Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Indonesia Termasuk Penghasil Sampah Makanan Terbesar di Dunia, Kemenparekraf Gandeng Jaringan Hotel dan Surplus

Top 3 Berita Hari Ini, Indonesia penghasil sampah makanan terbesar di dunia, Ragil di Elang Jawa dan kamar mandi terbuka.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang penanganan sampah makanan (food loss and waste) di sektor pariwisata. Berdasarkan data The Economist Intelligence, Indonesia tercatat sebagai salah satu negara penghasil sampah makanan (food loss and waste) terbesar di dunia, selain Arab Saudi, dan Amerika Serikat.

Menurut kajian Bappenas sampah makanan yang terbuang di Indonesia pada 2000---2019 mencapai 23--48 juta ton per tahun atau setara 115--184 kilogram per kapita per tahun.

Besarnya kuantitas makanan yang terbuang menjadi sampah tentu berdampak terhadap beberapa sektor seperti ekonomi, sosial, dan lingkungan. Berita kedua yang banyak diminati adalah tentang Gunung Halimun Salak ketambahan seekor penguasa langit baru.

Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) yang dinamai Ragil baru saja dilepasliarkan untuk memperingati HUT ke-77 RI dan Hari Konservasi Alam Nasional pada 19 Agustus 2022.Elang jawa berkelamin jantan itu dilepasliarkan di Blok Citahalab, Resort Pengelolaan TN Wilayah Cikaniki, Seksi Pengelolaan TN Wilayah II Bogor.

Ragil diserahkan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah pada 31 Agustus 2021. Berita ketiga yang banyak menarik perhatian adalah tentang akomodasi bergaya resor di Maladewa. Kamar mandi di sana berkonsep terbuka.

Kamar mandi terbuka mulai menarik perhatian di akhir 2000an dengan sejumlah hotel kosmopolitan di seluruh dunia mengubah ruang kamar dengan kamar mandi dan tempat shower yang bisa terlihat dari tempat tidur.

"Saya dulu menghabiskan banyak waktu di Kosta Rika dan gagasan tentang kamar mandi dalam dan luar ruangan hanyalah bagian dari kebiasaan sehari-hari di sana," kata Jessica Shaw, Direktur Desain Interior di The Turret Collaborative. Simak bahasan ketiga berita tersebut dalam Top 3 Berita Hari Ini berikut ini.

Indonesia Termasuk Penghasil Sampah Makanan Terbesar di Dunia, Kemenparekraf Gandeng Jaringan Hotel dan Surplus

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meminta pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk aktif berperan dalam penanganan sampah makanan (food loss and waste) di sektor pariwisata. Berdasarkan data The Economist Intelligence, Indonesia tercatat sebagai salah satu negara penghasil sampah makanan (food loss and waste) terbesar di dunia, selain Arab Saudi, dan Amerika Serikat.

Catatan tersebut juga didukung dari hasil kajian Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dengan sejumlah lembaga mengenai hasil studi komprehensif terkait Food Loss and Waste (FLW) di Indonesia pada 2021. Menurut kajian tersebut, sampah makanan yang terbuang di Indonesia pada 2000---2019 mencapai 23--48 juta ton per tahun atau setara 115--184 kilogram per kapita per tahun.

Selanjutnya…

Ragil Si Elang Jawa Kini Terbang Bebas di Langit Gunung Halimun Salak

Gunung Halimun Salak ketambahan seekor penguasa langit baru. Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) yang dinamai Ragil baru saja dilepasliarkan untuk memperingati HUT ke-77 RI dan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) pada Jumat, 19 Agustus 2022.

Elang jawa berkelamin jantan itu dilepasliarkan di Blok Citahalab, Resort Pengelolaan TN Wilayah Cikaniki, Seksi Pengelolaan TN Wilayah II Bogor. Berdasarkan rilis yang diterima Liputan6.com, pelepasliaran itu bertujuan meningkatkan jumlah populasi spesies yang menginspirasi lambang negara Burung Garuda di alam.

Selanjutnya…

Inspirasi Desain Kamar Mandi Terbuka ala Resor, Serasa Dekat dengan Alam

Akomodasi bergaya resor sangat jamak di Maladewa. Meski didesain berbeda-beda, ada satu benang merah yang saya temukan saat berkunjung ke sana akhir Juni 2022, atas undangan Maldives Marketing & Public Relations Corporation (MMPRC). Salah satunya kamar mandi berkonsep terbuka.

Dikutip dari laman Homelight, Selasa (23/8/2022), kamar mandi terbuka mulai menarik perhatian di akhir 2000an dengan sejumlah hotel kosmopolitan di seluruh dunia mengubah ruang kamar dengan kamar mandi dan tempat shower yang bisa terlihat dari tempat tidur. Meski begitu, hotel-hotel elite itu bukan pionir yang mengadaptasi konsep tersebut.

Selanjutnya…

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.