Sukses

Kamu Sedang Merasakan Mental Block dalam Pekerjaan? Begini lho Cara Mengatasinya!

Mental block itu merupakan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi dengan jelas yang mengakibatkan kamu nggak bisa menyelesaikan alur pemikiran yang akan diungkapkan atau dikerjakan.

Liputan6.com, Jakarta Kamu pernah merasakan tiba-tiba nggak bisa berpikir secara mendadak? Atau kamu nggak bisa mengeluarkan sebuah ide ketika sedang meeting? Awas! Mungkin ini salah satu tanda kamu sedang mengalami mental block lho.

Perlu kamu tahu sebelumnya, mental block itu merupakan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi dengan jelas yang mengakibatkan kamu nggak bisa menyelesaikan alur pemikiran yang akan diungkapkan atau dikerjakan. Ditambah ketika kamu nggak bergairah saat bekerja, terlalu sensitif, emosi yang berlebih, dan juga mendapatkan diri kamu terjebak dalam tekanan psikologis yang hebat. Semua itu bisa menjadikan penyebab dari mental block lho.

Nah, kalau kamu mengalami itu semua, kamu harus segera ya mengatasinya. Mau tahu caranya gimana? Begini caranya!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Coba Menulis Bebas

Ketika kamu merasa mentok, coba mulai untuk menulis tentang apa yang ada di pikiran kamu ya. Cara ini biasa disebut sebagai free writing dan cara ini pula cukup efektif lho buat mengatasi mental block. Biasanya, cara ini dipakai oleh penulis untuk melakukan tukar pikiran tentang plot apa yang akan diciptakan dan dihidupkan kembali dala proses berpikir.

Kamu cukup luangkan waktu 10 hingga 15 menit dan tulis semua yang kamu pikirkan, baik yang terkait maupun yang nggak terkait dengan pekerjaanmu. Ini mungkin dimulai sebagai halaman kosong, tetapi ide akan segera mulai mengalir.

3 dari 4 halaman

2. Selesaikan Tugas Kecil

Jika kamu merasa kewalahan dengan betapa sedikitnya kemajuan yang kamu capai, istirahatlah dan kerjakan tugas-tugas kecil terlebih dahulu. Dengan menyelesaikan beberapa tugas kecil, kamu bisa mengembangkan momentum dan kepercayaan diri untuk mengatasi mental block.

Melihat apa yang sudah kamu kerjakan sebelumnya juga bisa bantu kamu mendapatkan pencerahan akan perspektif tentang kenapa mental block bisa terjadi lho. Dengan ini, kamu bisa memikirkan tentang cara yang efektif dan efisien dalam bekerja untuk hari esok yang akan datang.

 

4 dari 4 halaman

3. Buat Ruang Kerja yang Nyaman

Rapih dan bersihnya ruang kerja bisa berpengaruh terhadap kinerja dan mood kamu di tempat kerja lho. Punya ruang kerja yang rapi dan tertata pasti akan meningkatkan produktivitas dan fokus kamu deh.

Ya, kalau masih mentok juga, kamu bisa ubah view ruang kerja kamu ya. Terkadang, tempat memiliki peran yang penting dalam mempengaruhi mood kamu dalam bekerja.

Jika kamu terus menerus frustrasi atau menunda-nunda pekerjaan, mungkin kamu merasa nggak nyaman dengan lingkungan kerja kamu saat ini. Solusinya, kamu bisa pindah bekerja ke kedai kopi atau resto yang nyaman untuk mengatasi mental block ya!

Nah, itu dia caranya kamu mengatasi mental block ya! Dan jika kamu masih merasa mengalami kondisi ini serta semakin sulit untuk dikendalikan, kamu bisa konsultasikan dengan psikolog atau psikiater yang sudah profesional.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini