Sukses

Miliki Nama yang Unik, 4 Makanan Indonesia Ini sering Bikin Gagal Fokus bagi yang Menyantapnya

Sederet makanan ini miliki nama yang unik dan menarik. Kira-kira apa saja ya?

Liputan6.com, Jakarta Sudah bukan rahasia lagi, bahwa kuliner di Indonesia memiliki banyak ragam dan cita rasa. Tak hanya bisa menggugah selera para penikmat kuliner, berbagai hidangan nusantara ini tentunya memiliki ciri khas yang tersendiri. Salah satunya adalah nama yang menjadi identitas dari makanan-makanan tersebut.

Meskipun banyak nama makanan yang sesuai dengan tampilan atau bahan baku pembuatannya, tetapi ada pula beberapa yang memiliki nama nyeleneh yang bikin geleng-geleng kepala. Lantas, apa saja makanan tersebut?

1. Nasi Kucing

Makanan Indonesia pertama yang memiliki nama yang unik adalah nasi kucing. Meski memiliki nama demikian, namun makanan ini tentu tidak ditujukan sebagai makanan untuk kucing. Diberi nama sebagai nasi kucing, karena porsinya yang sedikit sehingga sering dibandingkan dengan porsi makan seekor kucing.

Dalam satu bungkus nasi kucing, terdapat nasi dan beberapa jenis lauk yang bisa dipilih. Biasanya makanan seperti ini bisa dijumpai secara mudah di area angkringan yang ada di pinggiran jalan. Selain itu, terdapat juga warung makan yang memang sengaja menyediakan hidangan ini sebagai salah satu menunya.

2. Lidah Kucing

Kembali lagi dengan makanan yang menyisipkan hewan kucing sebagai namanya. Yup, santapan yang satu ini diberi nama lidah kucing karena bentuknya yang tipis dan panjang dan hampir menyerupai lidah kucing. Kue kering yang satu ini merupakan salah satu hidangan yang biasanya ada saat hari raya telah tiba.

Kue lidah kucing ini sudah ada dari zaman penjajahan Belanda. Sehingga, bisa dibilang bahwa makanan ringan ini memiliki umur yang cukup tua dibandingkan makanan yang lainnya. Kue lidah kucing sendiri mempunyai rasa yang manis dan tekstur yang renyah. Tak heran, bila banyak orang yang menyukai makanan ringan yang satu ini.

3. Kue Ketawa

Nama kuliner satu ini juga tak kalah anehnya bila dibandingkan makanan yang sebelumnya. Yup, jajanan yang memiliki bentuk yang hampir mirip dengan onde-onde ini memiliki sering disebut sebagai kue ketawa oleh sebagian besar masyarakat. Dinamakan kue ketawa, karena permukaan dari kue ini terbuka layaknya seseorang yang sedang tersenyum atau tertawa.

Jajanan ini sendiri berasal dari Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara. Makanan ini cukup terkenal, bahkan merambah hingga ke luar pulau. Banyak yang menyukai kue ketawa ini karena rasanya yang manis dan gurih, dengan taburan biji wijen di seluruh permukaannya.

4. Kue Tete

Makanan terakhir yang memiliki nama nyeleneh adalah kue tete. Mungkin bagi kamu yang pertama kali mengetahui makanan ini akan kebingungan dengan bentuk dan rasanya. Kue tete atau kue ape sendiri merupakan jajanan khas Betawi yang memiliki bentuk bulat melebar dan menonjol di bagian tengahnya. Oleh karena itu, orang-orang sering menyebut kue tersebut sebagai kue tete.

Makanan ringan yang satu ini terbuat dari olahan tepung beras dan terigu, gula, telur, dan diberi pewarna makanan hijau atau daun pandan. Dengan rasa yang manis dan nikmat, kuliner ini semakin cocok jika disantap dengan segelas kopi dan seduhan teh. Apalagi, bila dimakannya sehabis matang, maka akan lebih sempurna jadinya.

Itulah sederet kuliner Indonesia yang memiliki nama unik dan bahkan bisa membuat yang menyantapnya tak habis pikir sendiri. Kalau kamu sudah pernah menyantap yang mana saja?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini