Sukses

6 Fakta Menarik Inggris, Negeri Ratu Elizabeth II yang Punya Sumur Es Tersembunyi

Inggris sebenarnya merupakan bagian dari Britania Raya, tetapi saat ini orang mengidentifikasi Inggris adalah Britania Raya.

Liputan6.com, Jakarta - Inggris atau England adalah salah satu negara yang tergabung dalam Britania Raya. Meski begitu, orang kebanyakan mengidentifikasi Inggris sebagai Britania Raya, negeri yang dipimpin mendiang Ratu Elizabeth II selama 70 tahun. Ibu kotanya berada di London dengan mata uang pound sterling.

Luas wilayahnya mencapai 244.820 kilometer persegi persegi. Inggris berbatasan dengan Republik Irlandia dan Samudra Atlantik di sebelah barat, Selat Inggris di selatan, serta Laut Utara di sebelah utara dan timur. 

Inggris merupakan negara yang kaya akan sejarah dan budaya, dengan catatan arkeologi yang berasal dari periode Neolitik awal dan seterusnya. Hal itu dibuktikan dengan lingkaran batu yang dikenal dengan Stonehenge yang sudah ada dari zaman neolitikum. Berikut fakta-fakta menarik Inggris yang mungkin belum Anda ketahui dirangkum dari berbagai sumber.

1. Sistem Pemerintahan

Melansir dari Kemlu.go.id, sistem politik Inggris yaitu monarki konstitusional. Pada sistem ini, raja atau ratu hanya diposisikan sebagai simbol kedaulatan sehingga tidak memegang kekuasaan pemerintahan. Sistem pemerintahan dilaksanakan lembaga eksekutif dengan kekuasaan berada di tangan perdana menteri dan menteri (kabinet).

2. Sumur Es London

Di London, terdapat sumur es tersembunyi yang terletak di bawah Stasiun Kings Cross. Sumur itu dibangun di era Victoria, antara 1840--1900, saat warga London mulai tergila-gila dengan es krim, melansir dari Theplanetd.com.

Karena popularitasnya, permintaannya juga meningkat drastis. Tapi, produsen kesulitan untuk memenuhi permintaan tersebut hingga Carlo Gatti, yakni pengusaha Swiss Italia dan imigran, menemukan cara untuk memenuhi tuntutan para konsumen.

Gatti membangun dua sumur besar di bawah rumahnya di Kings Cross di pusat kota London. Masing-masing memiliki kedalaman 42 kaki dengan diameter 33 kaki. Ia lalu menyimpan banyak ton es yang diimpor dari sungai dan danau beku di Skandinavia.

Kemudian, es itu dijual ke pembuat es krim di London dan bagian lain dari Inggris Raya. Carlo Gatti meninggal sebagai jutawan pada 1878, dan Anda masih dapat mengunjungi sumur esnya melalui London Canal Museum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Punya 40 Stasiun Bawah Tanah Terbengkalai

Ada 270 stasiun aktif di London Underground (atau Tube seperti yang biasa dikenal). Di luar itu, ada 40 stasiun bawah tanah terbengkalai yang ditutup dan menjadi bayangan.

Stasiun itu  harus ditutup karena berbagai alasan. Jalur kereta api telah berubah arah selama bertahun-tahun karena ekstensi telah ditambahkan. Bisa juga hanya kurang dimanfaatkan karena jumlah penumpang menurun.

4. Misteri Stonehenge

Stonehenge berdiri di Dataran Salisbury seperti sejak zaman Neolitik lima ribu tahun yang lalu. Itu artinya 500 tahun sebelum Piramida Agung Giza di Mesir. Stonehenge sama kunonya dengan misterinya. Lingkaran batu sangat penting secara religius bagi mereka yang menganut kepercayaan druid.

Bagaimana dan mengapa manusia zaman batu membangunnya masih menjadi teka-teki para arkeolog hingga hari ini. Sebagian besar setuju bahwa itu adalah tempat yang sangat penting secara ritual. Salah satu legenda mengklaim bahwa raksasa dari Irlandia membangun Stonehenge, menyeberangi laut melalui Giant's Causeway. Namun, bukti ilmiahnya sangat sedikit.

3 dari 4 halaman

5. Tempat Wisata Terbaik

Sebagai salah satu tujuan wisata paling populer di dunia, Inggris menawarkan kemungkinan yang hampir tak terbatas bagi wisatawan yang mencari hal-hal menyenangkan untuk dilakukan dan atraksi utama untuk dikunjungi. Berikut beberapa tempat wisata terbaik di Inggris menurut Planetware.com.

Stonehenge

Stonehenge, 10 mil sebelah utara kota bersejarah Salisbury di Dataran Salisbury adalah monumen prasejarah paling terkenal di Eropa. Saking populernya, pengunjung harus membeli tiket berjangka waktu terlebih dahulu untuk menjamin dapat masuk.

Pameran di pusat pengunjung Stonehenge yang luar biasa mengatur panggung untuk kunjungan, menjelaskan melalui pengalaman audio-visual dan lebih dari 250 benda kuno didirikan antara tahun 3000 dan 1500 SM, dan berbagi informasi tentang kehidupan selama ini.

Tower of London (Menara London)

Menara London merupakan salah satu atraksi utama di ibu kota Inggris itu. Bangunan itu pernah digunakan sebagai penjara, istana, gudang harta karun, observatorium, hingga kebun binatang, sehingga dianggap sebagai bangunan paling penting di Inggris.

Inti dari benteng sisi Thames ini adalah White Tower (Menara Putih). Dibangun pada 1078 oleh William the Conqueror, ini adalah rumah bagi pameran yang menakjubkan, seperti Line of Kings, atraksi pengunjung tertua di dunia.  Pameran yang menampilkan koleksi baju besi kerajaan yang luar biasa itu mulai dibuka pada 1652.

Sorotan lainnya termasuk pameran Crown Jewels yang mengesankan, Yeoman Warder Tours klasik, Royal Mint, dan pameran serta pajangan tentang tahanan dan eksekusi. Tower of London mencakup sekitar 18 hektare, sehingga cukup banyak hal untuk dilihat dan dilakukan pengunjung di Situs Warisan Dunia ini selama berjam-jam.

Taman Nasional Lake District

Meliputi sekitar 900 mil persegi, Taman Nasional Lake District adalah tujuan yang harus dikunjungi para pelancong ke Inggris. Dengan 12 danau terbesar di negara itu dan lebih dari 2 ribu mil jalan yang menunggu untuk dijelajahi, tidak heran kawasan ini terus menginspirasi, dengan pemandangannya yang menakjubkan bak dari lukisan.

Hal lain yang harus dilakukan adalah mengunjungi banyak tempat di taman, termasuk Scafell Pike (3.210 kaki), gunung tertinggi di Inggris. Pastikan juga untuk menghabiskan waktu menjelajahi beberapa kota dan desa kecil yang indah yang tersebar di seluruh wilayah, seperti Grasmere. Lebih baik lagi, naiki tur perahu wisata melintasi Danau Windermere dan Ullswater, dan Anda akan dihadiahi beberapa pemandangan terbaik di mana pun di negara ini.

4 dari 4 halaman

6. Masakan Inggris

Makanan Inggris memiliki nama yang disangkutpautkan dengan kebiasaan saat menyantapnya. Berikut ini beberapa masakan Inggris yang populer menurut Tasteatlas.com.

English Breakfast

English breakfast juga dikenal sebagai sarapan lengkap, hidangan tradisional Inggris ini muncul di mana-mana dengan beberapa kebutuhan pokok dan beberapa tambahan daerah. Pertama, ada daging, biasanya kombinasi sosis dan bacon. Sosisnya adalah sosis babi biasa, sedangkan baconnya bisa bergaris atau bacon belakang.

Lalu, ada sayuran dan kacang-kacangan yaitu kacang panggang dan tomat, keduanya dimasak dengan api besar. Keseimbangan rasa manis dan asam dalam tomat dapat menyeimbangkan rasa berlemak. Kemudian, ada sepotong roti goreng yang renyah dengan dua atau tiga telur.

Fish and Chips

Kebanyakan orang Inggris akan setuju bahwa tidak ada yang lebih Inggris daripada ikan dan kentang goreng. Hidangan nasional yang disukai banyak orang ini terdiri dari fillet ikan putih yang baru digoreng, panas, dan kentang besar yang diiris dan digoreng. Cod, haddock, dan flounder adalah jenis ikan yang paling umum digoreng untuk hidangan dan pelanggan dapat memilih jenis ikan yang mereka inginkan, dengan cod menjadi pilihan paling populer.

Fillet dicelupkan ke dalam adonan yang terbuat dari telur, susu, dan tepung, lalu digoreng dengan minyak, lemak babi, atau tetesan daging sapi bersama dengan kentang. Asal-usul hidangan ini kembali ke abad ke-17, ketika kentang digoreng sebagai pengganti ikan di bulan-bulan musim dingin, sementara ikan goreng diperkenalkan ke negara itu oleh para pengungsi Yahudi.

Sunday Roast

Mungkin yang paling terkenal dari semua hidangan Inggris selain ikan dan keripik adalah Sunday roast, secara tradisional dibuat untuk makan keluarga besar dalam seminggu, makan siang hari Minggu. Tergantung pada areanya, beberapa mengukir daging dalam irisan tipis di dapur dan membawanya ke meja, sementara yang lain mengukirnya di meja keluarga sehingga semua orang dapat menikmati prosesnya.

Meskipun daging sapi adalah pilihan paling tradisional, domba, bebek, angsa, babi, atau kalkun juga sering digunakan untuk Sunday roast. Dagingnya hampir selalu disertai dengan kentang panggang, sayuran segar musiman seperti brokoli, kubis dan peterseli, wortel dengan ketumbar, dan kuah yang kental.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.