Sukses

Rahasia Awetnya Pernikahan 40 Tahun Bono U2 dan Ali Hewson

Bono U2 buka-bukaan mengenai awetnya pernikahan yang dibinanya dengan Ali Hewson selama empat dekade.

Liputan6.com, Jakarta - Bono U2 buka-bukaan mengenai pernikahannya yang sudah menginjak empat dekade bersama sang istri, Ali Hewson. Vokalis band U2 tersebut berbagi rahasia awetnya rumah tangganya yang dibina selama ini.

Dikutip dari People, Selasa (11/10/2022), Bono membedah bukunya yang akan segera dirilis bertajuk "Surrender: 40 Songs, One Story", di The Society For Ethical Culture di New York City. Momen ini terjadi selama wawancara di New Yorker Festival pada Jumat, 7 Oktober 2022, dengan jurnalis David Remnick.

Pada acara tersebut, seorang penonton yang merupakan pengantin baru bertanya bagaimana Bono berhasil mempertahankan 40 tahun pernikahan dengan istrinya. Bono yang bertemu dengan Hewson pada usia 12 tahun di Mount Temple Comprehensive School menyebut bahwa menikah itu "cukup gila."

"Ini adalah kegilaan besar tentang kita," kata Bono. "Dan ada sesuatu tentang mengetahui bahwa Anda akan melawan kemungkinan. Tetapi saya akan mengatakan jika Anda bertanya kepada saya dengan serius, terkadang persahabatan bisa melebihi cinta romantis."

Musisi bernama lengkap Paul David Hewson ini melanjutkan, "Persahabatan adalah apa yang saya dan Ali miliki. Ketika Anda memiliki cinta dan persahabatan yang romantis, itu benar-benar sesuatu yang istimewa."

Namun, Bono mengatakan bahwa tidak berarti setiap hari harus menjadi "hari yang indah" bagi ia dan Ali. Pasangan yang merayakan 40 tahun pernikahan pada Agustus 2022 itu dikaruniai empat buah hati, yakni Jordan (33), Eve (31), Elia (23), dan John (21).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

40 Tahun Pernikahan

Bono mengungkapkan bahwa beberapa hal terkadang menjadi sulit, bahkan dengan modal persahabatan. Penyanyi berusia 62 tahun itu dan pujaan hatinya tetap berkomitmen untuk tetap bersatu.

"Setiap kali salah satu dari kami tersesat, yang lain akan berada di sana untuk membawa yang lain pulang, dan saya sangat berterima kasih," kata Bono.

Ia menambahkan, "40 tahun adalah angka yang kuat bagi saya. Itu angka yang kuat untuk Ali. Itu brilian ketika kami mencapai 40, dan kami berkata, 'Jangan sampai mengacaukan ini sekarang.'"

Bono juga menyinggung tentang umur panjang yang ia miliki bersama rekan-rekan bandnya, U2, di acara tersebut. Topik yang dia diskusikan dalam bukunya yang akan datang, masing-masing dinamai sesuai judul lagu U2.

Selama perbincangan itu, Bono menjelaskan alasannya soal pembagian keuangan secara merata antara empat anggota band, yakni Bono, The Edge, Adam Clayton, dan Larry Mullen Jr. Ia menyebut keputusan mereka untuk melakukannya sebagai "hal terbaik yang pernah ada."

"Dan lagu-lagu itu dibuat seperti itu karena Edge, Adam, dan Larry. Dan saya pikir Edge merasakan hal yang sama," kata Bono.

3 dari 4 halaman

Bicara soal U2

Bono melanjutkan, "Anda tahu, kami adalah penulis lagu utama. Tapi Adam akan tampil dengan bassline yang luar biasa, atau Larry akan menghasilkan beat yang luar biasa. Manajer kami biasa berkata kepada kami, 'Anda tahu, bukan perbedaan musik yang memecah sebagian besar band. Itu uang. Lakukan itu dengan benar.'"

Dalam promosi buku barunya, Bono U2 mengumumkan serangkaian pertunjukan solo, dimulai di Beacon Theatre New York City pada 2 November 2022 dan berakhir pada 28 November 2022 di Madrid. Tur ini digambarkan sebagai "malam kata-kata, musik dan beberapa kenakalan" yang akan menyambangi 14 kota berbeda di seluruh dunia.

Buku itu sendiri mencakup masa kecil Bono di Dublin. Buku tersebut juga membahas saat Bono kehilangan ibunya pada usia 14 tahun, kebangkitan U2, dan aktivitasnya dalam memerangi HIV/AIDS dan kemiskinan.

"Saya rindu berada di atas panggung dan kedekatan penonton U2," kata Bono dalam siaran persnya.

4 dari 4 halaman

Buku Bono U2

Bono menjelaskan, "Dalam pertunjukan ini, saya punya beberapa cerita untuk dinyanyikan, dan beberapa lagu untuk diceritakan. Plus saya ingin bersenang-senang mempersembahkan ME-moir saya, Surrender, yang benar-benar lebih dari WE-moir jika saya memikirkan semua orang yang membantu saya pergi dari sana ke sini."

Dikutip dari Amazon, buku Bono "Surrender: 40 Songs, One Story" akan rilis pada 1 November 2022. Buku versi hardcover akan dijual seharga 22,15 dolar AS atau setara Rp340 ribu dan versi kindle seharga 14,99 dolar AS atau setara Rp230 ribu.

"Bono - seniman, aktivis, dan penyanyi utama band rock Irlandia U2 - telah menulis sebuah memoar: jujur ​​dan tidak sopan, intim dan mendalam, Surrender adalah kisah kehidupan luar biasa yang dia jalani, tantangan yang dia hadapi, dan teman serta keluarga yang telah membentuk dan menopangnya," bunyi keterangan.

Bono menyebut bahwa saat dirinya mulai menulis buku ini, ia berharap untuk menggambar secara detail apa yang sebelumnya hanya ia buat sketsa dalam lagu. "Orang-orang, tempat, dan kemungkinan dalam hidup saya. Surrender adalah kata yang berisi makna bagi saya. Tumbuh di Irlandia pada era 70-an dengan kepalan tangan saya (berbicara musik), itu bukan konsep alami," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.