Sukses

Gaya Modis Para Istri Pemimpin G20 Saat Melihat Produk UMKM Bali

Iriana mengenakan pakaian warna krem yang dipadukan dengan kain tenun Bali saat mendamping para istri pemimpin G20 di Bali

Liputan6.com, Jakarta - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tak hanya diisi acara para pemimpin negara-negara G20. Para pendamping pemimpin, termasuk istri Presiden Joko Widodo (Jokowi) Iriana, juga punya sejumlah agenda tersendiri. 

Iriana melakukan pertemuan dengan para pendamping pemimpin negara-negara G20 dan lembaga internasional sebagai bagian dari rangkaian kegiatan KTT G20 di Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort, Selasa (15/11/2022). Dalam acara tersebut. Ibu Negara Iriana Jokowi mengenakan pakaian Nusantara warna krem yang dipadukan dengan kain tenun Bali warna putih dengan motif cokelat dan hitam serta kerudung putih.

Ia menyambut langsung dan bersalaman dengan para pendamping setibanya di lobi kedatangan. Menurut keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Selasa (15/11/2022), satu per satu para pendamping tiba di lobi kedatangan sekitar pukul 09.00 WITA, dimulai dari pendamping Presiden Spanyol Madam Maria Begona Gomez Fernandez.

Setelah itu, pendamping Presiden Turki Madam Emine Erdogan, pendamping Perdana Menteri Jepang Madam Yuko Kishida, pendamping Presiden Komisi Eropa Heiko von der Leyen, pendamping Presiden Republik Korea Madam Kim Keon-hee, hingga pendamping Presiden Republik Rakyat Tiongkok Madam Peng Liyuan. Salah satu sosok yang sepertinya paling menarik perhatian publik adalah Madam Kim Keon Hee.

Ia tampil modis mengenakan baju atasan kuning dengan detail seperti apron di bagian dada. Kim Keon Hee memadukan atasan cantik itu dengan loose pants berwarna putih yang terkesan kasual tapi tetap elegan.

Kim Keon Hee melengkapi penampilannya dengan menenteng tas warna cokelat dan heels putih. Sebuah tas mungil juga tampak menemani momen pertemuannya dengan para pendamping pemimpin G20.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gaun Merah

Yang juga cukup menarik perhatian adalah Madam Peng Liyuan. Istri Presiden China (Republik Rakyat Tiongkok) Xi Jinping ini terlihat menonjol dengan memakai gaun merah tangan panjang dengan dua kancing warna kuning keemasan di sebelah kanan. Ia juga terlihat mengenakan outer warna hitam dan mengenggam tas kecil berwarna senada.

Sementara yang lainnya hampir semua mengenakan outfit berwarna putih atau krem. Mereka kemudian menuju ruang tunggu yang telah disediakan.

Di ruang tunggu tersebut, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Herliani Tanoesoedibjo serta Staf Ahli Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri Kementerian Luar Negeri Siti Nugraha Mauludiah. Keduanya mendampingi para pendamping sambil menyaksikan demo kerajinan daun lontar, proses membatik, hingga proses menenun.

Menurut Iriana, para pendamping akan diajak untuk melihat dan ikut merasakan sejumlah kearifan lokal yang dimiliki Indonesia, mulai dari hasil kerajinan hingga hidangan khas Indonesia. Ia juga menjelaskan salah satu alat musik tradisional yang ditampilkan untuk menyambut kedatangan para pendamping di tempat acara. Iriana pun berharap para pendamping dapat menikmati waktu dengan baik selama berada di Bali sehingga dapat memperpanjang waktu kunjungannya di Indonesia.

 

3 dari 4 halaman

Produk UMKM

Setelahnya, Iriana mengajak para pendamping untuk melihat beragam aktivitas berbasis budaya dari sejumlah daerah di Indonesia yang digelar di halaman belakang Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort. Di antaranya adalah Mama Noken, musik gamelan, musik Rindik Bali, musik Gondang Batak, tarian Merak, tarian Tor-tor, hingga anak-anak yang sedang melakukan permainan ular tangga.

Selain itu, Iriana mengajak para pendamping untuk melihat pameran produk anyaman dan sejumlah produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari berbagai daerah di Indonesia. Pertemuan kemudian ditutup dengan jamuan makan siang bersama Ibu Negara dengan para pendamping pemimpin negara-negara G20 serta lembaga internasional.

Saat tiba di Terminal VVIP I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu, 13 November 2022, penampilan Kim Keon Hee sudah menarik banyak perhatian. Istri Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol itu memilih set busana berwarna netral.

Kontras dengan suaminya yang bersetelan jas gelap, Kim justru memilih set busana berwarna netral. Ia tampak memakai blouse lengan pendek berwarna krem dan rok sepan beige di bawah lutut. Hal itu kontras dengan suaminya yang bersetelan jas gelap.

4 dari 4 halaman

Riasan Natural

Sedangkan rambutnya ditata dalam kuncir rapi dengan menyisakan sedikit poni panjang di kanan-kiri yang tidak sampai jatuh. Warna jas suaminya terefleksi dalam pouch dan heels gelap yang serasi.

Pulasan riasannya tampak natural, menggambarkan korean look makeup yang tentu sudah tidak asing. Itu semata menonjolkan kulit cerah nan sehat tanpa banyak interupsi warna. Tampilan Kim saat tiba di Bali ini sempat jadi buah bibir di media sosial. Tidak sedikit warganet menyebut tampilan Ibu Negara Korea Selatan ini tidak kalah elegan dari banyak aktris dari negara tersebut.

Beda lagi dengan Presiden China Xi Jinping dan Ibu Negara Peng Liyuan yang tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali, Senin, 14 November 2022. Di kesempatan ini, Peng terlihat elegan mengenakan fashion item serba berwarna netral. Ia tampak memakai gaun beige selutut yang dipadukan dengan high heels berwarna serupa.

Tidak ketinggalan, ia menenteng tas tangan putih dan rambutnya ditata dalam updo yang rapi. Riasan wajahnya juga tipis saja dengan lipstik merah muda memberi kesan segar dalam tampilan tersebut. Tampilan itu kontras dengan suaminya yang memakai setelan jas gelap, kemeja putih, dan dasi berwarna maroon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.