pihak Rental Mobil, Warganet Bagikan Tips Sewa Kendaraan

Pihak rental meminta uang ganti rugi karena ada lecet baru pada mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai destinasi wisata favorit banyak orang, banyak tempat menarik yang bisa dieksplor di Bali. Saat berlibur ke Bali, banyak wisatawan yang menyewa mobil atau motor untuk mobilitas selama di sana.

Menyewa kendaraan dinilai cukup efisien. Selain bisa melihat lebih banyak tempat wisata menarik dalam waktu cukup cepat, kita juga bisa menghemat pengeluaran selama liburan.

Sayangnya, ada saja oknum nakal yang menjebak para wisatawan dengan modus penipuan. Contohnya, seperti cerita yang dibagikan seorang wanita melalui akun TikTok @pichiepeachh.

Dalam beberapa video unggahannya, wanita ini bercerita pergi ke Bali bersama temannya dan memutuskan untuk menyewa mobil. Tiba saat waktu pengembalian, ternyata pihak rental meminta uang ganti rugi senilai Rp300 ribu.

Uang ganti rugi itu diminta karena mobil yang disewa jadi lecet setelah dikembalikan. Wanita ini dan temannya tak masalah dan membayarkan uang itu karena mengira itu memang kesalahan mereka.

Wanita ini kemudian kembali menyewa mobil di tempat yang sama, dan saat itulah ia menyadari adanya modus penipuan. Saat dikembalikan, pihak rental kembali meminta uang ganti rugi karena ada lecet baru pada mobil. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukti Video

Untungnya pada penyewaan yang kedua, wanita ini merekam semua bagian mobil yang lecet dengan detail. Memiliki bukti kuat bahwa lecet pada mobil sudah lama ada dan bukan mereka penyebabnya, wanita ini lantas tak mau membayar.

Ia juga menunjukkan bukti video yang ia rekam soal lecet di mobil itu kepada pihak rental. Pihak rental akhirnya tak jadi membebankan biaya ganti rugi Rp300 ribu pada mereka.

"Jadi kalau teman-teman ada yang mau sewa mobil di Bali, cek kondisi mobilnya sebelum kalian serah terima kunci," ucap wanita tersebut dalam video unggahannya. Video ini kemudian menarik banyak perhatian warganet.

Beragam komentar memenuhi unggahan ini. "Yoi. Penting banget buat direkam dulu kondisi mobil rentalnya," komentar seorang warganet. "Bukan di Bali aja, Mbak. Hampir semua rental pakai modus ini untuk mencari untung," tulis warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Cek di Tempat Terang

Salah satu video yang diunggah pada Selasa, 23 November 2021, sampai berita ini ditulis sudah dilihat lebih dari 649 ribu kali dan disukai lebih dari 47 ribu kali.  Dalam unggahan lainnya di hari yang sama, wanita ini mengusulkan agar pihak rental membuat daftar bagian mana saja dari mobil yang lecet sebelum diserahkan pada penyewa.

Hal itu kerap dilakukan di tempat servis mobil. Meski terkesan agak merepotkan, tapi bisa membuat penyewa lebih nyaman dan tidak timbul salah paham dengan pihak rental.

Dalam unggahan berikutnya, wanita ini menyarankan untuk mengecek kondisi mobil di tempat yang terang. Dan sebaiknya, jangan menyewa kendaraan di malam hari sehingga kondisi fisik mobil terlihat lebih jelas.

4 dari 4 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.