Sukses

Meluangkan Waktu 15 Menit untuk Menjaga Kesehatan Mental

Meluangkan waktu selama 15 menit untuk kesehatan mental dapat mengubah suasana hati Anda sepanjang hari.

Liputan6.com, Jakarta - Menyikat gigi dua kali sehari adalah upaya untuk mencegah pembentukan plak dan mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk perawatan ekstra. Ini hanya kebersihan yang baik, namun seberapa sering Anda mempraktikkan kebersihan kesehatan mental?

Menjaga kesehatan mental tak kalah penting dari kesehatan fisik. Psikolog klinis di Louisville, Kentucky Broderick Sawyer menyebut meluangkan waktu sekitar 15 menit setiap pagi untuk menjaga kesehatan mental Anda adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan semua orang.

"Ini adalah kesehatan mental yang setara dengan menyikat gigi sebelum Anda membutuhkan perawatan," kata Sawyer, dilansir dari CNN, Selasa (26/4/2022).

Kebersihan datang dalam bentuk penurunan kadar kortisol, hormon stres utama. Latihan harian yang disengaja untuk menghilangkan stres tidak hanya membuat Anda merasa lebih baik hari ini, penelitian menunjukkan itu dapat meningkatkan kesejahteraan Anda di kemudian hari.

Peningkatan kadar kortisol dapat menyebabkan sejumlah komplikasi kesehatan fisik, menurut penelitian pada 2020. Debuah penelitian dari 2016 menemukan bahwa pengaturan emosi telah terbukti meningkatkan ketahanan kesehatan di usia yang lebih tua. Sawyer telah mengumpulkan metode untuk kebersihan kesehatan mental.

Ia menjelaskan mengapa itu harus menjadi bagian dari rutinitas Anda dan bagaimana Anda dapat membangunnya ke dalam hidup Anda. Saat Anda stres dan kewalahan, meluangkan waktu 15 menit di pagi hari untuk relaksasi terdengar seperti rintangan lain dalam daftar tugas Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Luangkan Waktu

Sawyer menyebut penambahan itu akan membuat daftar lainnya lebih mudah untuk dilalui. "Ini bukan tentang saya tidak punya waktu, Anda punya waktu untuk banyak hal," katanya.

"Jika kita benar-benar bisa (melatih perhatian) sepanjang hari, maka kesehatan mental kita membutuhkan lebih sedikit energi kita," lanjut Sawyer.

Meluangkan waktu untuk mengatur ulang ruang mental Anda di awal berarti bahwa stres pada hari itu tidak menumpuk dengan yang sebelumnya. Sawyer menyebut, saat seseorang memulai hari dengan stres, itu sering kali menjadi dasar Anda kembali ke sisa hari itu.

"Memiliki praktik kebersihan kesehatan mental seperti membersihkan cermin Anda dan melihat ke dalamnya, dan Anda melihat ke dalamnya dan mengetahui apa yang ada dan bukan Anda," kata Sawyer.

Pemahaman tentang seperti apa perasaan dasar yang santai dan apa yang membuat Anda menjauh dari itu dapat membantu Anda memiliki kasih untuk diri sendiri dan orang lain yang mungkin juga cemas atau kesal. "Ketika kita melakukan hal-hal ini setiap hari, pada dasarnya kita 'berlatih merasa bahagia,'" kata Sawyer.

"Kemudian, pada gilirannya, ini bisa membuat kita merasa lebih percaya diri ketika situasi kehidupan yang penuh tekanan muncul -- karena kita melakukan pekerjaan yang baik dengan memberi nutrisi pada diri kita sendiri," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Cara Jaga Kesehatan Mental

1. Coba aktivitas baru

Langkah pertama dalam meningkatkan kebersihan kesehatan mental Anda adalah bereksperimen dengan kegiatan yang berbeda, apa pun yang membawa ketenangan dan menurunkan kortisol, kata Sawyer. "Hanya belajar merawat dan mengolah ruang batin itu dengan kesadaran," tambahnya.

Untuk memulai, sisihkan 15 menit di pagi hari setiap hari sebagai waktu untuk memperlambat dan dengan sengaja fokus pada kesejahteraan batin Anda. Hal-hal yang Anda isi waktu itu bisa jadi adalah hal yang Anda lakukan setiap hari tetapi dibuat lebih santai -- seperti meminum kopi pagi Anda perlahan dengan beberapa napas dalam-dalam atau menukar radio bicara dengan musik yang Anda nikmati dalam perjalanan, kata Sawyer.

Tapi itu juga bisa membantu mengubah keadaan, seperti duduk di luar, berjalan-jalan atau melakukan peregangan, tambahnya. Yang penting adalah terus mencoba aktivitas baru sampai Anda menemukan sesuatu yang cocok untuk Anda dan jangan berkecil hati jika perlu beberapa waktu untuk melihat manfaatnya.

2. Cari tahu perasaan Anda

Bagian penting dari eksperimen ini adalah membuat jurnal, kata Sawyer. Setelah mencoba aktivitas baru dalam 15 menit Anda, mencatat bagaimana perasaan Anda sesudahnya dan selama sisa hari itu dapat membantu Anda membedakan hal-hal apa yang paling cocok untuk Anda.

Apakah Anda lebih tenang sepanjang hari? Lebih berenergi? Lebih mampu menangani stres? Perasaan yang Anda cari mungkin berubah, tetapi tujuannya adalah untuk menumbuhkan perasaan dasar yang membantu Anda merasa lebih baik saat menjalani hari.

Menulis jurnal juga dapat membantu menjaga sikap positif jika Anda tidak segera mendapatkan hasil yang Anda harapkan dari latihan Anda, katanya. "Anda hanya melakukan semacam perjalanan ke hal-hal itu melalui latihan Anda sendiri yang secara intuitif mencoba berbagai hal. Kemudian jika tidak berhasil, tidak apa-apa dan tulis saja," kata Sawyer.

4 dari 4 halaman

3. Perhatikan yang Anda butuhkan pada waktu yang berbeda

Tidak ada satu tindakan yang akan berhasil sepanjang waktu, kata Sawyer. Ini dapat membuat perbedaan besar untuk mengawasi apa yang Anda butuhkan dalam konteks yang berbeda.

"Jadi, kalau hari kerja saya banyak rapat, mungkin saya perlu sedikit lebih ceria dan bersemangat. Mungkin saya perlu lebih fokus pada laser karena ini adalah hari menulis yang berat. Itu energi yang berbeda," kata Sawyer. Itu bisa berarti mengakhiri 15 menit Anda dengan segelas espresso pada satu hari atau melakukan meditasi konsentrasi di hari lain, tambahnya.

4. Tambahkan sepanjang hari sesuai kebutuhan

Akhirnya, 15 menit di pagi hari itu mungkin tidak tampak seperti tugas yang berat. Faktanya, Anda mungkin mulai mendambakan check-in dengan kondisi mental Anda di lebih banyak poin sepanjang hari.

Kapan pun itu terasa menyenangkan, tetapi setidaknya tiga hari seminggu, Sawyer menyarankan untuk menambahkan beberapa aktivitas fisik berdampak rendah, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau yoga. Ini juga membantu untuk menambahkan beberapa waktu untuk bersantai di penghujung hari jika Anda bisa, mematikan notifikasi kerja, menjauh dari layar dan meluangkan waktu untuk dekompresi, tambahnya.

"Begitu kami menemukan alat atau kumpulan alat itu untuk diri kami sendiri, kami kemudian menguasai seberapa baik kami menggunakannya," kata Sawyer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.