Sukses

Petugas Taman Hiburan Lupa, Ibu dan 2 Anaknya Terjebak di Ketinggian 300 Meter

Ibu dan dua anaknya itu terjebak di bianglala saat petugas taman hiburan mulai mematikan semua wahana.

Liputan6.com, Jakarta - Bianglala menjadi salah satu atraksi yang banyak dihadirkan di taman hiburan seantero dunia. Meski terlihat menyenangkan, tak jarang kesan seram karena ketinggian hingga cerita tak menyenangkan datang dari atraksi ini.

Dikutip dari Soranews24, Kamis, 3 November 2022, salah satu kasus yang mencuri perhatian adalah ketika ibu dan anak yang terjebak di bianglala di taman hiburan Family Ai-Land You di Yubetsu, Hokkaido, Jepang. Alih-alih kegagalan mekanis, insiden itu terjadi karena kesalahan manusia.

Sekitar pukul 15.45, waktu setempat, pada 25 September 2022, staf taman hiburan bersiap-siap untuk menutup taman hiburan itu. Mereka mulai mematikan semua peralatan, termasuk bianglala.

Namun, mereka tampaknya tak menyadari bahwa bianglala itu masih dinaiki pengunjung perempuan berusia 30-an dan dua anak di bawah usia 10 tahun yang akhirnya digantung di ketinggian sekitar 30 meter. Setelah terjebak di selama sekitar 10 menit, kepanikan mulai terjadi.

Beruntung, anggota keluarga lain sedang menunggu ibu dan dua anaknya di tempat parkir pada saat itu. Sang ibu menelepon saudaranya yang dengan cepat memberi tahu kantor taman hiburan tentang hal itu.

Ketiganya dilaporkan tidak terluka, tetapi mengatakan mereka menderita tekanan mental dari kejadian itu. Pengoperasian Family Ai-Land You dialihdayakan ke perusahaan swasta oleh pemerintah kota Yubetsu.

"Saya ingin menyampaikan permintaan maaf terdalam saya kepada keluarga yang sangat menderita stres dari kejadian dan kecemasan waktu mereka tertinggal," kata Wali Kota Tomoyuki Karita mengeluarkan permintaan maaf di situs web kota.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mencegah

Karita menambahkan, dirinya meminta manajemen mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencegah agar hal tak menyenangkan ini tidak terjadi lagi. "Kami akan terus memberikan panduan menyeluruh," demikian tambahnya.

Momen itu adalah situasi mimpi buruk bagi banyak orang yang untungnya berakhir dengan selamat. Terkait masalah ini, warganet ikut terkejut bahwa hal seperti itu bisa terjadi ketika hanya masalah memeriksa untuk melihat bahwa semua bianglala kosong.

"Saya senang mereka keluar dengan selamat. Sekarang semakin dingin di Hokkaido, dan bisa jadi sangat buruk jika mereka berada di sana terlalu lama," tulis seorang warganet. "Aku akan ketakutan selama sepuluh menit itu," lanjut lainnya.

"Dapat dimengerti bahwa staf mungkin tidak mengingat seseorang dalam perjalanan, tetapi yang harus mereka lakukan hanyalah membiarkannya berputar satu kali sebelum mematikannya untuk mengonfirmasi," ungkap warganet.

"Saya sendiri sangat takut dengan ini. Saya pikir itu mudah terjadi ketika segala sesuatunya sibuk," jelas lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Kata Warganet

"Bukankah memastikan semua orang berada di dalam dan di luar perjalanan adalah tugas utama operator bianglala?" kata warganet.

"Terkadang acara TV dan film menggunakan situasi ini sebagai lelucon, tetapi kenyataannya tidak lucu sama sekali," terang lainnya.

"Bisakah Anda bayangkan menyaksikan semua lampu mati dan musik dimatikan saat Anda masih ada di sana?" jelas warganet.

"Saya agak merasa tidak enak dengan satu orang yang harus menunggu di tempat parkir," lanjut warganet.

Seperti yang dikatakan beberapa warganet, masalah ini semua terjadi di ujung utara Hokkaido yang saat ini berada di suhu dalam semalam mendekati nol derajat Celcius. Keadaan tersebut dapat menjadi jauh lebih buruk jika ibu dan dua anaknya terjebak terlalu lama.

Dikutip dari Architecture, Kamis, 3 November 2022, bianglala berasal dari Chicago selama World's Fair pada 1893 silam. Bianglala didesain oleh George Washington Gale Ferris Jr., seorang insinyur struktural dari Pittsburgh, Pennsylvania, yang memeriksa baja untuk pameran tersebut.

4 dari 4 halaman

Sejarah Bianglala

Ferris membawa ide untuk roda logam besar ke Daniel Burnham, arsitek utama pameran, setelah Burnham meminta struktur ikonis. Burnham dan rekan-rekannya berharap bisa menyaingi Menara Eiffel, yang dibangun untuk Exposition Universelle 1889 di Paris.

Dari sekian banyak proposal untuk atraksi tontonan Chicago, tidak ada yang menangkap imajinasi seperti "Chicago Wheel". Struktur vertikal Ferris yang sangat besar, yang berputar di sekitar poros tengah, menampilkan 36 gondola yang masing-masing mampu menampung hingga 60 orang dengan total kapasitas 2.160 orang.

Itu bukan roda hiburan pertama, tetapi penggunaan kerangka baja yang direduksi membuat Burnham meragukan struktur skala ini dapat berfungsi. Setelah menghabiskan banyak uangnya sendiri untuk studi keselamatan, Ferris akhirnya meyakinkan Burnham bahwa struktur itu mungkin. Pada 1893, Ferris menyelesaikan atraksi dan bianglala lahir.

Terlepas dari popularitas atraksi, bianglala bertemu dengan serangkaian masalah keuangan setelah pameran. Itu dibongkar dan dipindahkan ke North Clark Street, tempat beroperasi dari 1895 hingga 1903. Roda itu kemudian dijual dan dibangun kembali di St. Louis, Missouri, untuk World's Fair 1904. Akhirnya, pada Mei 1906, sebuah perusahaan pembongkaran menggunakan 200 pon (90 kg) dinamit untuk menghancurkan roda. Sisa-sisanya dijual untuk besi tua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.