Sukses

British Airways Pangkas 10 Ribu Penerbangan dari Jadwal Musim Dingin

Pemangkasan jadwal penerbangan British Airways diharapkan bisa mengurangi masalah penundaan dan pembatalan yang kerap terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - British Airways telah mengumumkan rencananya untuk memangkas ribuan penerbangan dari jadwal musim dinginnya. Hal tersebut dikarenakan pembatasan penumpang bandara dan permintaan yang berkurang saat musim gugur dan musim dingin yang akan datang.

Dikutip dari CNN, Rabu, 24 Agustus 2022, maskapai ini menyebut total kapasitas untuk jadwal musim dingin hingga akhir Maret 2023 akan berkurang delapan persen. Pembatasan ini akan memengaruhi sekitar 10.000 penerbangan (atau sekitar 5.000 perjalanan pulang pergi).

Pengumuman itu mengikuti perpanjangan batas harian 100.000 penumpang yang kini diberlakukan di Bandara Heathrow, London. Bandara harus memberlakukan pembatasan pada Juli 2022 karena berjuang untuk menangani kekurangan staf, antrean panjang, penundaan penerbangan, dan tumpukan bagasi yang hilang selama puncak musim panas.

Perpanjangan batas di Heathrow, bandara terbesar yang melayani Inggris, juga memengaruhi ratusan penerbangan British Airways antara kini dan akhir Oktober 2022. "Bagi kami, itu berarti kami harus membatalkan rata-rata 12 perjalanan pulang pergi jarak pendek lebih lanjut dari London Heathrow setiap hari," kata maskapai itu dalam sebuah pernyataan.

Sampai 29 Oktober 2022, total ada 629 penerbangan pulang pergi. Pelanggan yang terdampak akan ditawari penerbangan lain dengan British Airways atau maskapai lain, jelas pernyataan itu, atau penumpang akan diberikan opsi pengembalian dana.

British Airways bukan satu-satunya maskapai besar yang mengurangi penerbangan di bulan-bulan mendatang karena industri ini mengatasi pukulan pasokan dan permintaan dari pandemi. American Airlines juga memangkas 16 persen dari jadwalnya (31.000 penerbangan) selama November 2022 saja.

2 dari 4 halaman

Penundaan Lebih dari 24 Jam

Pemangkasan terbesar adalah untuk penerbangan antara Chicago O'Hare dan Dallas-Fort Worth serta antara Boston dan Philadelphia. Mereka mulai pemangkasan yang lebih kecil untuk jadwal September dan Oktober 2022.

Kathleen Bangs, mantan pilot maskapai dan juru bicara saat ini untuk situs pelacakan penerbangan FlightAware, baru-baru ini menyebut kepada CNN Travel bahwa pemangkasan penerbangan beberapa bulan sebelumnya memberi semacam hikmah. Mereka diharapkan bisa "mengurangi penundaan dan pembatalan diminimalkan untuk semua orang jika jadwal dikurangi sedikit secara realistis. Itu mungkin hal yang baik."

Dikutip dari Simple Flying, penerbangan British Airways dari Naples ke London Heathrow berubah menjadi mimpi buruk bagi 180 penumpang ketika penerbangan ditunda lebih dari 24 jam. Penundaan tersebut membuat penumpang stres, lelah, dan marah pada maskapai.

Kejadiannya berlangsung pada 17 Agustus 2022. Penerbangan British Airways BA2613 dari Naples ke London Heathrow dijadwalkan pukul 09.30. Menurut FlightRadar24.com, penerbangan itu dioperasikan oleh G-EUYK, menggunakan pesawat A320-200 berusia 12 tahun.

Salah satu penumpang, pengacara Italia Paola Capobianco, mengatakan kepada surat kabar harian Italia "La Repubblica" tentang bagaimana peristiwa itu terjadi. Sebelumnya,penumpang naik ke pesawat seperti biasa. Namun, pesawat tidak kunjung meninggalkan posisi parkirnya.

3 dari 4 halaman

Bolak-balik Turun Pesawat

Kapten membuat beberapa pengumuman, menyatakan ada masalah dengan Electronic Flight Instrument System (EFIS) dan karena itu pesawat tidak diizinkan untuk lepas landas. Pada pukul 12.14, penumpang turun dari pesawat untuk makan siang di terminal, tetapi diminta untuk meninggalkan barang bawaan mereka di dalam pesawat. Pukul 14.50, semua orang naik ke pesawat lagi.

Namun, penumpang melaporkan mesin berulang kali dihidupkan dan dimatikan. Sederet pengumuman disampaikan dari kokpit, tetapi tidak jelas. Awak pesawat secara bergantian menunjukkan kerusakan teknis dan kemacetan lalu lintas di London Heathrow sebagai alasan penundaan terus-menerus.

Pada pukul 17.00, penumpang akhirnya diminta untuk turun dari pesawat A320, penerbangan telah dibatalkan. Setelah satu jam berbicara dengan staf darat, pelanggan diberi tahu bahwa mereka telah diakomodasi kembali pada penerbangan British Airways yang berangkat keesokan harinya, 18 Agustus 2022, pukul 12.30, dengan akumulasi penundaan lebih dari 24 jam.

Penerbangan itu akan dioperasikan oleh pesawat yang sama, A320-200 yang berusia 20 tahun. Kamar hotel telah dipesan di Caserta dengan 30 menit berkendara dari Napoli. Anehnya, pengacara menyatakan status penerbangan muncul sebagai "dalam penerbangan" di situs web maskapai.

Keesokan harinya, kekacauan dimulai di konter check-in, saat penerbangan pengganti pukul 12.30 tumpang tindih dengan penerbangan BA2613 yang dijadwalkan pada pukul 09.30. Setelah menghabiskan dua jam mengantri saat check-in, boarding pun dimulai.

4 dari 4 halaman

Bikin Stres

Namun, pukul 13.05, A320 belum beranjak dari posisi parkirnya. Tingkat stres di kabin mencapai titik sedemikian rupa sehingga seorang awak kabin dilaporkan mulai menangis. Beberapa pelanggan meminta untuk turun, namun, ini bertentangan dengan protokol keselamatan, dan kapten menolak permintaan tersebut.

Saat itu, Capobianco dan penumpang lainnya menghubungi polisi bandara. Beberapa saat kemudian, kapten mengumumkan bahwa pesawat diizinkan untuk lepas landas.

Menurut data dari FlightRadar24.com, penerbangan mendarat di Heathrow pukul 16.22 pada 18 Agustus 2022 dengan penundaan yang sangat besar sekitar 29 jam. Penundaan seperti itu menyebabkan banyak penumpang kehilangan penerbangan lanjutan mereka, menyebabkan proses pencarian alternatif yang tidak menyenangkan dan meminta pengembalian uang di konter bandara.

Bagi Capobianco dan teman-temannya, mimpi buruk itu masih jauh dari kata selesai. Pengacara dan dua temannya seharusnya menaiki penerbangan pukul 22.30 ke Mexico City.

Namun, sesampai di gerbang, staf darat menolak naik kelompok teman-teman, menyatakan ada kesalahan dalam mengeluarkan tiket dari pihak British Airways. Seolah-olah ini tidak cukup, barang bawaan mereka tidak pernah meninggalkan Napoli.

Putus asa dan kelelahan, teman-teman memutuskan untuk terbang kembali ke Naples pada hari berikutnya. Namun, mereka bertekad untuk tidak membiarkan maskapai lolos dengan layanan buruk yang diberikan; class action (Prosedur Gugatan Perwakilan Kelompok) terhadap British Airways telah diprakarsai oleh Capobianco dan beberapa penumpang penerbangan BA2613.