Sukses

Mengapa Putri Beatrice dan Putri Eugenie Berperingkat Lebih Tinggi dari Kate Middleton dan Meghan Markle?

Peringkat anggota keluarga Kerajaan Inggris ini berkaitan dengan aturan kuno yang berlaku sejak tahun 1500-an.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai menantu di Kerajaan Inggris, Kate Middleton dan Meghan Markle tidak hanya memberi hormat pada Ratu. Ketika keluarga kerajaan berkumpul, para bangsawan secara teknis memberi hormat pada putri kerajaan sejak lahir, seperti Putri Anne, Putri Beatrice, dan Putri Eugenie.

People melaporkan, Sabtu (18/12/2021), itu karena aturan prioritas yang pertama kali ditetapkan Ratu Elizabeth I pada 1595. Kebijakan kuno itu menempatkan kerabat sedarah raja di atas hampir semua orang lain dalam keluarga.

"Cucu menantu keluarga Kerajaan Inggris seperti Kate dan Meghan mendapat gelar mereka melalui pernikahan dan karena itu memiliki peringkat lebih rendah daripada mereka yang dilahirkan dalam gelar mereka," jelas Wendy Bosberry-Scott, editor Peerage & Baronetage di pakar kerajaan Debrett's.

"Pada dasarnya, hierarki ada untuk memastikan bahwa para putri yang terlahir dengan darah bangsawan, seperti Eugenie dan Beatrice, tidak didorong ke satu sisi," tambah juru bicara Debrett.

"Sejauh menyangkut publik, representasi yang paling terlihat adalah urutan di mana mereka berdiri di acara publik, atau urutan di mana mereka mungkin masuk atau meninggalkan ruangan, atau siapa membungkuk pada siapa," juru bicara melanjutkan.

Namun, aturan itu tidak serta merta membuat Kate dan Meghan selalu berada di peringkat lebih rendah dari kerabat mereka. Menurut aturan Elizabeth I dan House of Lords Precedence Act of 1539, pria hampir selalu didahulukan dari wanita, dengan pengecualian yang jelas dari Ratu Elizabeth II.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengecualian Aturan

Artinya, status Kate dan Meghan dalam keluarga secara efektif berkisar pada suami mereka, Pangeran William dan Pangeran Harry. "Ketika para istri bersama suami mereka, status mereka dinaikkan untuk mencerminkan fakta bahwa para pria hadir," tambah Bosberry-Scott.

"Karena laki-laki memiliki peringkat lebih tinggi daripada putri (Anne, Eugenie, dan Beatrice) mereka memiliki prioritas, dan peringkat yang lebih tinggi ini tercermin pada istri mereka, jadi mereka kemudian pindah ke depan," tuturnya.

Karena Duke of Cambridge adalah pewaris takhta kedua dan memiliki peringkat kerajaan lebih tinggi daripada Harry, itu juga secara teknis berarti Meghan harus menghormati Kate. "Kate mengunggulinya (Meghan)," sebut juru bicara Debrett.

"Tapi kami mengerti ini (penghormatan) tidak akan terjadi kecuali mereka bertemu di depan umum, dan kami tidak menyadari hal itu pernah terjadi," ucapnya.

Satu-satunya pengecualian untuk aturan kuno "bergelar karena menikah" ini mengelilingi Camilla, Duchess of Cornwall. Sebagai istri dari pewaris langsung takhta, wanita 74 tahun ini memiliki status lebih tinggi daripada Kate, Meghan, atau keponakan kerajaan, terlepas dari apakah Pangeran Charles ada di ruangan itu.

3 dari 4 halaman

Perubahan Drastis

Bosberry-Scott berkata, "Meski ia tidak menggunakan gelar, Camilla adalah Princess of Wales dan memiliki status lebih tinggi. Ini semakin ditunjukkan saat kita bergerak maju. Ratu telah pindah untuk menempatkan Camilla di atas cucu-cucunya dalam beberapa tahun terakhir, untuk mencerminkan fakta bahwa ia adalah istri raja berikutnya."

Meski demikian, posisi Camilla dalam keluarga kerajaan sebagian masih bergantung pada kehadiran fisik suaminya, karena ia secara teknis berada di bawah sepupu Ratu, Putri Alexandra, ketika Prince of Wales tidak hadir.

Posisi Camilla dan Kate juga akan berubah secara dramatis saat mereka akhirnya berperan sebagai permaisuri. Ketika ini terjadi, semua anggota wanita lain dari keluarga kerajaan harus membungkuk hormat pada keduanya, terlepas dari apakah mereka dilahirkan dalam keluarga kerajaan atau tidak.

Seorang teman keluarga bercerita, Duchess of Cambridge sudah siap beralih ke peran yang mendukung suaminya ketika saatnya tiba. "Ia siap untuk memakai 'sepatu' itu dengan mudah dan sangat cocok untuk pekerjaan itu," kata teman itu.

Kate "semakin mengesankan seiring berjalannya waktu," tambah sumber yang dekat dengan keluarga kerajaan. "Ia adalah wanita yang fokus dan profesional."

4 dari 4 halaman

Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.