Sukses

Terima Ancaman, Putri Sulung Raja Belanda Tinggalkan Asrama Kampus

Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima mengungkapkan bahwa putri sulung mereka, yang kuliah di University of Amsterdam, tinggal di rumah dan hanya pergi untuk belajar.

Liputan6.com, Jakarta - Putri sulung Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima mengalami ancaman keamanan. Hal tersebut memaksa Putri Catharina-Amalia untuk meninggalkan asrama kampus dan kembali ke rumah.

Dikutip dari People, Minggu (16/10/2022), Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda berbicara tentang putri sulung mereka selama konferensi pers pada Kamis, 13 Oktober 2022. Momen tersebut tak lain untuk mengakhiri kunjungan kenegaraan mereka ke Swedia.

Meskipun Putri Amalia yang kini berusia 18 tahun mulai menempuh studi di University of Amsterdam musim gugur ini, ia sekarang tinggal di istana Huis ten Bosch dan hanya pergi untuk mengikuti kelas. "Dia tidak keluar rumah," kata Ratu Maxima, menurut outlet Belanda, AD.

"Anda mungkin pernah mendengar tentang item berita tertentu atau sesuatu. Ini berkonsekuensi besar bagi hidupnya. Berarti dia tidak tinggal di Amsterdam dan juga dia tidak bisa benar-benar keluar. Konsekuensi itu sangat sulit baginya. Tidak ada kehidupan mahasiswa untuknya, seperti mahasiswa lainnya. Saya sangat bangga padanya dan bagaimana dia mempertahankan semuanya," kata Ratu berusia 51 tahun tersebut.

Ratu Maxima juga mengatakan, "Itu membuat saya sedikit emosional. Tidak enak melihat anakmu hidup seperti itu. Dia bisa kuliah, tapi hanya itu (yang bisa dilakukannya)."

Raja Willem-Alexander menambahkan bahwa "sangat sulit" baginya sebagai seorang ayah. Ratu Maxima juga bergurau, "Mungkin dia bisa mendapatkan nilai yang sangat bagus sekarang."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kata Putri Amalia

Istana mengumumkan pada musim semi bahwa Putri Catharina-Amalia berencana untuk mengejar gelar sarjana dalam bidang politik, psikologi, hukum dan ekonomi. Pewaris takhta Belanda itu mengambil jeda tahun setelah lulus dari sekolah menengah.

Sesuai dengan tradisi Belanda, ia mengibarkan bendera negara bersama dengan ranselnya dalam sebuah video yang dibagikan ke akun media sosial keluarga setelah lulus ujian akhir di Christelijk Gymnasium Sorghvliet di Den Haag. Menjelang ulang tahunnya yang ke-18, kerajaan menolak tunjangan tahunan hampir 2 juta dolar AS (Rp30,9 miliar) sampai dia secara resmi mengambil tugas kerajaan.

"Saya merasa itu tidak nyaman selama saya tidak melakukan apa pun untuk itu, dan sementara siswa lain memiliki waktu yang jauh lebih sulit, terutama dalam periode virus corona ini," Putri Catharina-Amalia berkata dalam surat tulisan tangan untuk Perdana Menteri Belanda Mark Rutte.

Putri Amalia mengatakan dia akan membayar kembali hampir 400.000 dolar AS (Rp6,1 miliar) yang menjadi haknya selama dia menjadi mahasiswa dan tidak akan menuntut biaya 1,6 juta dolar AS (Rp24,7 miliar) "sampai saya mengeluarkan biaya tinggi dalam peran saya sebagai Putri Oranye."

3 dari 4 halaman

Suka Tiara

Tahun lalu, Putri Amalia mengatakan kepada penulis biografi Claudia de Breij bahwa dia tidak merasa siap untuk menjadi ratu dan akan meminta ibunya Ratu Maxima untuk turun tangan jika ayahnya Raja Willem-Alexander tiba-tiba meninggal dalam waktu dekat. "Saya berkata kepada ayah saya, 'Ayah terus makan sehat dan banyak berolahraga,'" katanya.

Dalam buku tersebut, Putri Amalia membagikan kecintaannya pada tiara, termasuk foto yang baru dirilis dari Ruby Parure Tiara milik Ratu Emma pada Oktober 2012. Kemungkinan saat ibunya, Ratu Maxima, sedang mengemasnya untuk Hereditary Grand Duke Guillaume dan Hereditary Grand Duchess Stephanie pernikahan Luksemburg.

"Saya suka tiara," kata Putri Amalia dalam biografinya yang hanya berjudul Amalia. "Tunjukkan padaku sebuah tiara, dan aku akan tahu dari mana asalnya. Aku bisa mengenali semua tiara Eropa. Aku dulu memakainya dari ibuku. Lalu akan ada satu di meja riasnya, dan aku akan memilikinya langsung di kepalaku."

Ia memiliki momen tiara publik pertamanya musim panas lalu. Kala itu, Putri Amalia memakai Dutch Star Tiara untuk Putri Ingrid Alexandra dari gala ulang tahun ke-18 Norwegia.

4 dari 4 halaman

Langgar Aturan Pencegahan Covid-19

Sebelumnya, keluarga kerajaan Belanda sempat menjadi sorotan setelah menggelar pesta ulang tahun ke-18 Putri Belanda, yakni Putri Amalia, di luar ruangan. Acara tersebut berlangsung di akhir pekan dan digelar di luar pedoman Covid-19 pemerintah dan Raja Willem-Alexander mengakui itu "tidak benar."

Dilansir dari CNN, Jumat, 17 Desember 2021, menurut surat yang dikirim oleh Perdana Menteri Mark Rutte ke parlemen Belanda pada Kamis, 16 Desember 2021, para bangsawan menjamu 21 orang di taman dekat istana kerajaan pada Sabtu, 11 Desember 2021. Ini tidak sesuai dengan saran pemerintah bahwa warga Belanda tidak boleh menerima lebih dari empat tamu berusia di atas 13 tahun di rumah mereka per harinya.

Taman tersebut dianggap sebagai bagian dari rumah pribadi keluarga kerajaan, kata juru bicara pemerintah kepada CNN. Menurut surat Rutte kepada Parlemen, semua tamu diminta untuk mengikuti tes, divaksinasi, dan menjaga jarak sosial.

"Raja memberitahu saya bahwa pada pemeriksaan lebih dekat tidak tepat untuk mengatur ini," kata Rutte dalam surat itu. "Saya pikir itu respons yang masuk akal."

Perayaan ulang tahun Putri Amalia awalnya dibatalkan karena situasi yang tidak kondusif akibat Covid-19. Namun, kata Rutte, pertemuan pada Sabtu lalu diadakan "last minute".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.