Sukses

Berawal Hobi Menggambar, Imelda Orbitkan AFAF Cakes dan Pikat Konsumen dengan Kue ala Korea

Imelda bercerita tentang awal mula membangun usaha AFAF Cakes yang terjadi karena hobinya dalam menggambar dan memasak.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini tren bisnis yang berbau Korea memang selalu banyak peminatnya, khususnya di kalangan anak muda. Nggak hanya fashion Korea saja yang diminati, tetapi bisnis kuliner pun juga banyak lho. Mulai dari minuman, makanan berat, hingga dessert yang terus bermunculan dan menarik perhatian para konsumen.

Dalam menjalankan suatu bisnis, ide bisa muncul kapanpun. Yang awalnya terinspirasi dari suatu tren, sekarang bisa mendirikan usaha sendiri dan menarik konsumen untuk membeli. Hal seperti ini dialami oleh Imelda Susilo, yang mendirikan AFAF Cakes di Bandung. Banyak fakta menarik dalam terbentuknya usaha kuliner AFAF Cakes ini. Penasaran kan? Yuk, ikutin cerita selengkapnya!

2 dari 3 halaman

Berawal Dari Hobi Lho!

Melalui sesi wawancara online, Imelda bercerita tentang awal mula membangun usaha AFAF Cakes yang terjadi karena hobinya dalam menggambar dan memasak.

"Tepatnya saya mulai membuka usaha ini tanggal 14 Juli 2021. Awalnya tuh terinspirasi dari model kue ulang tahun yang saat ini semakin variatif dan menarik, salah satu contohnya kue ulang tahun ala Korea. Karena hobi saya yang suka menggambar dan memasak seperti sering mencoba resep kue bolu, saya akhirnya memutuskan untuk membuka usaha ini," ujar Imelda.

Imelda Cinta Bolu dan Tantangan

Menjadi ibu rumah tangga dengan dua orang anak, Imelda mengisi waktu luangnya dengan mendirikan usaha ini. Namun, setiap perjalanan dalam membuat usaha tak semulus yang dibayangkan. Imelda pun menghadapi sejumlah tantangan dan hambatan.

“Menurut saya, tantangan yang pernah dihadapi adalah permintaan desain kue dari client yang pernah saya coba sebelumnya, sehingga memicu saya untuk bisa dan belajar hal baru. Bahkan, hambatan yang saya hadapi adalah keterbatasan waktu dan tenaga mengingat awal saya mendirikan usaha hanya sebagai pengisi waktu luang di samping mengurus rumah tangga,” kata Imelda.

Sebagai informasi, semua cake yang didesain dan dijual di AFAF Cakes menjadi andalan dan favorit para konsumen.

“Berbagai macam model kue ulang tahun dijual dengan basic bolu seperti brownies, blackforest, red velvet, mocha, pandan, dan rainbow cake. Mulai dari bolu kukus dan panggang. Nggak hanya itu aja, AFAF Cakes juga membuat bolu tradisional khas Indonesia seperti bolu pisang, bolu tapai, dan bolu ketan,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Mengapa Konsumen Menyukai AFAFCakes

Imelda mengungkapkan bahwa AFAF Cakes memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri sehingga berbeda dengan cakes store lainnya. Menurut Imelda, klien atau customer bebas memesan kue ulang tahun sesuai keinginan, mulai dari yang simpel memakai buttercream hingga kue karakter dengan hiasan mainan atau fondant.

Nggak hanya itu, kue yang diproduksi oleh AFAF Cakes juga terjamin kualitasnya dan harga terjangkau. "Kue yang dibikin pun selalu baru, tidak memakai bahan pengawet dan penambahan pemanis gula pasirnya pun tidak berlebihan,” ujar Imelda.

Bahkan AFAF Cakes menyediakan variasi ukuran kue, mulai dari ukuran cupcake, mini cake diameter 8cm dan 10cm, hingga kue pernikahan lho! Pemesanannya pun nggak ribet, kamu bisa mengunjungi manisdansedap.com dan melakukan pre order minimal H-1 khusus Bandung dan sekitarnya.

Imelda juga berharap bisa lebih mengembangkan AFAF Cakes kedepannya.

“Rencana saya kedepannya adalah saya ingin membuat produk selain bolu, misalnya cookies sehingga bisa dikirim ke keluar kota. Harapan saya untuk AFAF Cakes semoga bisa memiliki beberapa karyawan, memperluas marketing, dan konsisten dalam pembuatan konten marketing,” kata Imelda.

Untuk mengembangkan dan mempromosikan usahanya, Imelda telah bergabung dengan ManisdanSedap.com. Sebagai bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse), ManisdanSedap.com hadir untuk membantu siapa saja dalam menemukan beragam menu PO dari berbagai daerah di Indonesia dengan mudah. Selain itu, ManisdanSedap.com juga menampilkan jualan pemilik UMKM sekaligus memudahkan pembeli untuk berinteraksi dan bertransaksi langsung dengan seller.

So, mau usaha kulinernya dikenal dan dibeli satu masyarakat Indonesia? Segera daftarkan usaha kulinermu di ManisdanSedap.com, serta pesan beragam PO menu favoritmu.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

Penulis: Ayra Sekar Putri