Sukses

Sosok Caroline Calloway, Ratu Penipu Instagram yang Jadi Pemimpin Sekte Online

Caroline Calloway digambarkan sebagai "influencer Instagram pertama" oleh pengikut setelah jadi salah satu pengguna pertama yang memanfaatkan "kehidupan dongeng" online-nya.

Liputan6.com, Jakarta - Caroline Calloway membangun pengikut penggemar online layaknya sekte yang bermimpi jadi temannya dan menjalani gaya hidup Instagram yang glamor. Namun kenyataannya, Calloway adalah seorang "ratu penipu" yang mengaku telah mengeksploitasi 850 ribu pengikut untuk keuntungannya sendiri.

Penggemar Instagram merasa tertipu setelah ia berbohong tentang hidupnya dan mundur dari acara meet and great, yang ditarifkan seharga 165 dolar AS (sekitar Rp2,4 juta) per tiket, melansir The Sun, Jumat, 29 Juli 2022. Setelah dilabeli sebagai "penipu," Calloway tanpa malu-malu mengadopsi gelar tersebut.

Ia bahkan menjual produk bermerek "snake oil," mengacu pada kelicikannya. Perempuan berusia 30 tahun asal Falls Church, Virginia, AS itu kini telah mundur dari media sosial, tapi kehidupan liarnya diceritakan kembali dalam film dokumenter BBC Three My Insta Scammer Friend.

Calloway digambarkan sebagai "influencer Instagram pertama" oleh pengikut setelah jadi salah satu pengguna pertama yang memanfaatkan "kehidupan dongeng" online-nya. Ia sekolah di Universitas Cambridge dan dengan cepat mengumpulkan banyak penggemar Amerika yang bermimpi menikmati pemandangan Inggris dalam foto-fotonya.

Dalam unggahan, ia berbicara tentang kerinduan untuk "pembaca menua bersama saya," melihatnya jatuh cinta, patah hati, dan menikah. Itu menyebabkan "obsesi seperti sekte" dari penggemar, termasuk Genevieve Wheeler, yang mengakui, "Saya (menilai dirinya) 10 dari 10 terobsesi dengan Caroline Calloway."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Beli Pengikut

Lebih lanjut Wheeler berkata, "Ia menyukai unggahan Anda dan rasanya (bahagia) seperti pagi Natal, itu adalah hal terbesar di dunia.” Penggemar lainnya, Caitlin Vickers, menambahkan, "Saya pasti akan mengatakan bahwa saya kecanduan. Saya sangat ingin menjalani kehidupan itu."

Tidak mereka sadari bahwa mereka tidak menemukan akunnya secara tidak sengaja. Itu semua adalah bagian dari rencana Calloway untuk menumbuhkan pengikut. "Saya membeli 20 ribu pengikut dan saya membayar iklan sebelum iklan jadi sesuatu," katanya pada Confused Podcast Matt D'Elia pada 2019.

Ia menyatakan, "Saya menargetkan fandom buku, seperti Harry Potter, Divergent, dan Hunger Games, karena saya ingin lebih banyak pembaca, bukan pengikut."

Selain itu di kampus, Calloway berkencan dengan pemain polo, Oscar, selama sekitar tiga tahun hingga 2017 dan mengisi unggahannya dengan kisah romantis saat mereka bersama. Ketika putus, ia tanpa henti mengunggah tentang sakit hatinya, meski kemudian terungkap bahwa ia berselingkuh setidaknya sekali.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Tuduhan Cyberbullying

Akhirnya, Oscar meminta Calloway untuk berhenti membicarakannya. Juga, berhenti menandai pacar baru Oscar, yang jadi sasaran penggemar bintang media sosial itu. Ia menulis, "Caroline, sudah lebih dari setahun sejak kami putus, jadi saya pikir sangat tidak pantas jika Anda terus menulis tentang hidup saya, termasuk menyebutkan nama pacar saya."

Oscar menandatangani komentarnya dengan menyatakan, "Ini bukan seni, ini cyberbullying. Tolong hentikan." Tapi, ia tidak melakukannya dan terus menyebut nama mantan pacarnya itu di cerita selanjutnya.

Saat berusia 23 tahun, banyak pengikut Calloway membantunya mendapatkan kesepakatan buku senilai 500 ribu dolar AS, yang disertai dengan uang muka 165 ribu dolar AS. Namun, memoarnya tidak pernah terwujud dan ketika penerbit membatalkan kontraknya, ia mengaku telah menghabiskan semua uangnya.

Kemudian, Calloway mencoba menjual akses ke 34 halaman yang telah ia tulis seharga 20 dolar AS per unggahan. Lalu, mulai menagih seribu dolar AS untuk sebuah shout-out di Instagram Story-nya.

4 dari 5 halaman

Pulang ke AS

Setelah lulus pada 2016, Calloway pindah ke apartemen mewah di West Village, New York. Dalam upaya membayar penerbitnya, ia mulai menjual karya seni, yang digambarkan sebagai "dua titik cat dan payudara wajah tersenyum" karya penulis New York, Sophie Ross.

Ia menambahkan, "Ia menagih lebih banyak dan lebih banyak lagi setiap kali merilis lukisan-lukisan ini." 

Pada 2018, Calloway meluncurkan tur AS di mana ia berencana menghabiskan waktu bersama penggemar, membuat mahkota bunga dan berbicara dengan mereka selama enam jam "lokakarya kreatif." Ia menjual tiket masing-masing seharga 165 dolar AS, yang diakui pengikutnya, Abigail Scott, sebagai "cukup mahal."

Ia membatalkan tanggal tur dan mencoba membujuk penggemar untuk melakukan perjalanan ke berbagai negara bagian untuk menghadiri acara tersebut. Penggemar yang marah menulis surat terbuka yang mencap Calloway sebagai "penipu," yang jadi viral, dan ketika hidupnya hancur, ia mencoba menjual kaus seharga 20 dolar AS yang menyebut mereka "mengikuti kebencian."

Akhirnya, Caroline mengembalikan uang mereka yang tidak dapat menghadiri acaranya. Tapi, ia kemudian mencoba memanfaatkan dicap sebagai "penipu" dengan memulai kembali bengkelnya, yang diberi nama The Scam dan menjual "snake oil" secara online.

5 dari 5 halaman

Hobi Menipu

Pada 2019, sambil merenungkan masa-masa sulit dalam sorotan, Calloway berkata, "Sejarah akan selalu memiliki penipuan yang melekat pada nama saya, jadi saya mungkin harus terima saja. Hobi saya termasuk menipu, dan saya yang terbaik dalam hal itu karena saya tidak pernah tertangkap. Banyak penipu yang dipenjara, karena itulah saya yang terbaik."

Ketika situasi keuangan Caroline semakin memburuk, ia mengaku terlalu miskin untuk naik transportasi umum, yang pada saat itu berharga 2,75 dolar AS per perjalanan. Ia membagikan barang dagangannya, termasuk jumper seharga 95 dolar AS dan kaus 48 dolar AS yang diberi judul, "Saya benar-benar membutuhkan kalian untuk membeli barang ini."

Calloway juga meluncurkan akun OnlyFans di mana ia dilaporkan memperoleh 100 ribu dolar AS untuk melunasi uang muka enam digit pada mantan penerbitnya. VICE News menemukan dari dokumen pengadilan bahwa ia tidak membayar sewa apartemen mewahnya dan berutang lebih dari 40 ribu dolar AS (sekitar Rp595 juta).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.