Sukses

Pecinta Kuliner Wajib Coba 8 Restoran Paling Hits dan Lezat di Kota Tarakan

Tarakan memiliki beragam destinasi wisata kuliner yang lezat dan menggugah selera.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai kota terbesar di Kalimantan Utara, Tarakan memiliki beragam destinasi wisata kuliner yang enak dan menggugah selera. Ada beragam restoran, kafe dan street food hits yang bisa para pecinta kuliner datangi ketika berkunjung ke Kota Bumi Paguntaka ini.

Berikut ini adalah beberapa tempat makan yang bisa menjadi rekomendasi bagi kamu dan keluarga . Rencanakan makan bareng dan hangout jauh-jauh hari, terutama di tengah pandemi. Ingat, untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

1. Cascara Coffe

 

Setelah lelah berjalan-jalan menyusuri Kota Tarakan, enaknya bersantai sembari menyeruput kopi dan menyantap makanan ringan di kafe-kafe yang tersebar di kota ini. Salah satu kafe yang sangat nyaman di kota Tarakan adalah Cascara Coffe

Kafe ini menghadirkan konsep modern minimalis. Bagian dalam kafe dibuat tanpa sekat dan interiornya didominasi dengan warna putih sehingga menambah kesan luas. Ketika masuk, pengunjung bisa langsung bersantai di atas sofa-sofa yang sudah disediakan.

Pilihan Kopi Enak

Jika ingin langsung 'ngopi', beragam menu 'air hitam' sudah menunggu untuk dipesan. Ada menu yang umum ditemui di kafe lain seperti café latte, Vietnam drip, espresso hingga black coffee. Ada juga menu yang tidak biasa seperti black coffee latte. Ini adalah kopi yang disajikan dalam bentuk beku setelah didinginkan di lemari es. Kopi berbentuk es batu itu dimasukkan ke dalam gelas bersama susu disajikan secara terpisah. Pengunjung cukup menuangkan susu ke dalam gelas tersebut, tak berapa lama kopi beku akan mencair dan bercampur dengan susu sehingga jadilah latte dingin. Kafe ini juga menyediakan minuman non-kopi seperti lemon tea, mango squash leci squash. 

Menu Andalan 

Untuk menemani minum kopi, pengunjung juga bisa memesan menu makanan ringan seperti risoles, roti john atau omelet sandwich. Namun, jika sudah merasa lapar, menu makanan berat pun bisa didapatkan di sini, seperti chicken katsu ramen, mie kumpaw, yaitu mie dengan suwiran ayam plus kerupuk pangsit dan sosis goreng. Kafe ini juga menyediakan menu masakan tradisional berupa paket nasi ayam penyet, tempe penyet dan bakwan penyet.

Bagi yang penasaran dengan kafe ini bisa langsung datang ke Jalan Danau Jempang No 38, Kelurahan Pamusian, Kecamatan Tarakan Tengah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Restoran Gili Paulina

Wisatawan yang melancong ke Kota Tarakan tak perlu takut kelaparan karena di sini banyak tersedia banyak restoran dengan menu yang variatif. Bahkan ada yang buka hingga tengah malam, seperti Restoran Gili Paulina ini. Resto yang dikenal juga dengan nama Depot Gili Paulina ini didesain dengan interior berkonsep kafe. Resto ini menawarkan kenyamanan ketika pengunjung datang untuk makan di tempat.

Masakan Lokal dan Oriental

Restoran Gili Paulina menawarkan menu masakan lokal dan oriental, seperti nasi lalap, kwetiau goreng, ayam goreng mentega, ikan saus asam manis, fuyunghai, nasi goreng, mie goreng, ikan fillet dan ayam saus asam manis. Beragam minuman pun bisa dipesan untuk menemani makan.

Jika tak sempat datang ke restoran, menu-menu di Depot Gili Paulina juga bisa dinikmati menggunakan jasa pesan antar. Wisatawan tinggal menunggu santai di penginapan, makanan yang dipesan akan diantar langsung ke pemesannya.Gili Paulina juga bisa dinikmati menggunakan jasa pesan antar. Wisatawan tinggal menunggu santai di penginapan, makanan yang dipesan akan diantar langsung ke pemesannya.

Restoran Gili Paulina berada di Jl. Niaga No 27, Kelurahan Karang Balik, Kecamatan Tarakan Barat.

3. Restoran Lemakan Samudra

Tempat wisata kuliner yang berkonsep semakin digandrungi oleh para pelancong. Selain bisa menikmati lezatnya makanan yang disediakan, wisatawan juga bisa mendapatkan nuansa yang bagus saat berfoto di tempat tersebut. Lokasi kuliner seperti ini bisa ditemukan di Restoran Lemakan Samudra di Kota Tarakan.

Lemakan Samudra memanfaatkan garis pantai yang melingkari kota untuk memperkuat konsep restorannya. Bangunan Restoran Lemakan Samudra sengaja dibuat menjorok ke laut agar pengunjung bisa menikmati pemandangan laut ketika makan di dalamnya.

Selain desain bangunan dan interiornya yang modern, resto ini juga memiliki teras yang cukup luas di sekelilingnya dan dilengkapi dengan spot-spot untuk berfoto yang menarik. Tak heran jika restoran yang baru mulai beroperasi pada Juni 2019 ini banyak dijadikan lokasi berfoto oleh para pengguna akun Instagram.

Menu Andalan Lemakan Samudra

Menu khas resto ini adalah Udang Panko Osaka, yaitu udang goreng yang dibalut dengan lapisan tepung berbumbu dan tepung roti atau panko. Menu andalan lainnya seperti Lobster Madu, Cumi Cabai Garam, Udang Saos Butter, Kepiting Telur Asin dan Ikan Bakar Khas Lemakan Samudra. Selain makanan laut atau seafood, Restoran Lemakan Samudra juga menyediakan menu-menu lain seperti cap cay, ayam bakar, ayam goreng dan aneka nasi goreng.

Restoran ini terletak di Jalan Gajah Mada Kelurahan Karang Rejo Kecamatan Tarakan Barat.

 

3 dari 5 halaman

4. Bandar Seafood Jibe

Bandar Seafood Jibe Cafe & Resto sangat identik dengan tema laut, khususnya dalam olahannya. Konsep kafe dan restoran ini ditata ala oriental, dilengkapi dengan lampu berwarna kuning yang sengaja dipilih dengan alasan menciptakan rasa ketenangan.

Terdapat empat segmen ruangan di Bandar Seafood Jibe Cafe & Resto. Satu ruang yang sengaja di konsep khusus untuk memanjakan pelanggan. Ruang reservasi ini dapat dimanfaatkan untuk mengadakan acara tertentu, meeting maupun acara keluarga.

Masakan Semi Chinese Food

Menu yang ditawarkan di restoran didominasi makanan laut yang diolah menjadi masakan semi chinese food. Di waktu-waktu tertentu, di resto ini digelar hiburan live music yang membuat suasana makan semakin syahdu. Resto ini buka pukul 10 pagi hingga jam 1 malam. Bagi yang penasaran dengan resto yang satu ini bisa berkunjung ke Jalan Mulawarman Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan.

5. Kepitiing Soka Khas Kota Tarakan

 

Datang ke Kota Tarakan belum lengkap rasanya jika tidak menikmati Kepiting Soka. Kepiting jenis ini memang sangat khas sehingga tak salah jika dijadikan salah satu oleh-oleh dari Kota Tarakan.

Kepiting Soka merupakan oleh-oleh primadona khas Kota Tarakan. Kepiting ini disajikan matang setelah digoreng menggunakan tepung dan campuran wijen. Dalam satu kotak terdiri dari delapan ekor kepiting yang ukurannya tidak terlalu besar. Uniknya, Kepiting Soka bisa dimakan bersama dengan cangkangnya.

Kuliner khas Kota Tarakan ini bisa dinikmati langsung di tokonya yang juga merangkap sebagai resto di Jalan Cendrawasih, Karang Anyar, Tarakan Barat. Jika ingin dinikmati di tempat, kepiting akan digoreng matang sehingga bisa langsung disantap. Namun, jika hendak dibawa untuk oleh-oleh, kepiting hanya akan digoreng setengah matang dan bisa digoreng kembali saat akan dinikmati di tempat tujuan.

Di resto ini, Kepiting Soka juga disajikan dengan berbagai varian menu, seperti dengan saus asam manis dan saus lainnya. Selain menyediakan Kepiting Soka, di resto ini juga tersedia menu makanan lainnya. Misalnya, nasi goreng dan sup kepiting.

 

4 dari 5 halaman

6. Restoran B21

Di Kota Tarakan banyak ditemui restoran yang menyajikan makanan laut atau seafood. Wisatawan bisa mampir ke Restoran B21 untuk mencicipi beragam menu seafood khas Tarakan. Beragam olahan kepiting bakau, ikan laut dan bandeng tanpa tulang adalah incaran utama wisatawan. Restoran B21 menawarkan menu-menu olahan kepiting, sup ikan, bawal bakar hingga udang mayonnaise.

Porsi makanan yang disajikan di sini cukup banyak sehingga cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman seperjalanan. Selain menyajikan menu-menu utama, restoran B21 juga menjual makanan kecil seperti capit kepiting crispy, juga ikan segar untuk dibawa pulang sebagai buah tangan.

Restoran B21 buka dari jam 9 pagi hingga 11 malam untuk hari Senin-Sabtu. Restoran ini berada di Jalan Wijaya Kusuma Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Tarakan Barat, Kota Tarakan. 

7. Restoran Padang Ladang Indah

 

Masakan Padang adalah jenis makanan daerah yang bisa ditemui hampir di seluruh Indonesia, bahkan di luar negeri. Di Kota Tarakan masakan asli Minangkabau ini bisa dinikmati di Restoran Padang Ladang Indah.

Lokasi restoran ini sangat mudah dijangkau ketika wisatawan berjalan-jalan di Kota Tarakan. Jika kebetulan sedang mengunjungi tempat wisata Baloy Adat Tidung, Tugu Australia, atau sedang berbelanja di Pusat Oleh-oleh UMKM Center Kota Tarakan, wisatawan bisa mampir untuk mengisi perut di restoran ini.

Lokasi Restoran Ladang Indah memang berdekatan dengan tempat-tempat wisata tersebut. Restoran padang ini berada di Jalan Pulau Sumatera, Pamusian, Tarakan Tengah, Kota Tarakan. Beragam menu masakan Padang siap disajikan, seperti rendang, gulai ayam, gulai tunjang, beragam olahan ikan dan lainnya.

Restoran ini juga cocok untuk disambangi bersama keluarga. Sebab, Ladang Indah sudah menyiapkan fasilitas playground untuk bermain anak-anak, mulai dari perosotan, mainan kuda-kudaan dan mainan lainnya.

 

5 dari 5 halaman

8. Kaki Lima Streetfood Kekinian

Ketika melancong ke suatu daerah, terkadang wisatawan bingung memutuskan ingin makan apa. Selain belum memahami seluk-beluk daerah tersebut, bisa jadi karena wisatawan belum mengetahui jenis makanan apa saja yang direkomendasikan di daerah tersebut.

Di Kota Tarakan, permasalahan ini bisa diselesaikan dengan mengunjungi Kaki Lima Street Food Kekinian. Ini adalah salah satu destinasi wisata kuliner di Tarakan berbentuk foodcourt dengan konsep kafe. Beragam menu makanan tersedia di sini, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan, mulai dari menu lokal khas Tarakan hingga menu internasional.

Layaknya food court, Kaki Lima Street Food Kekinian memiliki area makan yang sangat luas, sekitar 200 meter persegi yang bisa memuat hingga 500 orang. Lokasinya berada di Jalan Kesuma Bangsa RT 31, Kelurahan Pamusian Kecamatan Tarakan Tengah, Kota Tarakan.

Tempat ini bisa juga dijadikan lokasi berkumpul untuk acara reuni, gathering maupun kopi darat komunitas. Dengan konsep kafe yang ber AC, membuat suasananya jauh lebih nyaman. Selain itu, bagian interior yang didesain bernuansa kayu palet dengan banyak gambar mural di dinding foodcourt, bisa dijadikan obyek foto yang Instagramable.

Di dalam Kaki Lima Streetfood Kekinian terdapat booth-booth yang menjajakan beraneka menu makanan. Ada hotplate, ayam geprek, aneka olahan mie, nasi goreng, hingga aneka olahan ikan yang khas Kota Tarakan. Beragam menu minuman juga tersedia di foodcourt ini. Mulai dari kopi, teh, soft drink dan lainnya.

Itulah 8 restoran hits di Tarakan dengan menu-menu makanan yang siap menggugah selera kamu. Sudah siap makan? Silahkan pilih restoran yang mau kamu tuju.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini