Sukses

Cara Membuat Sop Kambing yang Nikmat

Simak dua kreasi untuk membuat sop kambing yang siap menggugah selera.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah perayaan Iduladha 2022 yang jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022, sudah terpikir untuk mengolah daging kambing kurban? Jika belum, Anda dapat berkreasi dengan memasak sop kambing yang menggugah selera.

Salah satu sajian yang dapat Anda olah di rumah adalah sop kambing Betawi. Makanan ini dapat Anda sajikan untuk makan siang bersama keluarga tercinta.

Lantas, seperti apa resep membuat sop daging kambing? Simak rangkuman selengkapnya seperti dikutip dari berbagai sumber berikut ini.

Sop Kambing Betawi

Resep kreasi Anna Marbun dari Cookpad.

Bahan-bahan:

1,5 liter air bersih secukupnya

Beberapa tomat segar, dipotong-potong

1 liter susu full cream

1 buah jeruk limau

Emping goreng

Daun bawang

Daun seledri

Daun salam

4 lembar daun jeruk purut

1/2 bungkus MSG (opsional)

2 sdm minyak sayur untuk menumis

2 batang serai

5 cm lengkuas

Bawang goreng secukupnya

1 sdt merica bubuk

Kecap manis secukupnya

Garam secukupnya

Wortel secukupnya (dipotong-potong)

Kentang secukupnya (dipotong-potong)

 

Bumbu halus:

6 siung bawang putih

6 siung bawang merah

4 cm kayu manis

3 butir cengkeh

3 cm jahe

5 butir kemiri

3 buah kapulaga

1 sdm merica

1 butir biji pala

 

Langkah pembuatan:

1. Potong daging kambing kecil-kecil.

2. Masak satu liter air dan setelah air mendidih masukan daging kambing. Setelah kira-kira 15 menit, buanglah rebusan air ini untuk mengurangi atau menghilangkan bau pada kambing dan juga lemak.

3. Rebus lagi daging dengan dua liter air hingga daging empuk

4. Ambil 1 liter air rebusan kuah kambing dan campurkan susu full cream. Setelah itu, masukkan di sini daun salam dan juga daun jeruk. Masukan juga sereh dan langkuas yang telah dimemarkan terlebih dulu.

5. Bumbu yang telah dihaluskan, silakan ditumis dengan minyak sayur atau zaitun sampai matang dan harum

6. Terakhir, masukkan hasil tumisan bumbu tadi ke dalam rebusan, tomat dan campuran susu. Aduk-aduk hingga rata betul. Apabila sudah tercampur dan daging kambing sudah benar-benar empuk, siap dihidangkan.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sop Daging Kambing Kuah Bening

Resep dikutip dari Fimela.com.

Bahan-bahan:

500 gram daging kambing

1 buah wortel atau kentang, potong-potong

1 buah lobak, potong-potong

Air secukupnya

6 siung bawang putih

8 siung bawang merah

1 sdt lada butir

2 butir kapulaga

2 buah cengkeh

3 cm jahe, memarkan

1 batang kayu manis

1 buah kembang lawang

2 batang daun bawang prei, potong-potong

2 batang seledri

1 buah tomat, belah jadi empat

1/2 sdt pala bubuk

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Lada bubuk secukupnya.

 

Langkah pembuatan:

1. Rebus daging kambing dengan lobak hingga matang. Potong-potong mengikuti seratnya. Sisihkan.

2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun bawang, kapulaga, cengkeh, jahe, kembang lawang dan kayu manis. Tumis sebentar hingga aromanya harum.

3. Masukkan daging kambing. Tuang air secukupnya. Masak hingga mendidih.

4. Masukkan wortel, pala bubuk, garam, gula dan lada bubuk secukupnya. Masukkan seledri, masak hingga daging kambing empuk. Jika sudah empuk, masukkan potongan tomat.

5. Tes rasa, jika sudah pas, angkat. Sajikan sop daging kambing dengan nasi hangat.

3 dari 4 halaman

Cara Menyimpan Daging dalam Kulkas agar Tahan Lama

1. Jangan Dicuci

Sebaiknya daging jangan dicuci sebelum disimpan karena bila dicuci dapat membuat aroma prengus kian kuat. Selain itu, air yang meresap ke dalam serat akan membuat daging lebih mudah rusak.

2. Potong sesuai selera

Potong-potong daging sesuai selera karena mencairkan daging beku yang berukuran lebih kecil tentu lebih mudah. Selain itu, daging yang lebih kecil juga memakan lebih sedikit tempat di lemari es.

3. Catat tanggal

Penting untuk mencatat tanggal saat daging dimasukkan ke dalam kulkas. Catatan itu tentu akan jadi pengingat untuk memilih mana daging yang harus dimasak terlebih dulu.

4. Wadah kedap udara

Masukkan daging ke dalam wadah kedap udara. Pastikan wadah atau kantong plastik yang digunakan berbahan food grade, karena wadah ini akan bersentuhan dengan daging hingga berbulan-bulan. 

5. Pencairan

Jangan dicairkan daging di suhu ruangan. Daging yang sudah bersentuhan dengan udara luar akan mulai bereaksi terhadap bakteri. Sebaiknya pindahkan daging ke luar freezer. Letakkan di rak yang suhunya lebih rendah agar daging mencair tanpa kehilangan suhu dinginnya.

 

4 dari 4 halaman

6. Bekukan Daging

Daging sapi memiliki daya tahan yang berbeda dengan daging ayam. Daging sapi bisa disimpan di freezer dengan suhu di bawah -18 derajat Celciua selama maksimal 6--12 bulan. Tujuan pembekuan agar bakteri di dalam daging tidak akan bereaksi sehingga daging awet secara alami.

Menurut Foodsafety, anjuran untuk menaruh daging yang tepat yakni di bawah temperatur 40 derajat Celcius, semakin dingin dari itu akan lebih baik. Rentang temperatur dua derajat Celcius sampai dengan lima derajat Celcius dianggap memiliki suhu yang tepat untuk menyimpan daging.

Selain itu, ada baiknya untuk tidak mencampurkan daging dengan makanan olahan lain di dalam kulkas. Anda bisa menggunakan wadah tertentu untuk menyimpan daging supaya tidak terkontaminasi bakteri lain.

Daging sapi dan domba juga dianggap mampu bertahan hingga tiga sampai lima hari untuk layak dikonsumsi. Walaupun disimpan pada kulkas, ada baiknya jangan dibiarkan terlalu lama supaya bisa dikonsumsi dalam keadaan yang baik dan segar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.