Sukses

Suka Kalap Mata saat Kulineran? Yuk, Coba Ikuti 4 Tips Hemat Tanpa Bikin Dompet Jebol

Traveling sambil wisata kuliner bagaikan perangko dan amplop yang nggak bisa dipisahkan.

Liputan6.com, Jakarta Traveling sambil wisata kuliner bagaikan perangko dan amplop yang nggak bisa dipisahkan. Bahkan banyak juga lho wisatawan yang memfokuskan acara liburannya khusus menjajal makanan beberapa daerah. Mulai dari kuliner yang khas hingga yang unik atau anti mainstream. Namun sebelum berangkat ada banyak hal yang harus kamu persiapkan mulai dari spot kuliner, biaya, dan lain sebagainya.

Usahakan kamu sudah mempersiapkan semuanya secara matang. Dengan itu, acara wisata kuliner-mu berjalan sesuai rencana dengan mengetahui objek kuliner yang tepat, mengetahui trik wisata kuliner dengan cerdas, dan lainnya. Biar lebih yakin lagi, yuk, simak 4 tips wisata kuliner di bawah ini agar kamu nggak kalap mata saat kulineran!

1. Bikin List Referensi Kuliner

Penting banget lho buat kamu nyari referensi sebanyak-banyaknya dan bikin list, sebelum akhirnya memutuskan untuk pergi berwisata kuliner. Cari informasi berbagai tempat kuliner yang menarik dan layak untuk kamu kunjungi. Pasti kamu nggak mau kan kecewa karena telah mengunjungi tempat kuliner yang kurang tepat?

Dengan berkembangnya teknologi, kamu semakin gampang mencari informasi dari berbagai media, misalnya seperti media sosial, youtube, televisi, atau blog-blog kuliner. Atau kamu juga bisa bertanya kepada kenalan yang pernah kulineran di daerah tersebut. Pastikan bahwa informasinya jelas ya agar kamu nggak kebingungan!

2. Sharing dengan Partner

Punya partner atau teman yang suka kulineran juga? Kulineran beramai-ramai memang asik, kamu bisa sambil mengobrol santai dan bercanda tawa. Nggak hanya sharing cerita saja lho, kamu juga bisa sharing makanan bareng.

Dengan kulineran bareng teman, kamu bisa saling mencicipi makanan satu sama lain, alhasil walaupun hanya membeli satu jenis makanan, kamu tetap bisa mencoba makanan yang lain lewat hal tersebut. Dari segi biaya pun jadi jauh lebih murah kan.

3. Berburu Diskon

Langkah cerdas sebelum melakukan wisata kuliner adalah dengan berburu diskon atau voucher kuliner. Kamu bisa berburu voucher di berbagai media, seperti media sosial dan media-media lainnya.

Kebanyakan tempat makan kuliner akan menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis mereka. Dari media sosial tersebut, kamu dapat mencari promosi atau potongan harga untuk menghemat biaya.

Nggak hanya melalui media sosial lho, kamu pun dapat mencari promosi melalui pembayaran dengan sistem online payment. Karena masih berkembang, seringkali penyedia fasilitas online payment akan memberikan potongan kepada pembeli apabila kamu menggunakan payment tersebut.

4. Bawa Tumblr Sendiri

Ketika sedang kulineran, pastinya kamu juga membutuhkan minuman. Tentunya bagi pencinta kuliner, tahu bahwa makanan dapat dinikmati keaslian rasanya jika disantap dengan air putih. Walaupun minuman hanya berkisar antara Rp5.000 sampai dengan Rp25.000 per gelasnya, kamu dapat menghemat hampir setengahnya jika membawa tumblr berisi air mineral.

Membawa botol air minum atau tumbler sendiri sangat dianjurkan. Hal ini mengingat tidak semua air yang tersedia aman untuk dikonsumsi. Malahan banyak yang terbukti mengandung bakteri berbahaya seperti E. coli.

Tentu saja, air yang bawa juga harus aman dan bebas bakteri. Dengan itu, alangkah baiknya membawa tumbler sendiri yang di isi air dari rumah atau tempat penginapan.

Dengan keempat tips di atas, dapat kamu gunakan untuk menjelajahi kuliner, baik lokal maupun internasional. So, nggak perlu khawatir dompet kamu bakal jebol!

 

Penulis : Ayra Sekar Putri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.