Sukses

Bukan di Italia, Ada Menu Pizza Unik Berbahan Beras di Jepang

Gohan pizza merupakan pizza beras yang coba ditawarkan sebuah restoran ala Italia terkenal di Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Kalau Anda ingin mencari pizza yang beda dari biasanya, rasanya Anda perlu pergi ke Jepang. Di sana Anda bisa menemukan pizza yang toppingnya yang tidak biasa seperti jagung dan mayonais. Tahun lalu Domino's Pizza meluncurkan menu nasi pizza yang populer.

Yang terbaru, tak mau kalah, Pizza Hut Jepang pun menawarkan menu pizza beras.  Mengutip Japan Now, Rabu, 24 Agustus 2022, menu itu diberi nama Gohan Pizza.

Pizza berbahan beras ini merupakan bagian dari menu set "My Box" yang isinya juga mencakup kentang goreng dan nugget ayam. Namun, Gohan Pizza ini merupakan menu yang menggantikan pizza mini berdiameter 7,5 cm yang biasanya disertakan.

Menu ini juga menggantikan nasi berbumbu kecap sebagai pengganti adonan pizza tepung terigu biasa. Nasi merupakan pizza-oven yang dipanggang dengan warna cokelat yang renyah dan gurih. Pizza Hut menyebutkan ada kombinasi keju Gouda yang meleleh, saus spesial, dan beras domestik 100 persen yang dibumbui kecap asin.

Mereka mengklaim menu tersebut sebagai "pizza yang benar-benar Jepang". Meskipun pihak restoran ala Italia ini telah merilis serangkaian topping yang terinspirasi oleh berbagai negara yang mereka sebut sebagai pasangan terbaik menggunakan adonan nasi.

Setiap set "My Box" Gohan Pizza dilengkapi dengan tiga pizza nasi (dengan gaya yang Anda pilih), kentang goreng, dan dua nugget ayam. Set menu ini dihargai 1.000 yen atau setara Rp108.000 untuk dibawa pulang dan 1.350 yen, setara Rp146.000 jika memakai jasa pengiriman. 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Air Beras

Beras sejak dulu bukan hanya menjadi makanan pokok utama bagi sejumlah negara di Asia. Tak hanya beras, air beras juga bisa dimanfaatkan untuk banyak hal, seperti untuk produk perawatan kulit, wajah, hingga rambut. 

Para orang zaman dulu bahkan selalu menekankan pentingnya bahan alami karena bisa memberikan manfaat lebih. Dari benih sayuran dan buah-buahan hingga ke rempah-rempah kini air beras pun berkhasiat khususnya merawat rambut. AIr yang diperoleh setelah direndam dan disaring dari bekas cucian beras atau dikenal sebagai air beras, memberikan beberapa manfaat untuk kulit dan rambut.

Mengutip dari laman Hot Liputan6.com 27 Juli 2022, air beras bisa membantu pertumbuhan rambut. Menerapkan air beras ke kulit kepala sebelum mencuci rambut bisa menyehatkan folikel rambut. Pada akhirnya air beras bisa mendukung pertumbuhan rambut.

Selain itu, air beras juga membantu membuat rambut lebih tebal dan membuat rambut lebih mudah diatur. Bahkan air beras mampu mengatasi rambut kering, sebab ada kandungan yang mengkondisikan rambut Anda agar tidak terlalu kering.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Manfaat Lain

Ternyata air cucian beras juga bermanfaat untuk wajah. Antara lain:

1. Meningkatkan Pertumbuhan Sel Kulit

Dilansir dari The Epoch Times, 27 Juli 2022, beras termasuk bahan alami dengan kandungan vitamin B kompleks inositol. Inositol berfungsi membantu merangsang pertumbuhan sel. Hal ini diperlukan untuk meremajakan kulit.

2. Menyehatkan Kulit dengan Cara Memperlancar Peredaran Darah

Kandungan inositol pada air beras juga sangat berguna untuk merangsang peredaran darah di area kulit. Peredaran darah yang lancar adalah salah satu syarat kulit sehat. Jika sistem peredaran darah lancar, maka nutrisi dan oksigen akan didistribusikan secara merata ke seluruh bagian sel kulit.

3. Meringkas Pori-Pori

Manfaat air cucian beras juga membantu mengecilkan pori-pori. Karena kandungan dalam air beras berperan dalam membantu meringkas pori-pori yang lebar.

4. Meredakan Iritasi dan Menenangkan Kulit yang Berjerawat

Manfaat air cucian beras pun ikut membantu menenangkan kulit yang berjerawat dan iritasi, karena kandungan allantoin yang ada di dalamnya.

4 dari 4 halaman

5. Menangkal Radikal Bebas

Dilansir Allure, ferulic acid merupakan antioksidan alami yang ditemukan pada kulit buah-buahan, kacang-kacang, dan biji-bijian seperti halnya beras. Ferulic acid mempunyai fungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit mengalami penuaan dini.

6. Mencegah Pigmentasi (Penggelapan)

Air beras juga mengandung zat oryzanol dan memiliki kandungan alami yang bisa mengurangi pigmentasi (penggelapan kulit)

7. Memudarkan Flek Hitam

Manfaat air cucian beras yang jarang diketahui yaitu bisa membantu memudarkan flek hitam. Kandungan oryzanol dalam beras juga bermanfaat untuk memudarkan flek hitam atau bekas jerawat yang seringkali lama pudar.

8. Memperbaiki Tekstur Kulit

Jika difermentasi, air beras bisa memproduksi pitera. Pitera bahkan menjadi salah satu bahan kosmetik terkenal asal Jepang. Inilah kandungan ampuh yang dipercaya menjadikan kulit lebih bening bercahaya.

9. Meringankan Peradangan Kulit

Zat bernama allantoin dan pitera juga dapat membantu dalam meringankan peradangan pada kulit. Sehingga sangat baik digunakan sebagai air bilasan, toner, atau pendingin wajah.

10. Menyamarkan Garis Halus dan Kerutan Dini

Inositol dan ferulic acid yang terdapat dalam air beras bakal membantu menyamarkan garis halus juga kerutan yang muncul secara awal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.