Sukses

Sederet Layanan Kereta Panoramic di Dunia, Indonesia Segera Menyusul

Kereta panoramic pertama di Indonesia masih dalam proses modifikasi dan akan melakukan serangkaian pengujian sebelum resmi beroperasi.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia akan segara punya kereta panoramicIstilah "kereta panoramic" sendiri digunakan untuk kereta wisata yang terkenal nyaman dengan jendela panorama. Fitur itu memungkinkan penumpang melihat pemandangan menawan di luar jendela secara lebih leluasa, mengingat jendelanya lebih besar daripada kereta pada umumnya.

Sebelum Indonesia, sejumlah negara di dunia sudah lebih dulu punya kereta panorama. Salah satu yang paling terkenal dengan kereta panoramic-nya adalah Swiss. Jalur kereta-kereta itu memungkinkan pelancong terpesona akan pemandangan gunung yang menakjubkan.

Tidak ketinggalan gletser dan danau kristal nan spektakuler, serta berkendara melalui desa-desa di lembah yang tenang. Swiss terkenal dengan panorama menakjubkan yang berubah seiring musim, dan kereta panorama menyediakan cara yang unik, tenang, dan menenangkan untuk menikmatinya, melansir Lodge Destinations, Selasa (23/8/2022).

Ada beberapa pilihan kereta panoramic untuk jelajah Swiss. Golden Pass Panoramic MOB, yang beroperasi dari Montreux di Danau Jenewa ke Zweisimmen di Bernese Alps, adalah salah satu di antaranya.

Rutenya membuat penumpang akan melewati padang rumput hijau subur, dibingkai puncak Alpine yang megah. Kereta ini juga tersedia dalam edisi retro untuk perjalanan abadi dalam suasana romantis.

Kemudian, ada juga The Glacier Express. "Kereta ekspres paling lambat di dunia" ini menghubungkan resor terkenal St-Moritz dan Zermatt, menempuh jarak 291 km dalam delapan jam dengan kecepatan rata-rata 36 km/jam.

Kereta melintasi Pegunungan Alpen, melewati 91 terowongan dan 291 jembatan, dari Matterhorn yang spektakuler hingga Ngarai Rhine yang memesona. Karena jendela atap, Anda dapat mengagumi pemandangan yang menakjubkan saat berada di dalam kereta.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pantai Barat Amerika Serikat

Pengalaman naik kereta panoramic juga bisa dijajal di Amerika Serikat. Di sepanjang Pantai Barat AS, jalur kereta api sepanjang 2.200-an kilometer membentang dari Seattle ke Los Angeles, rute yang sering disebut sebagai salah satu perjalanan kereta api terindah di Amerika, lapor CNN.

Rute, yang disebut Coast Starlight, membutuhkan total 35 jam untuk melewati negara bagian Washington, melintasi Oregon dan menyusuri garis pantai California. Situs web layanan kereta panorama, Amtrak, menyebutnya sebagai "Petualangan kereta pantai barat yang tiada dua."

Pencarian daring pun menunjukkan sejumlah blog perjalanan dan video YouTube yang memamerkan pemandangan indah di sepanjang jalan. Saat kereta menjauh dari Seattle, siluet Gunung Rainier yang menjulang dan puncak vulkanik datarnya yang khas di kejauhan segera terlihat.

Pelancong kemudian melewati hutan Pacific Northwest yang rimbun dengan pohon cemara Douglas dan pohon hemlock. Ada juga pemandangan ladang basah yang ditutupi ratusan labu, selain penumpang juga akan mendapati ragam kegiatan sehari-hari warga lokal di sepanjang jalur.

Penumpang juga melewati kota-kota kecil dan pusat industri: pabrik kayu, pabrik daur ulang, dan gudang yang berisi tumpukan jerami dan kayu. Selama musim panas ketika hari-hari membentang lebih lama, penumpang dapat melihat sekilas air terjun di dekat Portland, atau pemandangan hutan saat kereta mendaki Cascades dan melalui Lembah Sungai Sacramento yang curam.

Saat melewati bagian utara negara bagian California, ladang dan rawa yang tergenang air digantikan pohon palem dan nelayan di sekitar Teluk San Pablo. Pada satu titik, rel kereta begitu dekat dengan pantai sehingga tampak seperti meluncur langsung di atas air, tidak ada apa-apa selain ombak biru di luar jendela.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Ada Juga di India

India juga punya kereta panoramic. Sejak April 2022, penumpang kereta api India yang bepergian antara Mumbai dan Gandhinagar dapat menikmati "Pengalaman perjalanan yang ditingkatkan dan pemandangan panorama yang belum pernah ada sebelumnya," menurut Financial Express.

Western Railway telah memperkenalkan gerbong kereta Vista Dome di rangkaian kereta Gandhinagar Capital Shatabdi Express. Jendela kaca besar dan atap kaca di gerbong Vista Dome memberi pemandangan panorama rute yang indah bagi penumpang yang bepergian.

Dalam upaya menawarkan pengalaman perjalanan yang ditingkatkan pada penumpang Shatabdi Express, zona Western Railway dari jaringan Kereta Api India telah memutuskan memperkenalkan satu Vista Dome ke kereta Nomor 12009/12010 Mumbai Central – Gandhinagar Capital Shatabdi Express.

Di gelombang pertama, kereta api itu dioperasikan pada 11 April hingga 10 Mei 2022. Menurut pernyataan, Vista Dome baru Mumbai – Gandhinagar Capital Shatabdi memiliki beberapa fitur dan fasilitas modern, termasuk atap kaca, jendela kaca besar, ruang observasi, serta kursi berputar.

Di gerbong Vista Dome, kapasitas tempat duduk adalah 44 penumpang. Mereka rencananya akan menambah rute gerbong kereta panoramic itu ke depannya.

4 dari 4 halaman

Kereta Panoramic Indonesia

Sementara itu di Indonesia, PT KAI (Persero) baru saja melakukan modifikasi dari kereta kelas eksekutif biasa jadi kereta panoramic. Kereta tersebut jadi kereta panoramic pertama di Indonesia, seperti dilaporkan kanal Bisnis Liputan6.com.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan bahwa saat ini pihaknya belum bisa memberikan informasi lebih lanjut terkait kapan kereta beroperasi, juga harga tiketnya. "Dikarenakan kereta tersebut masih dalam proses restorasi, dan masih dalam perubahan interior, perbaikan-perbaikan, baik interior maupun eksterior, serta belum selesai proses pengujian,” kata Joni.

Narasi serupa diutarakan Balai Pengujian Perkeretaapian. Di akun Twitter-nya, baru-baru ini, pihaknya menjelaskan bahwa kereta panoramic masih belum bisa beroperasi secara resmi, lantaran harus melewati tahap pengujian.

"Halo #SobatBalaiPengujian! PT. KAI (Persero) baru saja melakukan modifikasi dari kereta kelas eksekutif biasa menjadi kereta panoramic pertama di Indonesia. Pengen cobain ya? Eitss sabar, sebelum beroperasi harus uji pertama dulu ya!" cuit mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.