Sukses

Seniman Desain Sandal Balenciaga dari Botol Plastik Bekas, Harganya Rp13,2 Juta

Seorang seniman mendesain sandal yang terbuat dari botol plastik untuk Balenciaga.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang seniman mempresentasikan idenya kepada merek terkenal Balenciaga untuk menjual sandal yang terbuat dari botol plastik. Seniman itu mengusulkan untuk menjual sandal botol plastik 'mewah'.

Dikutip dari elhorizote, Sabtu (3/9/2022) 'Bottle Slippers' adalah model sandal yang dibuat oleh seniman dan desainer Neondazer yang dipresentasikan melalui jejaring sosial mereka.

Dalam publikasi tersebut, seniman menyebutkan bahwa sandal ini akan sangat cocok dengan merek Balenciaga karena model kontroversial terbarunya seperti tas yang terinspirasi oleh kantong sampah yang mereka jual dengan harga 36 ribu peso atau setara Rp9,4 juta.

Sang seniman menulis, "Meta-ironi dan metamodernisme adalah sahabat fashion modern, teman. Saya kira konsep ini meta-ironis terhadap Balenciaga, yang menjadi meta-ironis merek itu sendiri berkat @Demna (Direktur Kreatif Balenciaga),".

"Saya tidak akan terkejut jika Balenciaga akan melakukan hal seperti ini secara nyata. Mereka meluncurkan anting-anting yang terbuat dari tali, menghancurkan sepatu kets Paris,... jadi sandal botol ini sangat pas dengan semua konsumerisme yang berlebihan!" kata seniman itu dalam unggahannya.

Menurut foto-foto yang diterbitkan oleh sang seniman, harga barang "mewah" ini adalah 895 euro, setara Rp13,2 juta. Tentu saja, unggahan langsung dikomentari warganet, mereka heran akan desain dan harganya yang cukup "Wah". 

"Memberi begitu banyak substansi untuk dipikirkan… Terlalu canggih!!!," Salut untuk karya seni itu, tulis akun annepoprausch.

"balenciaga menyerang lagi!," tulis akun simmybean

"Menjijikkan bahwa mereka akan membuat desain ini dari inspirasi kemiskinan dan kemudian mengenakan biaya hampir 900 dolar untuk itu.. dunia ini kacau," tulis akun metsmedia

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desain Nyeleneh

Sebelumnya Balenciaga juga sempat membuat heboh dengan meluncurkan "trash pouch" yang terinspirasi dari kantong sampah. Mengutip dari The National News, Selasa, 2 Agustus 2022, direktur kreatif Balenciaga Demna Gvasalia merilis koleksi musim gugur/musim dingin 2022 menampilkan runway yang dipenuhi badai salju.

Item tersebut tersedia dalam tiga warna, yakni hitam, biru dan putih. Dengan tali serut gaya kantong sampah untuk menutup, tas hitam dan biru memiliki tali hitam, sedangkan tas putih memiliki tali merah.

Namun yang tak biasa di peragaan itu adalah para model tampak memegangi barang-barang mereka di kantong sampah plastik.  Kantong sampah ini dijual seharga 1.790 dolar AS, setara Rp26,6 juta. Menurut situs Balenciaga, item ini "terinspirasi oleh kantong sampah".

"Saya tidak bisa melewatkan kesempatan untuk membuat kantong sampah paling mahal di dunia, sebab siapa yang tidak suka skandal fashion?" kata Gvasalia kepada Women's Wear Daily.

Ia bukan orang pertama yang memiliki ide itu. Pada 2017 silam, merek Spanyol BIIS merilis serangkaian tas jinjing berbahan kulit yang terinspirasi dari kantong sampah. Disebut Bin Bag, item itu hadir dalam ukuran kecil, sedang dan besar dan harga masing-masing 258 dolar AS (Rp3,8 juta), 346 dolar AS (Rp5,1 juta) dan 422 dolar AS (Rp6,2 juta). 

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Anting Tali Sepatu

Fashion item konvensional lainnya yang dirilis Balenciaga adalah anting-anting yang hanya terbuat dari tali sepatu. Anting-anting itu masih bagian dari produk Balenciaga dibawah Demna Gvasalia sebagai direktur kreatif.

Demna mengungkapkan, bahwa ia memang ingin memasukkan barang-barang keseharian menjadi koleksi fashion. Maka tak heran jika beberapa item fashion yang diluncurkannya belakangan ini terkesan aneh dan nyeleneh.

"Menyoroti kemampuan Denma untuk memasukkan benda-benda sehari-hari ke dalam koleksi perhiasan Balenciaga," keterangan Balenciaga, dikutip dari WWD.

Anting-anting itu memiliki bentuk pita seperti ikatan tali sepatu. Bahan utamanya pun juga terbuat dari polyester, seperti bahan tali sepatu pada umumnya. Tak hanya itu, anting-anting dilengkapi dengan pengait dari logam di bagian belakang untuk menjaganya tetap utuh dan tak mudah lepas saat digunakan. Bagian logam pengaitnya dihiasi tulisan Balenciaga untuk menunjukkan karakter dan kepemilikan.

Tersedia hanya satu warna yakni, hitam dengan motif putih, anting-anting bernama Balenciaga Shoelace Earrings tersebut bisa dibeli di consignment store official Matches Fashion seharga $217 atau sekitar Rp3,2 juta (mengacu kurs Rp14.846).

 

 

4 dari 4 halaman

Kolaborasi dengan Crocs

Balenciaga juga sempat membuat kolaborasi yang mencuri perhatian. Setelah alas kaki, rumah mode mewah itu meluncurkan produk lain bersama Crocs.

Dikutip dari Hypebeast, Jumat 17 Juni 2022 Balenciaga dan merek foam clog melanjutkan hubungan kolaboratifnya dengan pilihan tas karet. Produk kolaborasi merupakan "Crocs Large Tote Bag" dan "Crocs Phone Holder With Strap" yang dibuat di Italia.

Tas karet dari Balenciaga dan Crocs ini hadir dengan tiga pilihan palet warna, yakni hijau, merah muda, dan hitam. Pembuatan produk tas tersebut menggunakan konstruksi karet EVA 100 persen.

Adapun itu merupakan bahan yang sama yang ditemukan pada penawaran alas kaki Crocs. Untuk tote bag besar menampilkan desain dua pegangan terbuka.

Gaya tersebut hadir dalam perforasi di bagian depan dan belakang, trim bertekstur, dan paku keling bertanda "Balenciaga." Sementara Phone Holder with Strap melneruskan desain dengan strap tambahan yang dapat disesuaikan dan lebih banyak paku keling logo-debossed.

Mengulik laman resmi Balenciaga, Crocs Large Tote Bag dijual seharga 1.250 dolar AS, setara Rp18,5 juta. Di bagian deskripsi dijelaskan bahwa tote bag ini terbuat dari karet dengan bagian atas yang terbuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.