Sukses

6 Rest Area Instagramable di Sepanjang Jalur Mudik Lebaran

Selain untuk sejenak berhenti, sejumlah rest area di sepanjang jalur mudik Lebaran juga bisa dijadikan spot berfoto.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia kembali boleh melakukan mudik tahun ini. Arus mudik Lebaran 2022 pun dilaporkan mulai meningkat.

Mereka yang mudik di Pulau Jawa, terutama lewat jalur darat, mulai membanjiri tol menuju daerah tujuan masing-masing. Karena itu, pemandangan rest area yang disinggahi pemudik akan terlihat dalam beberapa minggu ke depan.

Selain untuk sejenak beristirahat, rest area juga bisa dijadikan spot berfoto, terlebih ada beberapa yang masuk kategori Instagramable. Berikut enam di antaranya seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (27/4/2022).

1. Rest Area KM 88 Tol Purbaleunyi, Jawa Barat

Pemudik yang tengah menempuh perjalanan dari arah Bandung menuju Jakarta, bisa mampir ke Rest Area Km 88 Tol Purbaleunyi. Di sini terdapat Masjid Al-Safar yang dirancang Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Dilansir dari situs web Jasa Marga, bentuk bangunan yang merupakan hasil dari riset Emil terhadap teori Folding Architecture alias lipatan memberi kesan unik pada rumah ibadah tersebut. Itu mengapa terdapat beberapa lekukan seperti origami dan ruang di dalamnya yang berbentuk segitiga.

Selain itu, rest area KM 88 juga dilengkapi spot wisata foto 3D. Hal itu bisa dimanfaatkan pemudik untuk melakukan swafoto atau mengabadikan momen bersama keluarga di tengah perjalanan mudik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Rest Area KM 66 Pandaan, Tol Surabaya-Malang, Jawa Timur

Jika melewati perjalanan dari arah Surabaya ke Pasuruan ataupun Malang, Anda bisa menyinggahi Rest Area KM 66A Pandaan. Rest Area itu terdiri dari beberapa fasilitas, seperti Masjid Ar-Rahman yang memiliki desain unik dan bisa jadi spot foto bersama keluarga.

Dari depan, masjid tersebut tampak berbentuk trapesium. Masjid diresmikan pada 29 Januari 2021 oleh Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk., Subakti Syukur. Pengguna jalan tol bisa memanfaatkan rest area ini untuk tempat beristirahat dan beribadah karena ini merupakan satu-satunya rest area di ruas Pandaan-Malang.

3. Rest Area Kledung di Temanggung menuju Wonosobo, Jawa Tengah

Rest area selanjutnya, yaitu Kledung di arah Temanggung menuju Wonosobo. Setiap pengendara yang berhenti di sana seakan-akan berada di objek wisata dengan pemandangan pegunungan yang menyegarkan.

Rest area Kledung Pass ini berada di kawasan yang diapit dua gunung: Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Dari Yogyakarta maupun Semarang, rest area Kledung ini berjarak sekitar tiga jam perjalanan. Lokasinya mudah dikenali karena berada di pintu masuk ke arah Wonosobo di bagian timur.

Rest area ini berada di ketinggian 2.000 mdpl, membuat pengendara yang mampir ke tempat ini akan disuguhi udara yang sejuk. Pengendara yang singgah juga bisa menikmati pemandangan sambil memesan teh hangat di warung yang ada di sekitar rest area.

3 dari 4 halaman

4. Rest Area KM 260B Heritage, Banjaratma, Brebes

Sedang ramai dibicarakan karena kemegahannya, rest area KM 260 B Heritage Banjaratma di ruas tol Pejagan–Pemalang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah menawarkan beberapa hal unik.

Bangunan itu dulunya merupakan bekas Pabrik Gula Banjaratma yang didirikan perusahaan perkebunan yang berpusat di Amsterdam, Belanda, NV Cultuurmaatschappij, pada 1908. Pabrik itu berada di Desa Banjaratma atau sekitar lima kilometer di sebelah barat Kota Brebes dan mulai beroperasi pada 1913.

Tidak hanya menyediakan tempat istirahat dengan fasilitas toilet dan masjid, rest area ini masih mempertahankan dua buah mesin penggilingan tebu, serta lokomotif bekas penarik bahan baku untuk membuat tampilannya begitu Instagramable.

Terdapat pula tempat bermain anak dengan berbagai wahana, seperti perosotan panjang bernama Serodotan Donat yang bertarif Rp15 ribu saat hari biasa dan Rp25 ribu ketika akhir pekan dengan dua kali kesempatan meluncur.

Selain itu, ada beberapa alternatif permainan anak lainnya, seperti mobil remote seharga Rp15 ribu per jam, becak mini Rp15 ribu, dan pasir lukisan.

4 dari 4 halaman

5. Rest Area Pendopo Km 456, Tol Semarang-Solo, Salatiga

Rest Area KM 456, Tol Semarang-Solo, Salatiga bisa menjadi salah satu alternatif pemudik untuk beristirahat dengan suasana baru. Berbeda dari rest area lainnya, tempat ini terasa seperti pusat perbelanjaan dengan beberapa merek branded, sekaligus kuliner dari sejumlah daerah.

Konsep bangunannya terinspirasi lanskap lima gunung yang ada di sekitarnya, yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, dan Gunung Ungaran. Mereka juga menyediakan Sky Deck dengan pemandangan hamparan sawah dan gunung yang cukup Instagramable.

Pemudik pun bisa beribadah di Masjid Resta Pendopo yang cukup luas. Lokasinya ada di gedung di jalur B lantai atas dengan kebersihan yang cukup terjaga.

6. Rest Area KM 360 Kampoeng Kopi Banaran, ruas Tol Semarang–Batang

Rest Area Instagramable terakhir, yaitu Rest Area Kampoeng Kopi Banaran yang terletak di Jalan Raya Bawen-Solo KM 1,5. Rest area itu bisa pemudik kunjungi ketika akan berlibur ke Solo.

Keunikan tempat beristirahat sekaligus objek wisata itu adalah lokasinya yang dikelilingi panorama tujuh gunung dan Rawa Pening. Mereka itu adalah Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Andong, Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Berbeda dari rest area sebelumnya, di tempat ini pemudik bisa menemukan empat restoran dengan ciri khas berbeda seperti Sky View, Banaran 9 Resto, Barbeque Camp, dan Sky Lounge. Mereka juga memiliki kolam renang hingga wisata keliling kebun kopi dengan luas areanya kurang lebih 400 hektare.

Tempat ini berada di ketinggian ketinggian 480–600 meter di atas permukaan laut (mdpl) sehingga memiliki suhu udara sejuk. Dari Gerbang Tol Bawen, pemudik bisa mengambil arah kiri ke arah Kota Salatiga, tepatnya di Jalan Raya Semarang–Solo KM 35.  (Natalia Adinda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.